[2] alasan abu nawas menjadi gila

513 66 2
                                    

   Hayy.....pasti kalian heran kan??kenapa abu nawas bertingkah seperti layaknya orang gila??....kira kira apa yaa alasannya,,abu nawas itu hanya pura pura lhoo....beliau tidak gila,maka dari itu,,sebelum lanjut membaca,ayo tekan bintang yang ada di pojok bagian bawah kiri yaa,,makasihh😘😘



    Jadi guys,,mengapa abu nawas bersikap seperti orang gila??ceritanya seperti ini

    Pada suatu hari ketika ayahnya sakit parah dan hendak meninggal dunia ia panggil sang anak(abu nawas) untuk menghadap. Abu nawas pun datang mendapati ayah beliau yang sudah lemah lunglai.
Berkata sang ayah"hai anakku,,aku sudah hampir mati,sekarang ciumlah telinga kanan dan telinga kiriku"
Abu nawas segera menuruti permintaan terakhir ayahnya,ia cium telinga kanan ayahnya dan ternyata berbau harum,sedangkan yang sebelah kiri berbau sangat busuk.

  "bagaimana anakku?sudah kau cium?"

  "sudah ayah"

  "ceritakanlah dengan sejujurnya,bau kedua telingaku ini"

" Aduh ayah,sungguh mengherankan,telinga ayah sebelah kanan berbau harum sekali,tapi,,,,yang sebelah kiri kok baunya amat busuk?"

  "Hai anakku abu nawas,taukah engkau apa sebabnya bisa terjadi begini?"

  "wahai ayahku,cobalah ceritakan kepada anakmu ini"

Lalu syeikh maulana (ayahanda abu nawas) menceritakan "pada suatu hari,datanglah dua orang mengadukan masalahnya kepadaku. Yang seorang aku dengarkan keluhannya,,tapi yang seorang lagi aku tak suka maka tak kudengar keluhannya.....inilah resiko menjadi kadi(penghulu). Jika kelak kau suka menjadi kadi maka kau akan mengalami hal yang sama,namun jika kau tak suka menjadi kadi,maka buatlah alasan yang masuk akal agar kay tidak dipilih sebagai kadi oleh sultan harun al rasyid. Tapi tak bisa tidak,pastilah sultan harun al rasyid memilihmu menjadi kadi"

  Nah,,itulah sebabnya abu nawas pura pura menjadi gila. Hanya untuk menghindarkan diri agar tidak diangkat menjadi kadi atau penghulu pada masa itu kedudukannya seperti hakim yang memutus suatu perkara. Walaupun abu nawas tidak menjadi kadi,namun dia sering diajak konsultasi oleh sang raja untuk memutus suatu perkara. Bahkan ia kerap kali dipaksa untuk datang ke istana hanya sekedar untuk menjawab pertanyaan baginda raja yang aneh aneh dan tidak masuk akal.

    Ahayyy,,,udah tau kann...alasan abu nawas pura pura jadi orang gila??,,,giman nih ceritanya....bagus nggak??

Jangan lupa vote dan komen yahhh😊😘😘

Happy readinggg😚😚


💕Folow ig : @wieke612💕

Salam kenal

W.N.Ilma😘

Abunawas Sang Penggeli HatiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang