Wattpad Original
Ada 8 bab gratis lagi

Pengumuman Pembaca

141K 2.9K 49
                                    

Apa yang biasa ditulis oleh seorang penulis dalam halaman pertama novelnya?

Ucapan terima kasih? Kata pengantar? Pembukaan? Muqaddimah? Sesuatu yang sejenis itu, tapi entah apa sebutannya?

Hanya pertanyaan retoris. Nggak perlu dijawab 🙂

Maka, mengikuti tradisi (luhur) yang telah dilakukan oleh para rekan-rekan penulis lainnya (selama ratusan tahun?), maka izinkan aku mengawali novel ini dengan mengucapkan terima kasih.

Syukur dan terima kasih yang tak terhingga bagi Yang Maha Memberi, atas segala ide, bimbingan, kekuatan dan kesempatan, hingga akhirnya novel ini bisa berada di ponsel / tablet / komputer kalian. Terima kasih juga buat orang-orang terdekatku atas doa tiada putus, serta pasokan dukungan dan semangat tiada habis: my parents, my sister and my closest friends. Terima kasih untuk kalian, yang telah membaca dan mendukung cerita ini sejak pertama kali dirampungkan di 2019 dan melewati selusin revisi hingga hari ini. Terima kasih juga untuk tim dari Wattpad (Miss Raa) yang telah mengizinkan dan mengusahakan cerita ini bergabung dengan deretan cerita-cerita keren lainnya di Wattpad Originals! Thank you!

Omong-omong, mungkin ada teman-teman yang bertanya, dulu cerita ini gratis, kok sekarang berbayar? Itu karena cerita ini sudah tergabung dalam program Wattpad Originals.

Program Wattpad Originals ini digagas Wattpad untuk mendukung para penulis sekaligus komunitas Wattpad itu sendiri. Oleh karena itu, sebagai anggota dari komunitas Wattpad, dengan senang hati aku ikut mendukung program ini. Teman-teman pasti setuju bahwa Wattpad telah menyediakan hiburan yang begitu kaya bagi kita semua, baik sebagai penulis maupun pembaca, terlebih dalam situasi pandemi serba suram yang sedang melanda dunia. Aku berharap dengan bergabungnya ceritaku di program Wattpad Originals, aku bisa turut membagikan inspirasi, motivasi dan hiburan bagi para pembaca sekalian.

Karena Wattpad Originals adalah program baru, aku paham jika ada pembaca yang belum terbiasa. Tidak masalah, aku juga menulis cerita-cerita lainnya yang masih bisa dinikmati secara gratis. Bagi pembaca yang bersedia meluangkan koin untuk membaca cerita ini sampai tamat, aku berterima kasih sekali lagi. Informasi lebih lengkap tentang program ini bisa kalian baca di laman AmbassadorID di tautan berikut:

https://www.wattpad.com/user/AmbassadorsID

Cerita ini dapat di-unlock per bab, atau dibeli seluruhnya hingga tamat, dengan memakai koin. Jadi sudah sangat jelas ya, bahwa ceritanya TIDAK GRATIS, jadi tolong nggak perlu protes / curhat / kesal / kecewa kalau bab gratisnya cuma sampai di bab tertentu, sudah tercantum dengan sangat jelas bahwa ini CERITA BERBAYAR. Simpelnya, nggak mau digantung pas baca cerita ini dan nggak bisa beli koin, maka lebih baik tidak usah dibaca. Tutorial lengkap dan detil tentang pembelian koin di perangkat Android dan iOS dijelaskan di bagian bawah, ya. Silakan dibaca untuk mencari tahu caranya bagi yang belum tahu.

Kalau kalian sudah menambahkan cerita ini ke dalam perpustakaan / daftar baca / reading list kalian, sebaiknya dihapus dulu setelah membeli koin, kemudian ditambahkan kembali. Pastikan juga aplikasi Wattpad sudah dalam versi paling baru jika mengalami kendala pembelian koin, ya. Seharusnya kalau semua langkah-langkah itu sudah dilakukan, maka tidak akan ada kendala.

Dalam cerita ini aku berusaha menggambarkan tentang kehidupan sebagai mahasiswa asing di luar negeri. Ceritanya dibuat berdasarkan pengalaman pribadiku saat menempuh studi di Melbourne, Australia. Beberapa adegan dan karakter terinspirasi dari hal-hal sungguhan yang aku alami. Sebagian besar tempat kecuali Chesire dan X University juga betul-betul ada. Foto-foto dalam cerita ini merupakan dokumentasi aku sendiri. Jika berkesempatan ke Melbourne, kunjungilah tempat-tempat ini. Aku yakin teman-teman sekalian pasti terkesan. Jika mendapat kesempatan untuk melanjutkan studi, entah di dalam atau luar negeri, aku mendukung teman-teman untuk mencoba dan mengusahakannya. Dengan doa dan usaha keras, niscaya apapun bisa diraih.

Teman Kos Dari Neraka [TAMAT]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang