Apa kalian merasa aman menyimpan foto-foto, video dan file-file lainnya di ponsel kalian?
Jika menurut kalian ya, kalian harus segera mengubah mind set kalian!
Ini penting!
Kenapa?
Karena menghapus foto-foto, video dan file-file dalam ponsel pintar masih belum cukup.
Jika kalian suka menyimpan foto, video dan file pribadi yang memiliki unsur nudity, aib orang, hal-hal yang sangat amat pribadi, segeralah hentikan kebiasaan itu, karena meski kalian telah menghapus berkali-kali foto, video, dan file-file lainnya tetap dapat dengan sangat mudah dimunculkan kembali (recovery). Meskipun memory card dalam ponsel kalian sudah diformat sekalipun!
File yang dihapus dari sebuah memory card, itu sebetulnya tidak terhapus. Memang terlihat seperti sudah terhapus, namun sebetulnya file tersebut masih ada hanya saja tidak dapat diakses. Namun file tersebut bisa diakses kembali hanya dengan di-recovery.
Kalian kan tidak bisa menebak suatu saat ponsel kalian hilang. Bagaimana jika ponsel kalian jatuh di tangan orang jahat? Menurut kalian apa yang akan terjadi? Bencana!
Oke, sans. Seruput cendol kalian dulu dengan tenang. Karena selain itu ada hal yang lebih menakutkan!
Ponsel yang dibuat sedemikian rupa untuk selalu terkoneksi ke internet. Baik iPhone maupun smartphone Android memiliki fitur unggah otomatis foto ke folder cloud internal kalian. Android dengan Google Drive/Google+ sementara iPhone mengunggahnya ke iCloud. Itu sebabnya foto yang sudah dihapus dari memori ponsel bisa muncul kembali. Karena ponsel kalian otomatis meng-sinkron data yang ada di “awan” dengan data memori ponsel.
Wah!
Ingatlah, jangan sekali-kali mencoba untuk foto telanjang depan kamera, dan iseng-iseng membuat foto, video, rekaman suara dan lain-lain yang mengandung unsur nudity apalagi mengunggahnya ke internet. Karena selain terancam UU ITE, siap-siaplah dengan pandangan masyarakat dan bacotan netizen nanti.
Penyesalahan tidak bisa menghilangkan apa yang sudah ada di internet dan tidak bisa mengembalikan kehidupan remaja kalian seperti sediakala.
Kalian harus mulai berpikir dan selalu hati-hati dalam menggunakan internet ketika mengunggah sesuatu baik tulisan, foto, video dan hal lainnya.
Intinya, berpikirlah dulu sebelum bertindak.
Hidup cendol!
#saynotoporn
KAMU SEDANG MEMBACA
Mari Belajar Pornografi
AcakPornografi bisa dikonsumsi. Tapi bukan makanan bergizi. Tidak masuk kategori 4 sehat 5 sempurna. Sehat saja tidak, apalagi sempurna. Mau bukti? Yok, baca di sini!