[Yusuf bin Tashfin dan Zainab al Nafzawiyya]

82 12 0
                                    

Dua Cinta untuk Maghribi
•••

Zainab el-Nafzawiya menikah dengan Abu Bakar bin Umar. Zainab rela dipersunting oleh Abu Bakar, alasannya ialah lelaki itu menyanggupi syarat berat yang ditetapkan Zainab untuk siapa yang mau menjadi suaminya, yakni harus menyatukan wilayah Maghribi, yang terbentang dari Afrika Utara hingga Andalusia.

Janji itulah yang kemudian memisahkan mereka. Untuk memenuhi janji, Abu Bakar harus melaksanakan ekspedisi ke Gurun Sahara yang sangat berat. Saking cintanya terhadap istri, Abu Bakar tak ingin menyeret sang istri ke sebuah medan yang sangat ganas, dan ia pun tak mau meninggalkan Zainab dalam perpisahan yang bertahun-tahun, menciptakan Zainab terbelenggu dalam kesepian dan ketidakpastian.

Akhirnya, ia menetapkan untuk menceraikan sang istri. Namun ia berjanji, seusai menaklukkan Sahara, maka ia akan kembali kepada Zainab. Zainab yang merasa duka dengan perceraiannya, hasilnya menikah dengan Yusuf bin Tashfin, yang tak lain ialah sepupu Abu Bakar.

Sementara itu, Abu Bakar, melalui sebuah ekspedisi yang panjang, berat, dan melelahkan, akhirnya berhasil menaklukkan Sahara. Namun, dikala kembali kepada Zainab, beliau melihat betapa Zainab dan Yusuf saling mengasihi dan menghargai. Rasa cinta masih ada di dada Abu Bakar, namun ia tak ingin menyakiti Yusuf.

Dia memilih kembali ke padang pasir dan menghabiskan waktunya di sana. Abu Bakar meninggal dunia dalam kelegaan. Sebab, meskipun beliau tak dapat kembali menjadi suami Zainab, beliau menyaksikan perempuan itu berada si samping lelaki yang tepat.

Sumber :
https://cafetehno.blogspot.com/2005/08/resensi-sayap-sayap-sakinah.html?m=1

Kisah Romantis [Sepanjang Sejarah Islam]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang