thy will be done on earth as it is in heaven

7 4 0
                                    

Senin, 17 Desember 2007 pk 09.00

Gw baru sampe di bandung lagi karena gw masih ada 2 ujian terakir hari slasa dan rabo.. Papa juga baru aja sampe Jakarta pagi ini karena rencananya Mama mau dioperasi buat ngluarin cairan di perutnya..

Gw lagi di kampus saat Kak Rian sms gw..

emoticon-mail
"Hari ini Mama dibabtis dengan nama Maria"..

Ada perasaan lega karena akirnya Mama dibabtis juga (sebelumnya non Katolik).. Tapi gw tau dan yakin klo Tuhan nunggu Mama mau trima Dia (babtis), baru akan diambil...

Rabu, 19 Desember 2007 pk 10.00

Hari ini ujian terakir gw.. Candra udah dateng ke Bandung sejak Selasa karena gw rencana balik ke kota asal hari rabo setelah ujian.. Kesepakatan itu dibuat karena gw harus nemenin Papa di rumah..

Pk 10.35

Setelah gw makan di ruang tamu kos, gw masuk kamar dan liat ada 6 misscall dari Papa.. Perasaan gw udah langsung ga enak.. Gw telp balik Papa..

emoticon-phone Zega: Pa kenapa?
emoticon-phone Papa: kamu sudah ujian?
emoticon-phone Zega: belum.. nanti jam 1..
emoticon-phone Papa: nanti abis ujian kamu langsung ke Jakarta ya.. Mama kritis.. mungkin waktunya sebentar lagi..
emoticon-phone Zega: *diem*.

Gw mandi.. Dan setelah mandi, gw telp Kak Rian.. Karena cuma Kak Rian yang full nungguin Mama selama di RS..

emoticon-phone Zega: Kak, gimana Mama?
emoticon-phone Kak Rian: Kamu udah diksi tau Papa kan?
emoticon-phone Zega: iya.. trus Mama gimana sekarang?
emoticon-phone Kak Rian: Mama... Mama udah meninggal jam setengah 11 tadi..
emoticon-phone Zega: Ga mungkin!!!! Mama bilang pengen sembuh!!!! Mama ga mungkin meninggal!!! Bangunin Mama!!!! Aku mau ngomong sama Mama!!!! Bangunin Mama, Kak!!!!! emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown
*telp dtutup kakak ku*

Candra langsung meluk gw yang histeris.. Anak2 kos juga langsung semua ke kamar gw.... Mereka nenangin gw.. Sebagian langsung buka lemari gw dan nyiapin baju2 gw tanpa dikomando.. Candra juga langsung telp Kris karena sebenernya gw harus ngumpulin tugas ujian.. Ga lama Kris pun dateng ke kosan.. Dia langsung meluk gw..

Kris: Kuat ya.. Lu udah janji mau kuat demi Mama..
Zega: Tapi Mama juga janji mau sembuh.. emoticon-Frown
Kris: Apa Lu tega klo Mama ngrasain sakit terus? Ini yang terbaik buat Mama.. Lu harus iklas..

Setelah keadaan gw tenang, Kris balik ke kampus dan gw dianter Candra dan beberapa anak kos ke travel.. Pas itu bukan weekend, tapi jalan bisa serame itu.. Jadi malem jam 7 gw baru sampe rumah duka di daerah Pluit.

Gw liat Kak Rian di parkiran nunggu gw.. Kak Rian ngedatengin gw dan bantuin bawa ransel gw.. Gw dipapah buat naik ke lantai 2.. Pikiran gw udah kaco, berharap semua hanya mimpi.. Gw makin deket ke ruangan tempat Mama disemayamkan..

Akhirnya......Gw berada di depan ruangan dengan kaca di sekelilingnya.. Ada kursi yang tertata rapi di dalamnya.. Peti mati warna coklat dengan meja di depannya dan hiasan dominan warna ungu dan putih di sekeliling ruangan tempat peti itu berada.. Gw diem sesaat di luar pintu kaca itu.. Kaki gw kerasa berat.. Kak Rian megang bahu gw dan nguatin gw.. Sodara2kgw langsung berdiri pas liat gw dateng.. Perlahan, gw melangkahkan kaki masuk ke ruangan itu.. Mata gw tetep tertuju ke peti itu.. Gw baru menyadari Kakak sepupu gw meluk gw sambil nangis.. Dia ngomong "Liat Mama gih.. kamu udah ditungguin"..

Gw jalan lagi ke arah peti.. Sampe gw udah ada di samping peti itu, gw pandangin terus wajah Mama.. Mama kliatan cantik.. Seperti orang yang tidur.. Dengan gaun putih dan rosario di tangannya.. Gw pegang pipi Mama.. Dan tangis gw meledak... Kak Rian langsung meluk gw dan bawa gw menjauh dari peti Mama..

pk 21.00

Papa dan adik ipar Mama baru dateng.. Papa langsung mendekat ke peti dan ngliat Mama.. Ga ada ekspresi apapun.. Datar, seperti biasanya sehari2..

Gw duduk di deket peti.. Kak Rian di depan gw ngebujuk gw buat makan..

Kak Rian: Ze, makan ya.. Kamu belum makan kan?
Zega: Aku ga laper.. Apa pesen terakhir Mama, Kak?
Kak Rian: Mama cuma minta kita jangan pernah lupa berdoa sebelum tidur dan jangan pernah lupa sama Tuhan.. Mama minta kita tetep bersyukur untuk setiap hal baik dan buruk yang kita alami..
Zega: Apa lagi?
Kak Rian: Itu aja..
Zega: Mama sempet ngrasa sakit sebelum pergi?
Kak Rian: Mama sempet koma jam 9.. Aku baru slese mandi dan Mama sudah koma.. Aku sempet bilang sama Mama untuk nyerah daripada sakit.. Tapi mungkin memang belum saatnya.. Jam 10 aku ajak Mama ngobrol lagi.. Waktu itu nafasnya udah pendek.. Dokter juga sudah menyerah.. Aku janji sama Mama bakal jagain kamu sama Papa.. Biar Mama bisa tenang.. Mama pergi setelah aku berdoa di sampingnya dan tepat setelah aku bilang AMIN, nafas Mama berhenti...

Air mata gw mengalir.. Gw tau indahnya saat2 Mama pergi menghadap Tuhan.. Dengan diiringi doa.. Mama pergi dengan damai..

ada apa dengan kehidupankuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang