When Will My Life Begin?

26 5 1
                                    

Kayak judul lagu Tangled aja, ya?

Iya. Makna lagu itu somehow dalem banget buat aku. Untuk saat ini. Iya, saat ini doang.

Karenaaaaa......

Ku baru lulus SMA, punya libur super panjang sebelum mulai kuliah. Sekitar 20% bagian dari 24 jam tiap harinya aku gunain untuk merenungkan dan meresahkan masa depan :(

Jujur, sebelum UN, aku udah rencanain banyak hal untuk libur sepanjang ini. Aku ingat pengen namatin novel yang aku tulis, belajar naik sepeda, belajar melukis, belajar coding, nonton film/anime, dll, banyak pokoknya.

Aku kirain bakal sempat buat ngelakuin semuanya, tapi ternyata salah -_-

Ngumpulin niat itu susah.

Dan...

Waktu berlalu terlalu cepat. Aku belum sempat ngapa-ngapain tiba-tiba dua bulan udah mau habis aja. Nah, ini dia yang paling bikin stres. Lebay? Iya, aku memang orangnya tukang overthinking ga jelas. Ini sifat dari diriku yang aku paling gak suka. Gara-gara overthinking juga lahirlah curhat ga jelas ini di wattpad.

Aku udah libur hampir dua bulan sejak April dan aku masih punya libur sekitar sebulan lagi. Sampai saat ini, kegiatan yang paling banyak aku lakukan adalah nulis, baca, olahraga dan nonton.

Udah berapa minggu aku sama sekali gak keluar rumah. No life banget duh kasian sama diri sendiri...

Aku... pengen kayak temen-temen lain yang terlihat jauh lebih 'wow'.

Aku kadang suka bandingin diri sendiri sama orang lain yang seumuran sama aku. Aku mikir gini : kenapa di usia yang sama, mereka udah sukses, tapi aku masih no life? Aku gak gunain waktu hidupku dengan baik, ya?

Mereka bersosialisasi dengan baik, berbakat, berprestasi, punya kegiatan bermanfaat. Aku? Ah, sudahlah.

Ini yang sering aku mikirin selama liburan ini. Aku udah lulus SMA, keseharianku gak bakal sama lagi. Aku udah masuk ke jenjang kehidupan yang lebih tinggi.

Suatu hari, aku harus bisa berdiri sendiri, tanpa siapa pun menopang aku. Saat hari itu datang, aku bakal sanggup nggak, ya?

Aku yakin bukan cuman aku yang selepas SMA sempat berdoa biar bisa dijodohin sama konglomerat yang hartanya gak habis sepuluh turunan walaupun tiap hari foya-foya.

Aku bahkan suka mikir, waktu aku selesai kuliah nanti, aku bisa sukses nggak, ya?

Untungnya aku ini orang yang mudah cemas sekaligus mudah memotivasi diri sendiri.

Aku selalu meyakinkan diri sendiri bahwa hidupku adalah hidupku. Aku punya cara dan waktu sendiri untuk bahagia.

Meski aku kelihatan no life bagi orang-orang di luar sana, kalau aku bahagia dengan hidupku, itu bukan sesuatu yang buruk juga, kan?

Percuma aku membandingkan diriku dengan orang lain. Aku dan mereka punya cara yang berbeda untuk 'bersinar'. Kadang aku terlalu menginginkan hal yang nggak cocok buat diriku, padahal aku punya hal lain yang lebih bagus.

Melihat keberhasilan orang lain kadang bikin aku merasa useless banget. Iri? Jujur aja, iya.

Mereka dapet nilai UN yang much better than me, masuk PTN yang dari dulu aku damba-dambakan. Aku merasa kayak : Aku bisa apa sih? Orang lain kok banyak gitu achievementnya.

Even trying hard doesn't always get me what I want. Kerja keras tidak selamanya memberimu happy ending. Aku pernah belajar sampai jam 4 pagi demi ujian biologi. Hasilnya? Aku remedial ujian semester untuk pertama kalinya dalam hidupku waktu itu -_-

Tapi setidaknya udah berusaha, kan? Aku gak akan marah kalau usaha kerasku nggak membuahkan hasil. Yang bikin aku marah sama diri sendiri adalah kalau aku gagal karena aku gak berusaha dengan baik. It's so unforgivable.

And then I realized...

The point is just do anything that makes me happy dan bikin aku selalu ingin berjuang, gak peduli berhasil atau tidak.

Lakukan atau kerjakanlah apa pun yang kita suka. Saking sukanya, sampai-sampai mau berhasil atau gagal pun kita gak peduli lagi.

Tujuan hidup adalah merasakan kebahagiaan, bukan sesak karena cemburu dan iri hati, bukan juga untuk menghabiskan waktu mikirin masa depan yang gak ada habisnya.

SOOO ENJOY MY LIFE.

Jadi,

:)

sejujurnya aku gak tau hubungan judul "When Will My Life Begin" dengan konten ini.

:)

Mungkin karena aku bosan dengan hidupku yang flat banget, jadi aku mengharapkan gebrakan baru kali, ya? Iya kayaknya :(

Yeey!

Udah, deh. Sekian sampai sini.

Akhirnya aku ngepost random diary.

Siapa pun yang baca ini (kali aja nyasar), kok kamu sanggup sih baca sampai sini :')

Minggu, 17 Juni 2018

Failed Fairytale [Personal Blog] - On GoingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang