Duduk Di Antara Dua Sujud

992 30 0
                                    

Duduk iftirasy yaitu menduduki telapak kaki kiri dan menegakkan telapak kaki yang kanan.

Berdasarkan hadits :

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَفْتِحُ الصَّلَاةَ بِالتَّكْبِيرِ وَالْقِرَاءَةَ بِ الْحَمْد لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ وَكَانَ إِذَا رَكَعَ لَمْ يُشْخِصْ رَأْسَهُ وَلَمْ يُصَوِّبْهُ وَلَكِنْ بَيْنَ ذَلِكَ وَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ الرُّكُوعِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَائِمًا وَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ السَّجْدَةِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ جَالِسًا وَكَانَ يَقُولُ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ وَكَانَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَيَنْصِبُ رِجْلَهُ الْيُمْنَى وَكَانَ يَنْهَى عَنْ عُقْبَةِ الشَّيْطَانِ وَيَنْهَى أَنْ يَفْتَرِشَ الرَّجُلُ ذِرَاعَيْهِ افْتِرَاشَ السَّبُعِ وَكَانَ يَخْتِمُ الصَّلَاةَ بِالتَّسْلِيمِ . رواه البخاري

Dari Aisyah radiyallahu 'anha dia berkata : Adalah Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam membuka shalat dengan takbir dan (membuka) bacaan dengan alhamdulillahi rabbil'alamin, dan apabila beliau ruku' beliau tidak mengangkat kepalanya dan tidak pula menundukkannya akan tetapi antara keduanya, dan apabila beliau mengangkat kepalanya dari ruku' beliau tidak sujud sampai beliau sempurna berdiri dan apabila beliau mengangkat kepalanya  dari sujud beliau tidak sujud (kembali) sampai beliau duduk sempurna , dan beliau membaca pada setiap dua rakaat attahiyyah, dan adalah beliau menduduki kakinya yang kiri dan menegakkan yang kanan  dan beliau melarang dari duduk uqbatusy syaithan dan beliau melarang seseorang merapatkan tangannya ke tanah seperti binatang buas, dan adalah beliau menutup shalatnya dengan salam . (HR. Bukhari)

Boleh juga dengan cara menegakkan kedua telapak kaki dan merapatkannya lalu duduk di atas tumit.

عن أَبي الزُّبَيْرِ أَنَّهُ سَمِعَ طَاووُسًا يَقُولُ قُلْنَا لِابْنِ عَبَّاسٍ فِي الْإِقْعَاءِ عَلَى الْقَدَمَيْنِ فَقَالَ هِيَ السُّنَّةُ . رواه مسلم

Dari Abu Az Zubair bahwasanya dia mendengar Thawus berkata : Kami bertanya kepada Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma tentang duduk iq'aa di atas kedua kaki (menegakkan kedua kaki lalu duduk di atas kedua tumit) maka dia berkata: "Dia itu sunnah." (HR. Muslim)

Dilarang duduk uqbatusy syaithan, dan bentuknya ada dua :

Merapatkan punggung telapak kaki ke lantai dan menduduki kedua tumit.

Menegakkan kedua telapak kaki dan duduk diantara keduanya di atas tanah dan meletakkan kedua tangannya di tanah.

Meletakkan tangan kanan di atas paha kanan atau lutut kanan dan tangan kiri di atas paha kiri atau lutut kiri.

عَنْ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمُعَاوِيِّ قَالَ رَآنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ وَأَنَا أَعْبَثُ بِالْحَصَى فِي الصَّلَاةِ فَلَمَّا انْصَرَفَ نَهَانِي وَقَالَ اصْنَعْ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصْنَعُ فَقُلْتُ وَكَيْفَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصْنَعُ قَالَ كَانَ إِذَا جَلَسَ فِي الصَّلَاةِ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخْذِهِ الْيُمْنَى وَقَبَضَ أَصَابِعَهُ كُلَّهَا وَأَشَارَ بِأُصْبُعِهِ الَّتِي تَلِي الْإِبْهَامَ وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخْذِهِ الْيُسْرَى . رواه مسلم

Dari Ali bin Abdurrahman Al Mu'awi dia berkata : Abdullah bin Umar melihatku sementara aku mempermainkan kerikil dalam shalat, maka tatkala dia telah selesai dia melarangku dan berkata : "Lakukanlah seperti apa yang dilakukan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam," maka aku bertanya : "Bagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam?" Dia berkata : "Adalah beliau apabila beliau duduk dalam shalat beliau meletakkan tangan kanannya di atas paha kanannya dan beliau menggenggam jari-jari beliau semuanya dan berisyarat dengan jari setelah ibu jari (yaitu jari telunjuk) dan beliau meletakkan tangan kiri beliau di atas paha kiri beliau." (HR. Muslim)

o عَنْ أَبي حمَيْدٍ قَالَ َاَنَا أَعْلَمُكُمْ بِصَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَلَسَ يَعْنِي لِلتَّشَهُّدِ فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَأَقْبَلَ بِصَدْرِ الْيُمْنَى عَلَى قِبْلَتِهِ وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى رُكْبَتِهِ الْيُمْنَى وَكَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى رُكْبَتِهِ الْيُسْرَى وَأَشَارَ بِأُصْبُعِهِ يَعْنِي السَّبَّابَةَ. رواه الترمذي

Dari Abu Humaid radhiallahu 'anhu, dia berkata : "Aku yang paling tahu diantara kalian tentang shalatnya Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam, sesungguhnya Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam duduk untuk tasyahhud maka beliau duduk di atas kaki kirinya dan menghadapkan punggung telapak kaki kanannya ke kiblat dan meletakkan tangan kanannya di atas lututnya yang kanan  dan tangan kirinya di atas lututnya yang kiri dan beliau berisyarat dengan jari telunjuknya." (HR. Tirmidzi dan disahihkan oleh Al Albani)

Membaca doa duduk diantara dua sujud. Beberapa contoh doa duduk diantara dua sujud :

اللهم اغفر لي وارحمني وعافني واهدني وارزقني

“Ya Allah ampunilah aku dan rahmatilah aku dan selamatkanlah aku (dari kecelakaan dunia dan akhirat / dari penyakit lahir dan batin) dan tunjukilah aku dan berikanlah rezki kepadaku.” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al Albani)

اللهم اغفر لي وارحمني واجبرني واهدني وارزقني

“Ya Allah ampunilah aku dan rahmatilah aku dan cukupkanlah aku dari kefakiranku dan tunjukilah aku dan berilah rezki kepadaku.”  (HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani)

رب اغفر لي وارحمني واجبرني وارزقني وارفعني

“Tuhanku, ampunilah aku dan rahmatilah aku dan cukupkanlah aku dari kefakiranku dan berilah rezki kepadaku dan angkatlah (derajat)ku.” (HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Al Albani)

رب اغفر لي رب اغفر لي

“Tuhanku, ampunilah aku. Tuhanku, ampunilah aku.”(HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Al Albani). Doa ini dapat dibaca berulang-berulang.

Sifat Shalat Nabi ﷺ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang