Hai semua!
Selamat malam 😊
Sembari istirahat, mari simak materiku kali ini. Pembahasan tentang LoA atau Letter of Acceptance. Bahasa Indonesia-nya sih, Surat penerimaan.
Bagi kalian pemburu beasiswa, wajib tahu nih.
Baiklah, LoA itu ada dua jenisnya:
1. LoA Conditional
Artinya kalian sudah diterima pada universitas yang kalian inginkan, hanya saja masih ada syarat-syarat yang belum kalian penuhi seluruhnya.2. LoA Unconditional
Artinya kalian sudah diterima pada universitas bersangkutan dan sudah tidak ada syarat yang harus kalian lengkapi. Tinggal daftar ulang saja.Yup, jika kalian ingin berkuliah di luar negeri kalian harus memiliki LoA terlebih dahulu. Ibarat audisi, sudah punya tiket lolos terlebih dahulu ya wkwk...
Nah,
Setiap beasiswa memiliki kebijakan masing-masing. Ada yang menyuruh kalian mendaftar pada universitas terlebih dahulu dan jika sudah diterima seluruh biaya ditanggung pemerintah atau ada juga yang mendaftar pada portal online beasiswa yang sudah disediakan pemerintah bersangkutan ya. Jika kalian lebih rajin lagi, ada kok beasiswa dari universitas dan menanggung biaya penuh. Jadi sudah termasuk berkuliah sampai lulus, tempat tinggal, makan, uang saku bahkan tiket pesawat lho. Menarik bukan?Biasanya syarat-syarat untuk mendapatkan LoA itu menyertakan sertifikat kecakapan dalam berbahasa di negara yang kalian tuju. Tapi paling banyak itu TOEFL dan IELTS. Di luar itu menyertakan ijazah dan IPK sesuai persyaratan. Plus surat rekomendasi dari orang-orang kompeten (bisa guru, dosen, kepala sekolah, dekan, bos, dsb)
Oh iya, beasiswa kan ada yang penuh dan ada yang separuh. Jadi kalian harus sesuaikan dengan dana yang kalian punya ya. Jika dana lebih, kalian malah bisa berkuliah dengan biaya mandiri.
Jika dapat beasiswa-pun, kalian harus konsisten dan rajin belajar ya. Jangan sampai nilai turun karena jika nilai turun biasanya beasiswa kalian akan dipotong. Semua beasiswa punya kebijakan masing-masing tentang IPK minimum yang harus dicapai para penerima beasiswa.
Aku juga pernah dapat beasiswa separuh nih dari Cyprus (Negara tetangga Turki)
Nah ini LoA yang pernah aku terima, waktu itu aku kira mendapat beasiswa dari Turkiye Burslari (karena memang waktu itu sedang menunggu pengumuman beasiswa Turki untuk S2) tapi tak apa meski gagal di beasiswa Turki setidaknya aku sudah punya pengalaman 😊
Itu dia pengalaman singkatku, semoga bisa menambah pengetahuan kalian ya.
Bagi yang punya cita-cita yuk mulai dicapai.
Thanks
Selasa, 18 September 2018
KAMU SEDANG MEMBACA
ALL ABOUT ENGLISH
RandomHallo semua!!! Apakah kalian tertarik dengan bahasa Inggris? Apakah kalian kesulitan dalam berbahasa Inggris? Atau mungkin kalian penasaran dengan ilmu bahasa Inggris? Jika iya, mari bergabung di karya sederhanaku ini. Terima kasih atas perhatiannya...