Dengan cara mengucapkan 'Allahu Akbar'.
Berdasarkan hadits :
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَبَّرَ لِلصَّلَاةِ جَعَلَ يَدَيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ وَإِذَا رَفَعَ لِلسُّجُودِ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ وَإِذَا قَامَ مِنْ الرَّكْعَتَيْنِ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ . رواه أبو داود
Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu bahwasanya dia berkata : "Adalah Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam apabila beliau bertakbir untuk shalat beliau menjadikan kedua tangannya sejajar dengan kedua bahu beliau dan apabila beliau beliau ruku' beliau berbuat seperti itu dan apabila beliau bangkit (dari ruku') untuk sujud beliau berbuat seperti itu dan apabila beliau bangkit dari rakaat yang kedua beliau berbuat seperti itu." (HR. Abu Daud dan disahihkan oleh Al Albani)
Takbiratul Ihram dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan kedua bahu, atau sejajar dengan kedua telinga.
Sebagimana disebutkan dalam hadits :
عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا كَبَّرَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا أُذُنَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا أُذُنَيْهِ وَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ الرُّكُوعِ فَقَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ. رواه مسلم
Dari Malik bin Al Huwairits radhiallahu 'anhu bahwasanya Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam apabila beliau bertakbir beliau mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua telinganya dan apabila beliau ruku' beliau mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua telinganya dan apabila beliau mengangkat kepalanya dari ruku' lalu mengucapkan sami'allahu liman hamidah beliau juga berbuat seperti itu." (HR. Muslim)
Jari-jari tangan tidak direnggangkan dan tidak pula dirapatkan.
Berdasarkan Hadits :
غن أبي عامر العقدي ، ثنا ابن أبي ذئب ، عن سعيد بن سمعان ، قال : دخل علينا أبو هريرة مسجد بني زريق ، فقال : ثلاث كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يعمل بهن تركهن الناس : كان إذا قام إلى الصلاة قال هكذا - وأشار أبو عامر بيده ، ولم يفرج بين أصابعه ولم يضمها
Dari Abu Amir al Aqdy dia berkata: telah menyampaikan kepada kami Ibnu abi Dzi’b dari Said bin Sam’an dia berkata: Abu Hurairah pernah mendatangi di mesjid Bani Zuraiq lalu beliau berkata : “Tiga perkara yang dahulu Rasululah shalallahu 'alaihi wasallam mengamalkannya dan sekarang manusia meninggalkannya. Adalah beliau apabila beliau masuk ke dalam shalat beliau berbuat begini – Abu Amir mencontohkan dengan tangannya dimana dia tidak menjarangkan antara jari-jarinya dan tidak pula merapatkannya. (HR. Al Hakim dan dia menshahihikannya dan disepakati oleh Adz Dzahabi, Al Albani juga menshahihkan hadits ini).
Selanjutnya adalah membaca doa iftitah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sifat Shalat Nabi ﷺ✔️
SpiritualWork ini berisi tuntunan shalat praktis sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ.