Dapat memilih salah satu doa diantara doa-doa iftitah yang diriwayatkan secara shahih dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Beberapa contoh doa iftitah :
اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالثَّلْجِ وَالْمَاءِ وَالْبَرَدِ
“Ya Allah jauhkanlah antara aku dan dosa-dosaku sebagaimana Engkau menjauhkan antara tinur dan barat. Ya Allah sucikanlah aku dari dosa-dosaku sebagaimana sucinya kain yang putih dari noda. Ya Allah cucilah aku dari dosa-dosaku dengan salju dan air dan embun.” (HR. Bukhari dan Muslim)
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلَا إِلَهَ غَيْرَكَ
“Maha Suci Engkau Ya Allah dan dengan Pujimu dan berberkahlah NamaMu dan tinggilah KemuliaanMu dan tidak ada Ilah selainMu.” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al Albani)
اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا
“Allah Maha Besar dan segla puji bagi Allah dengan sebanyak-banyaknya dan Maha Suci Allah diwaktu pagi dan diwaktu petang.” Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mendengar seorang sahabat membaca doa tersebut beliau bersabda : “Saya kagum dengan doa ini, telah dibukakan baginya pintu-pintu langit.” (HR. Muslim)
الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ
“Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak lagi baik dan berberkah padanya.” Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mendengar seorang sahabat membaca doa ini beliau bersabda : “Sungguh saya telah melihat dua belas malaikat bersegera kepadanya (mereka berlomba) siapa diantara mereka yang akan mengangkatnya (melaporkannya kepada Allah). (HR. Muslim)
KAMU SEDANG MEMBACA
Sifat Shalat Nabi ﷺ✔️
EspiritualWork ini berisi tuntunan shalat praktis sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ.