Part 1

6.4K 156 5
                                    

RUMAH ROMBE

Tidak ada yang tidak mengenal peristiwa ini. Sebuah peristiwa yang dulu sempet membuat geger satu desa, bahkan begitu mengerikannya tragedi ini, sehingga membuat banyak orang begidik ngeri tiap melihat saksi bisu peristiwa ini. 

Ya, benar  ! itu adalah RUMAH ROMBE

Sebelum gw mulai masuk ke bagian ceritanya, tidak ada salahnya bila gw kembali mengingatkan bahwa, peristiwa semacam ini sebenarnya banyak di sekeliling kita. Hanya saja, apakah kita begitu peka untuk menyadarinya?

Karena apa yang akan kalian baca, merupakan satu dari sekian banyak peristiwa-peristiwa yang mungkin di luar nalar kita. Manusia kadang terlalu kecil untuk tau apa yang tidak seharusnya di ketahui dan mungkin ketidaktahuan itu adalah hal yang membuat manusia dapat bertahan di tengah banyaknya kengerian di sekeliling kita.

Baiklah. Cukup untuk intronya. Jadi, mari kita mulai ceritanya.

--------------------------------------

Tahun 2005, gw udah kelas 5 SD. Sebelumnya, gw akan tulis kembali dimana gw tinggal. 

Gw tinggal di sebuah kecamatan dengan 2 desa yang di pisahkan oleh sungai kecil. Jauh di hilir sungai ada sebuah pabrik gula, bekas peninggalan belanda. Kita tidak akan membicarakan pabrik itu karena, nanti akan ada waktunya untuk gw, menceritakan apa yang ada disana. Sesuatu yang mungkin kadang gak bisa di terima oleh akal sehat. Kita masuk ke desa gw lebih dulu, karena apa yang akan gw ceritakan adalah salah satu bagian kelam yang pernah gw saksikan dengan mata kepala gw sendiri.

Desa gw dulunya adalah sebuah rawa-rawa sungai yang membelah desa. Gak lebih dari sungai kecil yang airnya mengalir dari sungai besar yang jauh di utara. Karena Desa gw adalah bekas rawa-rawa membuat banyak orang berpikir ulang buat tinggal di tempat ini.

Tapi yang gw pernah denger dari cerita bapak soal desa gw adalah, hanya ada 7 orang yang pertama kali tinggal di wilayah ini. Itu sebelum desa ini resmi di kenal.

7 orang ini adalah cikal bakal yang membabat habis semua tumbuhan liar dan pohon besar untuk di jadikan tempat tinggal.

Namun yang harus diketahui, sebelum 7 orang ini, rupanya ada 1 keluarga yang lebih dahulu tinggal di desa ini. Dia di kenal dengan nama Mbah puteri.

Wanita paruh baya yang tinggal seorang diri di sebuah rumah tua peninggalan belanda. 

Disinilah keanehan itu terjadi.

Konon....dari cerita bapak, rumah mbah puteri adalah sebuah rumah yang menakutkan. Ada perasaan ngeri setiap kali memandang dan mbah puteri sendiri hanya tinggal seorang diri. Padahal, rumah itu cukup besar untuk di tinggali sebuah keluarga besar.

Disinilah gw patut bangga, kenapa? Karena 7 orang yang pertama kali membuka lahan di desa ini adalah kakek gw. Sekarang gw tau, kenapa kakek gw bisa membagikan tanah yang luas untuk 10 anaknya. 

10 anak bayangkan.

Bapak sendiri adalah anak 3 dari 10 bersaudara. 6 orang lain, gw juga kenal. Usia mereka hampir sama dengan kakek gw dan gw gak heran, tiap melihat mereka dan mendengar cerita bagaimana mereka menjadi yang pertama membuka lahan, gw sangat bangga.

Tapi, yang gw ceritain gak ada hubungannya dengan mereka. Karena, cerita ini di mulai dari rumah MBAH PUTERI.

Seperti yang gw bilang, Mbah puteri hanya tinggal sendirian. Beliau tidak memiliki seorang anak, apalagi cucu. Jadi, apakah mbah puteri tidak memiliki suami?

Jawabanya, TIDAK.

Mbah puteri dahulu memiliki suami, namun mereka sudah meninggal.

apa gw baru saja bilang "mereka? "

Ya... mereka yang gw maksud adalah lebih dari 1 (satu). Mbah puteri pernah menikah lebih dari 14 kali. Awalnya gw gak percaya mendengarnya, maksud gw.. mana ada orang yang bisa menikah sampai 14 kali, tapi kemudian gw percaya ketika cerita itu muncul dari, nyokap gw sendiri.

Lalu, bagaimana bisa??

Jawabannya, Mbah puteri rupanya bukan wanita sembarangan. Banyak yang mengatakan, beliau berdarah ningrat. Sehingga ilmunya sangat tinggi. Lelaki yang menikahinya tak lebih dari lelaki yang tertarik dengan paras ayu beliau, namun....

Konon, Mbah Puteri memiliki perewangan (pengikut), yang tidak pernah suka Mbah puteri di nikahi oleh lelaki biasa. Sehingga, banyak dari mereka yang akhirnya jatuh sakit kemudian meninggal.

.
.
.
Lanjut >>> 😱

RUMAH ROMBETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang