Senyum Itu Ibadah

1.5K 239 47
                                    

Senyum itu ibadah yang paling mudah dilakukan, tetapi mampu menyempurnakan kemuliaan akhlak. Senyum adalah kecantikan yang lahir dari hati dan jiwa, anugerah yang bisa menenangkan perasaan, menyejukkan dan menentramkan hati yang gelisah. Dengan tersenyum, kita bisa menyenangkan orang lain, sedekah termurah yang penuh berkah. Menumbuhkan semangat dan memancarkan ketulusan hati. Karena itu, awali semua aktivitas kita dengan senyuman dan doa.

Senyum tulus yang lahir dari kelapangan dan kebersihan hati dan keikhlasan jiwa. Menjadi bukti kemurnian persahabatan. Wajah cantik tanpa senyuman, tidak sedap dipandang mata. Riasan wajah yang mahal dan apik tampak biasa tan,pa senyuman. Senyuman bisa mengubah penderitaan menjadi kegembiraan, menciptakan suasana nyaman bagi diri sendiri dan orang lain.

Begitu berartinya sebuah senyuman dalam kehidupan hingga Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan  At-Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Al-Baihaqi.

”Tabassumuka Fii Wajhi Akhiika Shodaqoh.”

Artinya, “Tersenyum ketika bertemu dengan saudara kalian adalah termasuk ibadah.”

Maksud dari hadits tersebut yaitu dengan senyum setidaknya membuat orang lain merasa bahagia dan memberikan kebahagiaan ke dalam hati seoarang muslim merupakan amal yang besar pahalanya.

Senyum yang tulus dapat memancarkan cahaya hati dan inner beauty kita, memberi kesan hangat dan ramah. Tersenyum mampu mendekatkan perasaan dan menumbuhkan ikatan kasih sayang yang mengeratkan hubungan hati. Bukan sekedar hubungan dan ikatan secara keturunan atau materi, tetapi ikatan dan hubungan persaudaran yang berlandaskan iman. Tersenyumlah, dan awali setiap hari dengan senyuman karena senyum memiliki banyak manfaat.

Seorang sahabat Rasulullah SAW. bahwa ia pernah bertanya kepada beliau "Jika kami ingin bersedekah, namun kami tidak memiliki apapun, lantas apa yang bisa kami sedekahkan, dan bagaimana kami menyedekahkannya?" Kemudian Rasulullah SAW. bersabda:

"Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah beramal makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukakan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menujukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah".(Hadits Riwayat Tirmidzi dan Abu Dzar).

Dan demikian itu pula  beberapa anjuran terkait mengapa kita harus banyak – banyak tersenyum. Karena dibalik senyum, terdapat pahala yang teramat sangat banyak, pun mudah untuk dilakukan.

Nah kalo udah baca bagian ini Jangan lupa di vote + comment ya :)

La Tahzan Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang