banyak!
skip aja nggak papa, aku mau nostalgia soalnya kangen banget :(
mostly di rumah nenek sih.
yang kuceritain pertama yang nenek dari pihak bapake dulu.
dulu pas aku masih tk atau sd ya lupa, setiap libur ke rumah nenek. tiap pagi diajakin ke pasar sama nenek. bareng sama saudaraku juga. udah deh tuh bertiga boncengan pake motor honda star tua. tau gak? ini,
huhu kangen!!!!!!
di pasar dibeliin macem-macem. dari makanan sampe baju atau jepit rambut warna-warni. tapi satu hal yang masih bisa kuinget adalah;
"ITU ANJINGNYA DITENGAH JALAN GAK MAU PERGI!!!!"
iya, bayangin aja ada anjing liar berkeliaran di dalem pasar. nangis. takut, cyin.
terus, kakek nenek kan punya sawah. lumayan luas, seru banget buat lari-larian. di petak sawah sebelah barat, ada gubug kecil yang deket sungai. kalo lagi panas banget suka main air. selesai main makan-makan dong huhu.
dulu banget diajakin nanem padi, nanem kacang, diajakin panen cabe. cuma habis itu aku trauma panen cabe soalnya ULETNYA GAK MANUSIAWI BANGSUL NGERI BGT HSHSHHSHSHS JIJIK.
dulu, kalo panen kacang semua anak cucunya diajakin. apalagi kalo anaknya yang merantau alias tanteku yang di kalimantan pulang ke jawa. makin rame bosqu.
satu pengalaman tidak mengenakkan di sawah adalah: ketika mau nyebrang sungai, malah sendalnya hanyut. mau dikejar, eh aku kepleset plus kecebur sungai penuh lumpur. pulang-pulang kayak kecebong. kucel bgt ew. TAPI SERU BOSQU.
mbahku ini selain punya sawah, juga punya kebun jambu mete. JAMBU MONYET GENGS BAYANGKAN KALO LAGI MUSIM ULET BULU. oalah jancu sampe masuk rumahku.
kebun jambu monyetnya mbahku ini gak kaleng-kaleng. luas bgt yasalam mau sambat tiap panen. tapi memang hasilnya ga mengecewakan guys. kacang metenya banyak bangetttt. setiap lebaran selalu laris.
cuma pas mungutin jambu harus sabar dan tidak boleh gelian karena udah benyek banget. udah dipatukin ayam juga. kalo lagi gak beruntung kadang ya ketiban jambu yang jatuh dari pohon.
KEBETULAN, kebun jambu ini di belakang rumahku. bayangin aja, kanan kiri belakang rumahku isinya pohon jambu monyet doang. rumahku tuh sepi banget. mulai rame ya semenjak aku masuk smk ini.
dulu tuh sepi banget. bahkan selepas magrib suasana sepi banget. orang-orang lebih milih masuk rumah.
tapi sekarang rame banget guys. sampe tengah malem kadang masih ada yang genjrengan gitar. kanan kiri rumah udah dibangun ruko juga.
selain kebun di belakang rumah, mbah juga punya kebun lain di belakang rumah tetangganya. GAK NGERTI LAGI ITU SIMBAH W TANAHNYA DIMANA-MANA KAYAK DEBU.
nah di kebun yang ini, ada warung di deketnya. punya kerabat. pernah tuh beli permen jeli. mau dimakan malah jatuh ke tanah. sedih banget anjir mana saudaraku cuma ketawa.
orangtuaku juga punya sawah. tapi yang ngurus orang lain. HEHE gak ada waktu ke sawah. tuyulnya rewel.
tapi beberapa kali pernah ke sawah sih. yang masih kuinget adalah;
- sunset
- sungai
- indomie
- masterchefkok ada masterchef????
iya, pulang dari sawah udah sore sampe bisa ngeliat matahari terbenam terus ada suara nongkret(?) tau gak? itu serangga yang kalo menjelang sore berkicau(?). di daerahku udah jarang, tapi di rumah nenekku yang satunya, di daerah cangkringan sana masih banyak banget tiap sore.
sampe rumah kan laper, akhirnya masak mie sambil nonton masterchef. piring yang kupake warna pink. gambarnya kelinci. TAPI SEKARANG ILANG GARA GARA DIBAWA KEMAH ADEKKU.
lalu sekarang nenek yang dari ibu.
SERING BANGET NGINEP DISANA HUHU TIDAK TERHITUNG. aku punya temen disana, sekarang jarang ketemu. dulu aku tiap main ya sama dia. main boneka, main masak-masak, main engklek, main pasir. pokoknya apa-apa sama dia. aku makan ya sama dia. rumah dia deket sama rumah nenekku. ibaratnya kepleset aja nyampe. HUHU DIA INGET AKU GAK YA.
di rumah nenekku ini jauh bangeeeeet dari kota. daerah cangkringan lah guys. susah sinyal banget dulu. mau sambat aja. sekarang alhamdulillah ada dikit-dikit. dulu aku sering banget beli pentol salome(?) tau ah aku nyebutnya itu. yang jual mbah-mbah cowok. dipanggilnya pak uwo. salomenya enak banget gak boong.
karena jauh dari kota, kebiasaan orang sana juga bikin aku kaget juga awalnya. masa beli salome 2k doang? ternyata dapet banyak banget!!!!
sekarang pak uwo udah ga keliatan. yang sering sekarang ibu-ibu. gak kalah enak! kalo ketemu aku pasti nyapa, "mbak nadia ayo borong."
terus dulu suka diajakin mancing om. yang diajakin aku, yang ngikut anak sekampung anjir????
niat awal yang mau mancing cuma aku, om, sama bokap. pas nengok eh anak sekampung ngintil.
tidur di warung aja aku pernah guys. di deket kolam yang buat mancing ini ada warungnya. warungnya punya nenekku WKWKW sotonya enak gengs. entah apa motivasinya, nenekku ini ngajak aku nginep di warung. hebat banget warungnya ini ada kasurnya. ada bantal guling selimut pula.
sebenernya masih banyak tapi segini dulu deh. nanti pada gumoh.
ᵗᵒ ᵇᵉ ᶜᵒⁿᵗⁱⁿᵘᵉᵈ
KAMU SEDANG MEMBACA
daybreak ➳30dwc✓
Nonfiksi[ 30 days writing challenge ] ini semua karena aku gabut.