Cerita Awal Masuk Kuliah

1.9K 1 0
                                    

Berawal setelah saya lulus dari SMA Negeri 3 Prabumulih, tahun 2016. Saya melanjutkan untuk mendaftar masuk ke perguruan tinggi. Semula saya ingin masuk jurusan/fakultas kedokteran pada saat masuk perguruan tinggi, karena cita-cita saya ingin menjadi dokter spesialis anak. Namun karena biaya dan otak ku tidak bisa sampai kesitu hehe mungkin bukan jalan hidupku . Alhamdulilah aku lulus di polsri dengan jurusan teknik komputer . aku masuk di jalur umm tahap 3 yaitu tahap terakhir hehe.  Pada saat awal masuk kampus pertama kali dilakukan pembagian kelas. Saya mendapatkan kelas 4 CD. Kesan pertama kali masuk di kelas tersebut biasa saja, masih seruan kelas saya saat jaman sekolah dahulu. Tetapi setelah beberapa bulan berjalan suasana di kelas pun berubah menjadi asik. Banyak canda tawa, keseruan, perseteruan maupun hubungan percintaan yang terjadi di kelas. Mungkin itu bisa terjadi karena saya dan kawan-kawan sudah dapat menyesuaikan diri dengan suasana perkuliahan dan saling mengenal satu sama lainnya.

Awal masuk kuliah ini bisa juga disebut sebagai masa-masa transisi, yaitu dimana perubahan dari masa sekolah ke kuliah perlu dilakukan penyesuaian diri. Biasanya di sekolah memakai pakaian seragam, sekarang memakai pakaian bebas tetapi tetap menjaga kesopanan dalam berpakaian. Dahulu jaman sekolah disebut siswa, kini disebutnya mahasiswa. Begitu juga dengan pengajarnya yang biasanya saya panggil beliau dengan sebutan guru, tetapi sekarang saya memanggilnya dosen. Kesan pertama saat diajar oleh dosen, beliau terlihat lebih santai dalam memberikan materi tidak sama seperti guru sewaktu jaman saya sekolah dahulu. Tetapi tetap saja tugas yang diberikan dosen sama seperti jaman saya sekolah, yaitu tugas individu atau tugas kelompok yang harus dikumpulin tepat waktu.
Semester awal telah berlalu, nilai IPK pun telah keluar. Ternyata hasil yang saya dapatkan pada semester awal kuliah sangat-sangat kurang memuaskan. Saya berharap mendapatkan IPK diatas 3, namun kenyataannya kebalikan dari itu aku mendapatkan ipk 2,90. Oleh karena itu, saya perlu melakukan penyesuaian dengan jurusan/fakultas yang saya tempuh saat kuliah. Saya pun tidak patah arang untuk tetap kuliah di jurusan teknik komputer. Pada saat perkuliahan di semester 2, saya mulai giat belajar dan rajin sharing dengan teman sekelas tentang mata kuliah yang sulit saya mengerti. Alhamdulillah semangat saya dalam belajar dapat membawa hasil yang memuaskan. Nilai IPK saya mendongkrak naik menjadi diatas 2.95 alhamdulilah ada peningkatan tapi aku harus giat lagi belajar.

Pengalaman TerindahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang