Selama 4 hari, gw di Jakarta nemenin Mama.. Gw seneng karena bisa ada di deket Mama.. Walopun bukan dengan keadaan seperti ini yang gw harapkan..
Yang lebih nyakitin lagi adalah, di saat kita semua tau bahwa kemungkinan Mama akan sembuh sangat kecil sekali, Mama pernah bilang beliau pengen sembuh karena anak2nya masih kecil.. Scara Kak Rian udah 24 taun dan gw 20 taun.. Dan nanti klo udah sembuh, Mama mau kos di jakarta biar deket sama anak2nya.. Dada gw sakit nahan ini semua.. Pelampiasan emosi gw hanya dengan nangis.. Tapi di sisi laen gw harus kuat di depan Mama..Minggu sore gw balik ke Bandung karena Seninnya udah mulai UAS.. Berat banget buat pergi.. Apalagi Mama sendiri minta gw buat ga pergi.. Tapi gw tetep harus balik ke Bandung.. Gw keluar kamar dianter sama Kak Rian.. Air mata gw jatuh lagi dan Kak Rian meluk gw..
Kak Rian: Kamu kuat ya demi Mama... Konsen dulu ke ujianmu..
Zega: aku titip Mama ya Kak..Senin, 10 Desember 2007
Pulang ujian, gw dikabarin Kak Rian kalo Mama mau dibawa berobat ke China hari Kamis nanti.. Keluarga udah nyiapin segala sesuatu keperluan Mama.. Tapi gw berat nglepas Mama berobat ke China.. Apa pengobatan ga bisa dilakuin di Indo aja?
Selasa, 11 Desember 2007
Gw dateng lagi ke Jakarta setelah ujian.. di kamar mama, gw utarain ganjelan di ati gw ke Kak Rian..
Zega: Kak, aku berat nglepas Mama berobat ke China..
Kak Rian: Aku juga.. tapi keluarga besar desak terus..
Zega: Papa?
Kak Rian: Papa ga bisa apa2.. walopun Papa berat.. Tapi papa takut disalahin sodara2nya Mama klo ada apa2...Gw diem denger penjelasan Kak Rian..Gw bisa ngrasain beratnya posisi Papa sekarang.. Dulu, adik bungsu Mama juga kena kanker.. Saat semua sodara2 mendesak suaminya buat ngasi ijin dokter supaya adiknya Mama bisa dioperasi, suaminya ga ngasi ijin.. Karena itu akan menambah penderitaan adik Mama.. Dan sampe akhirnya adiknya Mama meninggal, semua sodara2 nyalahin suaminya.. Nah, Papa ga mau ada di posisi seperti itu.. Karena keluarga Mama memang keras.. Mama juga minta Papa buat ga nemenin di RS karena kondisi fisik Papa juga.. Dan Mama juga ga tega kalo Papa harus liat kondisi Mama yang makin drop..Kak Rian ngajak gw berdoa di samping ranjang mama...
Mama masih tidur saat gw dan Kak Rian mendekat ke ranjang Mama.. Gw berdiri di sebelah kiri Mama sambil megang tangan kiri Mama, dan Kak Rian di sebelah kanan Mama. megang tangan kanan Mama..
Kak Rian: Tuhan, klo Kau beri kesembuhan pada Mama kami, berikanlah jalan supaya semuanya lancar sampai di China nanti.. Jika Kau berkehendak lain, biarlah mama pergi dengan tenang di tengah2 kami
Air mata gw mengalir perlahan.. Gw ga brenti menatap wajah Mama.. Setelah berdoa, gw masih berdiri di samping Mama..Gw tetep ngajak Mama ngobrol walopun gw tau Mama ga denger apa yang aku ucapin.. Mungkin lebih baik begitu.. Karena gw bisa numpahin emosi gw..
Angan2 gw kembali ke beberapa bulan lalu saat Lebaran.. Kami liburan ke Telaga Sarangan.. Hanya ada kami ber4.. Papa, Mama, Kak Rian, dan gw.. Gw ga pernah nyangka klo beberapa bulan berikutnya harus seperti ini.. Kanker lever stadium akhir.. Kalimat itu terus ada di kepala gw.. Gimana bisa? Bukankah kanker itu ada proses berkembangnya? Sangat ga mungkin klo semuanya secepet ini.. Tapi gw sedikit nemu jawaban buat pertanyaan gw sendiri.. Mama paling takut klo diajak ke dokter.. Mama lebih memilih mengobati penyakitnya sendiri dengan obat biasa.. Yah, itulah alesan yang menurut gw paling masuk akal.. Dan karena alesan itulah, semua keluarga ga ngasi tau soal penyakit Mama yang sebenernya.. Karena Mama bakal lebih drop lagi..
Setelah beberapa hari di RS, Mama selalu nanya, "Kapan pulang? Aku sakit apa? Kenapa perutnya besar?".. Keluarga besar bingung harus jawab apa.. Papa cuma bilang, "itu ada cairan di perut.. Makanya perutnya jadi besar"..
KAMU SEDANG MEMBACA
ada apa dengan kehidupanku
Teen FictionGw Zega, cewe 26 tahun, dan berdomisili di Semarang.. Sejak lahir sampe SMA, gw tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah.. Tapi bukan Semarang.. Gw pernah menjadi seorang mahasiswi Psikologi di salah satu universitas swasta di Bandung.. Dari awal...