Memalingkan wajah ke kanan kemudian ke kiri hingga kelihatan pipi dari belakang.
Lafadzh salam ada dua macam :
Mengucapkan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah” ke kanan dan ke kiri.
عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ وَالْأَسْوَدِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ وَعَنْ شِمَالِهِ حَتَّى يُرَى بَيَاضُ خَدِّهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ . رواه أبو داودDari Abul Ahwash dan Al Aswad radhiallahu 'anhu dari Abdullah bahwasanya Nabi shalallahu 'alaihi wassalam mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri hingga terlihat putihnya pipi beliau : Assalamu 'alaikum wa rahmatullah Assalamu 'alaikum wa rahmatullah." (HR. Abu Daud dan disahihkan oleh Al Albani)
Mengucapkan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh” ke kanan dan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah” ke kiri.
عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ وَعَنْ شِمَالِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ . رواه أبو داودDari Alqamah bin Wail dari bapaknya dia berkata : Saya pernah shalat bersama Nabi shallalahu 'alaihi wassalam, maka beliau bersalam ke kanan Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh dan ke kiri Assalamu 'alaikum wa rahmatullah. (HR. Abu Daud)
KAMU SEDANG MEMBACA
Sifat Shalat Nabi ﷺ✔️
SpiritualeWork ini berisi tuntunan shalat praktis sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ.