1 tahun kemudian
"Lari! Lari! Ada pembersihan! Ada pembersihan!"
Teriakan itu membuat banyak orang berlarian dari pasar. Xinlong yang tengah mengamati hiasan rambut antik melirik Youming heran. Seorang pria berlari cepat melewati mereka sebelum kemudian disusul beberapa orang lainnya.
"Pembersihan?"
"Hmmmm...." Youming terlihat berpikir. Dia mengusap dagunya pelan. "Mungkin semacam menangkapi gelandangan dan pengemis agar mereka tidak merusak pemandangan." Youming mendesis. "Tapi aneh juga. Hainan bukan ibukota. Seharusnya tidak perlu melakukan pembersihan disaat sedang ramai begini."
Sedang ada Festival Bulan Merah di Hainan. Kaisar tengah bermurah hati terlibat secara langsung menghadiri perayaan itu. Meski Hainan bukan ibukota, tapi wilayah ini merupakan salah satu pusat bisnis dan berada tidak begitu jauh dari Xi'an.
"Mungkinkah... Ini karena Yang Mulia Kaisar ada disini? Jadi Gubernur mengusahakan agar semuanya terlihat sempurna?"
Xinlong tidak menjawab spekulasi Youming. Perhatian keduanya kemudian teralihkan ketika seorang anak kecil berlari dengan cepat menyongsong mereka.
"Kenapa..." Belum selesai pertanyaan Xinlong terucap, anak itu sudah menubrukkan tubuhnya pada Xinlong dan bersembunyi dibalik badannya.
"Hei!" Youming berteriak kaget. Berani-beraninya anak itu menyentuh putra kaisar. Tapi tatapan peringatan Xinlong membuatnya bungkam. Tidak ada yang boleh tahu jati diri keduanya karena mereka kabur dari kediaman Gubernur tanpa pengawalan siapa pun. "Lepaskan tanganmu dari Tuan Mudaku."
Anak laki-laki itu melirik sengit. Youming berusaha menariknya lepas dari Xinlong hingga petugas keamanan tiba didepan mereka.
"Hei, nak! Menyerah saja! Kau tidak bisa membuktikan siapa dirimu. Gerak-gerikmu mencurigakan. Kau pasti sudah mencuri permata dari rumah tuan Zhang."
Anak laki-laki itu menggeleng. Dia semakin menyurukkan wajahnya ke bagian belakang jubah Xinlong.
"Siapa kalian? Serahkan anak itu pada kami."
Youming sudah akan menjawab saat Xinlong bergerak maju.
"Apa yang terjadi?"
"Ini bukan urusan anak muda seperti kalian."
"Katakan apa yang terjadi, baru aku serahkan."
"Kau tidak dengar?? Dia mencuri permata dari toko saudagar kaya. Jangan melindungi kriminal."
"Apakah sudah ada buktinya?"
"Bukti apa lagi yang diperlukan? Dia melarikan diri. Itu sudah cukup membuktikan. Anak ini tidak pernah terlihat disekitar sini sebelumnya. Tidak ada yang mengaku sebagai keluarganya."
"Aku tidak mencurinya." Anak itu mengintip dari balik tubuh Xinlong.
"Apa?" Petugas keamaan itu murka. "Kau masih membantah??"
"Aku lari karena aku tidak ingin dipaksa mengakui hal yang tidak aku lakukan."
"APA MAKSUDMU?"
"Kalian akan memaksaku mengaku, bukan?"
Xinlong menahan tangan Youming yang kembali ingin menarik anak laki-laki itu.
"Kalian yakin hanya dia yang patut dicurigai?" Xinlong teringat pria yang berteriak keras dan berlari melewati mereka.
"Ya! Tentu saja!"
"Jika aku bisa membuktikannya, apa kalian akan membebaskan anak ini?"
Petugas keamaan itu berdeham. "Kita akan lihat setelah penyelidikan lebih jauh."
KAMU SEDANG MEMBACA
Heart of The Dragon《Qianxi-Shinhye》
FantasyKehidupan Kaisar Zhaoyang, kaisar kedelapan Dinasti Qin. Perjuangannya menghadapi percobaan pembunuhan, perjodohan politik, hingga akhirnya menikahi seorang ratu dari Kerajaan Weian dan kemudian dinobatkan menjadi kaisar setelah ayahnya mangkat.