Dialog Tag

26 3 0
                                    

PENGERTIAN

Penggunaan tanda koma di akhir dialog.
Apa itu dialog tag? Dialog tag adalah frase yang mengikuti dialog. Fungsinya menginformasikan si pengucap kepada pembaca. Selain itu, dialog tag di gunakan apabila dialog tersebut isinya tentang pengungkapan sesuatu. Di awali dengan huruf kecil setelah tanda petik. Dan di tandai dengan : "ujar, kata, pekik, sambung, tukas, ungkap, jawab, tanya, ucap, dan lain sebagainya."

👉 Contoh salah : "Aku yang membuang kucing itu." Ungkap Dimas.

👉 Contoh benar : "Aku yang membuang kucing itu," ungkap Zae.

Di mana perbedaannya? Coba perhatikan. Contoh awal, tanda bacanya adalah (.) yang seharusnya (,).
Kemudian, huruf awal setelah dialog adalah besar. Padahal, seharusnya huruf awal setelah dialog adalah kecil.

Bagaimana jika Dialog Tag berada di depan dialog?

Perhatikan contoh berikut ini.

👉 Contoh salah : Dave berkata. "Aku ingin memelukmu, Mikha."
👉 Contoh benar : Dave berkata, "Aku ingin memelukmu, Mikha."

👉 Contoh salah : Tak berlangsung lama, Rika kembali bertanya. "Bisakah kau percepat langkahmu, Fika?"
👉 Contoh benar : Tak berlangsung lama, Rika kembali bertanya, "Bisakah kau percepat langkahmu, Fika?"

Nah, frase sejenis "Ungkap Dimas" dan "Dave berkata" atau "Rika bertanya" itulah yang disebut sebagai Dialog Tag.

Apabila dialog tagnya berada di awal seperti contoh Dave atau Rika, maka setelah kata "Dave berkata" diberi tanda baca koma ( , ) kemudian memulai dialog dengan HURUF KAPITAL dan di akhiri dengan tanda baca (.) sebelum tanda kutip penutup sebagai tanda baca.

Apabila dialog tag berada di akhir seperti contoh Dimas, maka gunakan tanda baca koma (,) sebelum tanda kutip penutup dalam dialog.

Catatan : Ingat. Jika dialog tag berada di belakang, huruf awal setelah dialog adalah huruf kecil namun sebaliknya, jika dialog tag berada di depan, maka huruf pembuka dialognya Harus huruf kapital.

-----------

MACAM DIALOG TAG

🍀 NETRAL :
ujar, ucap, kata, cetus, tutur, ungkap, tandas, tanya, sapa, panggil, pungkas, tegas, ajak, pinta.

🍀 Netral sebagai respons :
sahut, jawab, balas, terang, jelas, sela, tukas, potong

🍀 Ada emosi :
sindir, ejek, hina, cela, kelakar, canda

🍀 Emosi bernada tinggi :
teriak, jerit, raung, seru, sergah, murka

🍀 Emosi bernada rendah :
bisik, gumam, lirih

DILARANG PLAGIARIZE

Materi Sastra Amatir Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang