15 Kegiatan Positif Selama Bulan Ramadhan

948 47 0
                                    

Assalamualaikum wr. wb

Wah wah ga terasa Puasa tinggal seminggu lagi yaahhh,, dan aku publish part ini udah ketinggalan kali ya, etapi gpp .. InshaAllah bisa tetap bermanfaat untuk Puasa tahun ini dan setersunya.

Bulan ramadhan sudah selayaknya diisi dengan kegiatan yang positif, halal, berpahala, dan bermanfaat untuk orang lain dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan menyempurnakan ibadah, bukan bulan yang dijadikan alasan untuk bersantai dan bermalasan, menurut berbagai sumber syariat islam berikut 15 kegiatan positif selama bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan.

1. Membaca Al Qur'an Bersama

"Bulan Ramadhan, bulan yang mulia yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk yang benar bagi manusia dan penjelasan penjelasan di dalamnya mengenai petunjuk itu dan menjadi pembeda (antara yang hak atau yang benar dan yang bathil atau yang salah)" (Al-Baqarah: 185).

Salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan sebagai ialah mengaji atau membaca Al Qur'an bersama, hal itu bisa dilakuakn dengan kelaurga atau dengan teman teman sekumpulan, membaca Al Qur'an bersama akan menjadikan lebih berilmu sebab akan saling mengingatkan jika ada kekurangan atau kesalahan dan dapat memahami maknanya bersama sama.

2. Kegiatan Sedekah

Rasulullah Saw. pernah bersabda: "Sebaik baik sebuah sedekah adalah sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadhan" (HR. Tirmizi). Hadist tersebut menjelaskan bahwa sebaik sebaik sedekah ialah yang dilakukan di bulan yang mulia, yaitu di bulan Ramadhan, namun dengan adanya hadist tersebut bukan berarti yang dilakukan di bulan lain tidak baik sedekahnya.

Kegiatan positif yakni yang berhubungan dengan yang bisa dilakukan ialah dengan memotivasi sesama untuk memperbanyak sedekah dan menyalurkan sedekah tersebut kepada yang membutuhkan seperti fakir miskin dan anak anak yatim piatu yang kekurangan, tentu saja boleh untuk mendahulukan orang terdekat atau tetangganya terlebih dahulu sebagai wujud keutamaan bersedekah kepada yang terdekat dahulu.

3. Shalat Tarawih Berjamaah

Rasulullah Saw. pernah bersabda: "Barang siapa umatku yang mampu menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman kepada Allah dan ia mengharap pahala indah dari Allah maka ia akan diampuni dosa dosanya atau kesalahnnya yang telah lalu." Mneghidupkan malam bulan Ramadhan yang dimaksud ialah dnegan melakukan amal baik misalnya shalat tarawih secara berjamaah.

Tentu ada diantara kita yang sepanjang hari sibuk dengan rutinitas dunia hingga tak pernah mengetahui atau bergaul dengan tetangga dekatnya sendiri, bulan ramadhan bisa menjadi moment untuk meingkatkan silaturahmi, yakni dengan shalat tarawih bersama tetangga sehingga terjalin hubungan yang damai dan bisa mendapatkan .

4. Memperbanyak Doa

Sudah selayaknya bulan ramadhan digunakan untuk berdoa, kita bisa memotivasi teman teman kita untuk mendoakan kebaikan satu sama lain atau mendoakan saudara saudara kita sesama muslim yang mungkin saat ini sedang dalam kondisi susah karena berada dalam peperangan atau bencana sehingga mereka tidak bisa menjalankan ibadah di bulan ramadhan senyaman kita sehingga kita mendapatkan .

5. Memberi Makan pada Yang Tidak Mampu

"Barang siapa umat islam yang memberi ifthar atau makanan minuman (untuk berbuka puasa) orang orang yang sedang berpuasa ramadhan maka baginya akan mendapatkan pahala seperti orang baik yang juga berpuasa tanpa dikurangi atau dihilangkan sedikitpun pahalanya." (Bukhari Muslim). Memberi makan orang yang puasa akan mendapat pahala puasa pula.

itulh kesimpulan dari hadist tersebut, ketahuilah bahwa tidak semua orang memiliki kemudahan untuk makan dan minum seperti kita, banyak orang di luar sana yang bahkan masih merasa lapar ketika waktunya berbuka puasa karena tidak ada yang bisa dimakan sama sekali, sebab itu jika memang kita mampu, luangkan rezeki untuk berbagi kepada sesama yang kekurangan dan pahami mengenai .

Tentang IslamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang