ENGLISH LITERATURE

1.6K 97 28
                                    

Hallo teman-teman!!!

Apa kabar kalian?

Long time no see, right?

Baiklah kali ini aku kembali menulis untuk kalian dan memberikan sedikit pembahasan (lagi) mengenai dunia perkuliahan

Belakangan banyak yang bertanya padaku tentang hal-hal berikut, mari kita bahas satu per satu.

Enjoy !

1. Kak, kalau kuliah Sastra Inggris atau Pendidikan Bahasa Inggris itu, harus jago English nggak?

Jawab :

Begini, menurut aku itu tergantung dari masing-masing kampus.

Jadi, ada kampus yang memberi syarat tertentu sebelum masuk ke jurusan yang berkaitan dengan English. Misalnya, ada nilai TOEFL tertentu, menulis essay dalam bahasa Inggris atau bahkan ada yang diwawancara dalam bahasa Inggris. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan si calon mahasiswa/i yang akan memilih prodi yang bersangkutan.

Namun, ada kampus yang tidak memberi syarat seperti demikian. Paling hanya syarat standar seperti berkas-berkas pada umumnya saja. Seperti nilai ijazah dsb.

2. Kak, kalau aku tetap nekat kuliah yang ada sangkut pautnya sama bahasa Inggris, apa bisa ya? Aku ragu nih. Bahasa Inggris aku pas-pasan banget, tapi aku minat kak.

Jawab :

In my opinion, semua tergantung pada diri kalian masing-masing.

Langkah pertama adalah pemantapan hati, coba kalian tanya pada hati kalian. Apakah jurusan bahasa Inggris adalah minat kalian? Atau hanya penasaran?

Jika memang itu passion yang kalian ingin. Ayo maju!

Menurut pengalaman aku, tidak semua yang masuk prodi Sastra Inggris atau Pendidikan Bahasa Inggris dapat berbahasa Inggris dengan baik pada awalnya.

Jadi, itu artinya semua melalui proses pembelajaran dan butuh kesabaran.

Berkuliah dan mendapatkan ilmu di kampus memanglah mutlak tapi akan lebih baik jika dipadukan dengan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga kalian belajar mandiri di luar kegiatan kampus.

Contohnya kalian bisa belajar kelompok, mencari artikel tentang bahasa Inggris, menonton film, video, mendengarkan musik berbahasa Inggris, memiliki teman online yang jago bahasa Inggris atau bahkan yang paling menyenangkan punya teman dari negara lain.

3. Kak, aku mau ngobrol atau chat pakai bahasa Inggris gitu. Tapi malu, takut salah. Gimana ya kak solusinya?

Jawab :

Dalam bercakap asing biasanya memang malu dan takut serta ragu adalah hal-hal yang menjadi mental block.

Itu semua menjadi penghalang bagi kalian yang ingin maju dalam berbahasa asing. Entah bahasa apa pun (tidak hanya English)

Solusinya adalah buang perasaan ragu, takut dan malu.

Mari mencoba perlahan, jangan takut salah. Bukan kah setiap kesalahan adalah awal dari sebuah kemajuan?

Tentu dibarengi dengan rasa ingin memperbaiki dan mempelajari dari hari ke hari. Belajar terus sampai akhir hayat. Aku juga begitu kok.

Oh iya, kalau punya teman penutur asing. Jangan ragu chat atau ngobrol dengan mereka. Pada faktanya mereka itu tidak terlalu memperdulikan grammar kok karena itu kan bukan bahasa asli kita.

Tapi perlu diingat jika kalian terus belajar maka kemampuan kalian akan lebih baik dan meningkat. Itu sangat baik bagi diri kalian sendiri, bukan?

4. Kak, tips dong untuk aku yang malas sekolah atau kuliah?

ALL ABOUT ENGLISHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang