ini masih jam 5 pagi, jinwoo ngga sengaja kebangun waktu tendanya digoyang - goyang. suara gurunya kedengeran dari luar.
"ayo bangun semuanya! kumpul di lapangan!" suara pak yohan.
jinwoo ngegoyangin badan dohyon yang masih ngorok di sampingnya.
"dohyon.. ayo bangun.. disuruh kumpul.."
"... ma menit pih.."
"dohyon ish!" tangannya ditarik sama jinwoo. "ayo bangun! ini bukan papih, ini jinwoo!"
ajaibnya—
dohyon langsung bangun. duduk. ngucek - ngucek mata.
"kenapa, jinwoo?" auto seger.
"disuruh kumpul di lapangan sama pak yohan. ayo cepet."
jinwoo narik tangan dohyon keluar tenda. waktu mereka jalan ke lapangan, ternyata udah rame. murid - murid disuruh baris dan duduk. suasananya hening.
cuma kedengeran satu suara. ngga pake toa, ngga teriak juga. tapi tetep kedengeran saking heningnya.
suara pak midam. guru agama.
suaranya lirih, pelan. tapi nusuk.
renungan pagi.
jinwoo sama dohyon buru - buru duduk. ikut dengerin renungan dari pak midam.
"coba.. diinget lagi.. udah pernah bikin salah apa aja sama orangtua.. sama guru.. udah minta maaf belum.. udah bilang sayang belum sama orangtua kalian.."
"pernah kepikiran ngga, orangtua kalian kerja banting tulang demi kalian.. biar bisa makan.. biar kalian bisa sekolah.."
udah mulai kedengeran suara isakan dari beberapa tempat.
"coba kalian bayangin.. ayah kalian pulang kerja.. capek.. ibu kalian ngurus rumah, semuanya.. terus kalo kalian ngga ngehargain mereka, apa rasanya coba?"
"ayah ibu kalian pasti sedih.. nangis.."
"sedih karena kalian ngga nurut.. ngga mau bantuin mereka.. sering ngelawan.. bicara teriak - teriak.. ngga sopan.."
"orangtua kalian ngga seharusnya dibuat sedih begitu.. saya yakin orangtua kalian semua baik, ngga nuntut macem - macem.. mereka pengen ngeliat anaknya tumbuh, bahagia.."
"ini bukan balas budi, tapi apa kalian ngga pengen bahagiain mereka?"
guru lee itu narik napas panjang.
"abis ini.. saya mau, kalian semua sampein ke orangtua masing - masing kalo kalian sayang mereka.. minta maaf untuk semua kesalahan.. terima kasih untuk semua yang udah kalian dapet dari mereka.. janji sama mereka untuk jadi anak yang lebih baik lagi.."
jam 6 tepat. renungan selesai. dilanjut doa pagi sampe jam 7. bareng - bareng. di lapangan juga.
jinwoo ngebuka matanya selesai doa. abis ini dia mau nyamperin ayah, bilang semua yang dikasihtau pak midam tadi.
jinwoo bukan dongpyo yang dengan gampang bisa ngomong sayang ke papahnya 5 kali dalam sehari. dia cenderung pasif dan pemalu. menurut dia, nurutin jinhyuk udah salah satu cara untuk sayang ke ayah.
tapi abis ini, jinwoo bakal peluk ayah. bilang semua yang dia rasain selama ini.
"jinwoo. kamu mau ke mana?" tanya dohyon.
"mau nyamperin ayah, do."
"ngapain..?"
jinwoo merengut. "mau bilang kalo aku sayang ayah, mau terima kasih, mau minta maaf juga."
KAMU SEDANG MEMBACA
APPA▪︎pdx101
Krótkie OpowiadaniaAppa means ayah, papah, papih. nonbaku!!!! bxb!!! lowercase! start : 14/7/19