Pada suatu hari

156 10 4
                                    

Ayahnya menamakan ia Shipu, lengkapnya Shipu Inpa Kunami. Sebuah nama yang sangat aneh, yang tercetus dari buah pemikiran orang jawa tulen. Ia sudah merundingkan nama itu dengan istrinya, namun belum dengan seluruh keluarganya juga keluarga istrinya. Itulah sebabnya cibiran selalu dirajamkan pada mereka, bahkan sampai setelah empat bulan nama Shipu diresmikan pemerintah. Ada satu momen dimana sang ayah marah besar, yaitu saat ibunya ngedumel perihal penamaan anak, yang dianggapnya sebuah hal yang serius bukannya sembarangan. Saat itu sang ayah berkata dengan nada tinggi dan luapan amarah, katanya "ibu, lihatlah diriku, kau namakan aku apa? Dan kini aku jadi apa? Namaku Bejo Sugiarto, usia 37 tahun, tiga kali masuk penjara karena mencopet, kaki pincang ditanami timah panas, sebutkan unsur mana yang mengandung atau setidaknya menyerempet arti namaku?" . Ibunya hanya diam, antara ingin menangis dan marah tapi takut gula darahnya naik. Setelah kurang lebih sepuluh detik diam, akhirnya ia memberi jawaban yang dirasa cukup bijaksana "kau  bejo, punya istri cantik dan setia, juga punya anak yang manis, paling tidak bersyukurlah untuk itu.
Kini giliran ayah shipu yang terdiam. Setelah kurang lebih tujuh detik berpikir, sang ayah menjawab "ibu, pemikiranmu kuno, jangan harap aku menamai anakku dengan nama yang sudah punya makna, sebaliknya, nama anakku kelak akan menjadi sebuah makna. Shipu, Inpa dan Kunami mungkin nantinya akan dimasukan kedalam kamus, atau nama jalan mungkin, atau bahkan nama pulau, tak harus di indonesia, sebab anakku nantinya akan menjelajah ke seluruh dunia.

Siapa dapat mengira, doa yang penuh keyakinan dari seorang yang tak tahu apa-apa soal agama , didengarkan oleh sang maha menjadikan. Nama Shipu kelak akan menjadi nama sebuah bukit di Mongolia, tempat dimana Shipu bertemu dengan arwah Gengish Khan. Inpa kelak akan menjadi nama sebuah gua di antartika dimana atlantis berada didalamnya. Dan Kunami akan menjadi nama brand fashion terkemuka international.
Akan tetapi, jauh sebelum itu, kita musti menelisik lebih jauh siapa itu Shipu, bagaimana kehidupannya berlangsung, yang pasti sangat menarik, terlebih saat kalian mengetahui bahwa Shipu bukanlah orang yang cerdas, dilihat dari segi manapun menurut pandangan manusia.

ShipuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang