Terdapat ikhtilaf diantara para ulama tentang cara menyungkur sujud setelah berdiri i’tidal, antara mendahulukan kedua tangan sebelum kedua lutut atau sebaliknya. Pendapat yang rajih dalam masalah ini adalah mendahulukan kedua tangan sebelum kedua lutut.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ أَحَدُكُمْ فَلَا يَبْرُكْ كَمَا يَبْرُكُ الْبَعِيرُ وَلْيَضَعْ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ . رواه أبو داودDari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu dia berkata : Bersabda Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam : "Apabila salah seorang dari kalian sujud maka janganlah dia turun seperti turunnya unta, hendaklah dia meletakkan kedua tangannya sebelum kedua lututnya." (HR. Abu Dawud dan disahihkan oleh Al Albani)
Bersujud di atas tujuh tulang.
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ عَلَى الْجَبْهَةِ وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ وَالْيَدَيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ وَلَا نَكْفِتَ الثِّيَابَ وَالشَّعَرَ . رواه البخاري ومسلم
Dari Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu dia berkata : Bersabda Nabi shalallahu 'alaihi wasallam : Aku diperintahkan untuk sujud di atas tujuh tulang ; atas jidat – sambil beliau menunjuk dengan tangannya ke hidungnya – dan kedua tangan dan kedua lutut dan atas ujung-ujung kedua kaki dan agar kita tidak mengumpulkan (menggulung) pakaian dan rambut." (HR. Bukhari dan Muslim)Meletakkan kedua telapak tangan di atas tanah sejajar dengan kedua bahu.
عَنْ الْبَرَاءِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدْتَ فَضَعْ كَفَّيْكَ وَارْفَعْ مِرْفَقَيْكَ . رواه مسلمDari Al Bara' radhiallahu 'anhu dia berkata : Bersabda Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam : "Apabila engkau sujud maka letakkanklah kedua tanganmu dan angkatlah kedua sikumu." (HR. Muslim)
عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا سَجَدَ أَمْكَنَ أَنْفَهُ وَجَبْهَتَهُ مِنْ الْأَرْضِ وَنَحَّى يَدَيْهِ عَنْ جَنْبَيْهِ وَوَضَعَ كَفَّيْهِ حَذْوَ منكبيه . رواه الترمذيDari Abu Humaid As Sa'idiy radhiallahu 'anhu bahwasanya Nabi shalallahu 'alaihi wassalam apabila beliau sujud beliau meletakkan hidungnya dan jidatnya di tanah dan menjauhkan kedua tangannya dan kedua lambungnya dan meletakkan kedua tapak tangannya sejajar dengan kedua bahunya. (HR. Tirmidzi dan disahihkan oleh Al Albani)
Mengangkat kedua siku (tidak merapatkan kedua siku di tanah) dan manjauhkannya dari lambung.
عن ميمونة قالت : كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا سجد يجافي حتى لو أن بهمة أرادت أن تمر بين يديه مرت
Dari Maimunah radhiyallahu 'anha bahwasanya Nabi shalallahu 'alaihi wassalam apabila beliau sujud beliau menjauhkan (antara kedua tangannya) sehingga sekiranya ada anak kambing yang hendak lewat diantara kedua tangan beliau pasti dia dapat melewatinya. (HR. Muslim dan Abu ‘Uwanah)
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَالِكٍ ابْنِ بُحَيْنَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا صَلَّى فَرَّجَ بَيْنَ يَدَيْهِ حَتَّى يَبْدُوَ بَيَاضُ إِبْطَيْهِ . رواه البخاري ومسلم
Dari Abdullah bin Malik bin Buhainah radhiallahu 'anhu bahwasanya Nabi shalallahu 'alaihi wassalam apabila beliau shalat beliau menjarangkan antara kedua tangannya hingga terlihat ketiak beliau. (HR. Bukhari dan Muslim)Merapatkan jari-jari tangan dan menghadapkannya ke kiblat.
عن البراء بن عازب رضى الله عنه قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا سجد فوضع يديه بالارض استقبل بكفيه واصابعه القبلةDari Al Bara’ bin ‘Azib radhiallahu 'anhu dia berkata : “Adalah Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam apabila beliau sujud beliau meletakkan kedua tangannya di tanah dengan menghadapkan kedua tangan beliau dan jari-jari beliau ke kiblat.” (HR. Baihaqi dan dishahihkan oleh Al Albani)
Merapatkan sisi dalam kedua telapak kaki dan menghadapkan jari-jarinya ke kiblat.
عن عائشة قالت فقدت رسول الله سلى الله عليه و سلم وكان معي على فراشي فوجدته ساجدأ راصا عقبيه مستقبلا بأطراف أصابعه القبلة فسمعته يقول أعوذ برضاك من سخطك و بعفوك من عقوبتك . رواه البيهقيDari Aisyah radhiyallahu 'anha dia berkata : Saya kehilangan Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam padahal beliau tadinya bersamaku di atas tempat tidurku, maka aku mendapatkannya sedang sujud dengan merapatkan kedua kakinya dan menghadapkan ujung jari-jari kaki beliau ke kiblat, maka aku mendengar beliau mengucapkan : "Aku berlindung dengan keridhoanMu dari kemurkaanMu dan (aku berlindung) dengan maafMu dari hukumanMu." (HR. Baihaqi dan disahihkan oleh Al Albani)
عَنْ أبي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيُّ قَالَ أَنَا كُنْتُ أَحْفَظَكُمْ لِصَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَيْتُهُ إِذَا كَبَّرَ جَعَلَ يَدَيْهِ حِذَاءَ مَنْكِبَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ أَمْكَنَ يَدَيْهِ مِنْ رُكْبَتَيْهِ ثُمَّ هَصَرَ ظَهْرَهُ فَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ اسْتَوَى حَتَّى يَعُودَ كُلُّ فَقَارٍ مَكَانَهُ فَإِذَا سَجَدَ وَضَعَ يَدَيْهِ غَيْرَ مُفْتَرِشٍ وَلَا قَابِضِهِمَا وَاسْتَقْبَلَ بِأَطْرَافِ أَصَابِعِ رِجْلَيْهِ الْقِبْلَةَ فَإِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ الْيُسْرَى وَنَصَبَ الْيُمْنَى وَإِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَةِ الْآخِرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَنَصَبَ الْأُخْرَى وَقَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ . رواه البخاريDari Abu Humaid As Sa'idi radhiallahu 'anhu dia berkata : Aku yang paling hafal diantara kalian shalatnya Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam, aku melihat beliau apabila bertakbir beliau menjadikan kedua tangannya sejajar dengan kedua bahunya dan apabila beliau ruku' beliau mengokohkan kedua tangannya pada kedua lututnya, kemudian beliau meratakan punggung beliau, maka apabila beliau mengangkat kepalanya beliau sempurnakan (berdiri) sampai semua ruas tulang punggung kembali ke tempatnya, maka apabila beliau sujud beliau meletakkan kedua tangannya dengan tidak merapatkan sikunya ke tanah dan tidak pula mengumpulkannya (merapatkannya ke badannya) dan beliau menghadapkan ujung-ujung jari kaki beliau ke kiblat , maka apabila beliau duduk pada dua rakaat beliau duduk di atas kakinya yang kiri dan menegakkan yang kanan dan apabila beliau duduk pada rakaat yang terakhir beliau majukan kakinya yang kiri dan menegakkan yang lain (kanan) dan beliau duduk di atas pantatnya." (HR. Bukhari)
Tuma’ninah dalam sujud.
Membaca doa sujud. Beberapa contoh doa sujud :
سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى
Artinya : “Maha Suci Tuhan kami Yang Maha Tinggi.” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al Albani)سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ رَبُّ الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوحِ
Artinya : “Yang Maha Suci (dari segala keburukan) Yang Maha Suci (dari segala yang kotor) Tuhannya para malaikat dan Tuhannya Ar Ruh (malaikat Jibril).” (HR. Muslim)
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي
Artinya : “Maha Suci Engkau Ya Allah Tuhan kami dan dengan PujiMu Ya Allah ampunilah aku.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Boleh membaca tasbih lebih dari tiga kali.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sifat Shalat Nabi ﷺ✔️
SpiritualeWork ini berisi tuntunan shalat praktis sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ.