02. H : Jichung

1.2K 162 26
                                    

[Alert : Bahasa Nggak Baku]

Suasana di ruang makan pagi itu tampak sunyi. Baik Mami, papi, maupun kakak makan dengan tenang tanpa suara. Akan tetapi, pikiran mereka tertuju pada satu hal. JISUNG.

"Ah, mi, papi gak kerja aja ya mi. Ya ya ya?" ujar papi Taeyong. Tangan kanannya memegang sendok, dan tangan kirinya megang kerupuk.

Mbok ya kerupuknya ditaruh aja. Makan apapun ya pake tangan kanan yong, aduh!

Ten cuma diem aja. Masih fokus makan.

"Mi, kakak gak masuk juga ya mi. Nanti kalo adek kenapa-napa gimana?" kali ini giliran si sulung Mark yang bersuara. Poninya yang mulai panjang menutupi sepasang mata kucingnya.

"Eeh, nggak! Nggak! Kakak, hari ini terakhir try out kan? Nggak! Kakak harus masuk! Papi juga ada rapat sama mas Kuncoro kan? Udah kerja sana cari uang!" cerocos mami Ten.

Enak aja pada mau bolos sekolah dan kerja. Emangnya sekolah gak bayar gitu? Seenaknya jidat kakak mau bolos. Terus emangnya keluarga mereka mau gak makan apa? Seenaknya jidat papi mau bolos kerja.

"Yah mi, papi kan pengen nemenin Jichung mi. Kasihan badannya panas gitu" kata Taeyong.

Iya gengs, dek Jisung lagi sakit panas. Kemarin pulang sekolah gak dijemput Taeyong. Jadinya pulangnya jalan. Mana hujan lagi. Terus sampe rumah diomeli mami.

Kata mami "kenapa adek nggak telepon mami aja? Kan mami bisa jemput?"

Padahal nanti mami jemputnya juga jalan TT.

"Iya mi, kakak gak tega. Nanti kalo tiba-tiba Jichung inalillahi tapi Mark masih di sekolah kan gak enak mi. Gak bisa dengerin kesan pesan terakhir. Awhh" Ten ngegeplak kepala Mark. Kurang aja nih kakak. Bisa-bisanya do'ain adik yang enggak-enggak.

"Jangan ngawur kak. Udahlah. Mami bisa kok jagain Jichung. Gak usah khawatir. Nanti kalo panasnya makin tinggi, mami bawa ke rumah sakit aja. Udah cepetan habisin sarapannya"

●︿●●︿●●︿●

Tap. Tap. Tap

Ten mengendap-endap masuk ke kamar Jisung. Ya takut ganggu tidur tenangnya Jisung. Soalnya kalau udah bangun, Jisung bakalan susah tidur lagi walaupun dia sedang sakit. Nah, kalau udah kayak gitu bakalan lama proses penyembuhannya.

"Duh masih panas ya" ujar Ten yang lagi megang pipi Jisung. Padahal Jisung udah pake by*by*fever. Kok nggak turun-turun.

Ten udah mau beranjak keluar kamar. Niatnya sih bikinin Jisung bubur.

"Mii," lah Jisung bangun. Ten langsung menghampiri anak bungsunya itu.

"Adek tidur lagi ya. Mami bikinin bubur dulu" ujar Ten. Tangannya berusaha menambah lapisan selimut yang melilit tubuh Jisung.

Kalo dilihat dari jauh sih, si Jisung udah kayak mumi. Jadi susah gerak kalo dibungkus kayak gitu.

"Mami disini aja ya mi. Adik nggak laper"lirih Jisung. Dia lagi nggak pengen sendirian. Minta ditemenin maminya. Pokoknya kalo Jisung lagi sakit, dia bakalan manja banget ke maminya.

"Loh, adek kan harus makan. Biar cepet sembuh" jelas Ten. Tangan kanannya ngelus-elus rambut Jisung yang halus.

"Tapi mami kan nggak bisa bikin bubur"lirih Jisung lagi. Dia nggak punya tenaga buat ngomong.

Gara-gara Mark [Taeten]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang