old and new

28 6 4
                                    

2006

Libur semesteran dateng juga.. Yang mana artinya adalah, gw bisa mudik untuk waktu yang lumayan lama.. Brenti mikirin pelajaran2 yang bikin gw berasa tinggal di dunia antah berantah..
Masa liburan ini udah pasti bakal gw habisin sama temen2 dan orang yang gw sayang..

Bagas, orang yang udah setahun lebih jadi cowo gw.. Bagas orang yang biasa2 aja.. Dia juga bukan 1 ras sama gw.. Tapi gw ga ngliat itu semua.. Gw bukan tipe pemilih untuk soal lingkungan sosial.. Gw mau dan bisa berteman sama siapa aja..

Hubungan gw sama Bagas terpaksa LDR karena gw kuliah di Bandung.. Dan hanya pas liburan seperti inilah, gw bisa ketemu sama Bagas..
Tapi ternyata cuma kesedihan yang gw temukan.. Dari mulut Bagas sendiri, dia jujur kalo dia udah punya pacar sekarang ini.. Bahkan jauh sebelum kenal sama gw.. D*MN, gw selama ini cuma dijadiin selingkuhan sama si Bagas..
Gw marah, gw kecewa, gw sakit, itu pasti.. Siapa yang mau dijadiin kya ini? Siapa yang nyangka? Justru gw perlu mempertanyakan ke diri gw sendiri klo gw malah bahagia karena dijadiin selingkuhan.. Menurut gw, wajar banget gw marah kan?
Gw pengen nglepasin hubungan ini.. Ga ada yang bisa gw harepin dari ini semua.. Pelan2 gw mulai menjauh dari Bagas..

Namanya Candra..Gw kenal Candra saat hubungan gw sama Bagas lagi dingin2nya.. Candra pun cuma orang biasa2 aja.. Hanya saja dia memilikki wajah yang lebih lumayan dibanding Bagas emoticon-Big Grin

Candra hadir di saat yang tepat.. Dan Candra datang dengan "aura hero" nya.. Dia bak pangeran berkuda buat gw.. Gw bisa ngrasain klo Candra ngedeketin gw.. SMS dan telp nya bisa nunjukkin klo dia care sama gw.. Candra ngasi gw rasa nyaman dan aman dari Bagas yang mulai rese lama kelamaan..

Candra : Halo Ze..
Zega : Hei Ndra.. Tumben telp kaga bilang-bilang dulu.. nape?
Candra: r u okay?
Zega: lumayan..
Candra: Kenapa sih seharian BT mulu? Ada masalah?
Zega: Pengen putus dari Bagas emoticon-Frown
Candra: kenapa?
Zega: emang enak jadi selingkuhan?
Candra: emang Bagas udah punya pacar?
Zega: yup.. BT banget dah.. Ngeselin tu orang..
Candra: ya udah, kamu sama aku aja lah.. Masa ya kamu ga ngrasain aku suka sama kamu?
Zega: Ngrasa sih.
Candra: Trus?
Zega: apanya yang terus?
Candra: Jadi gimana?
Zega: apanya?
Candra: jadian aja yuk..
Zega: mauuuuuuuu

Singkat, jelas, padat.. Ga ada yang spesial dari penembakan itu.. Dan gw pun ga ngrasa udah menduakan Bagas.. Bodo amat dah pokonya.. Siapa suruh dia jahat sama gw? Lagian dengan ini gw bisa lepas dari Bagas kan?

Hubungan baru gw sama Candra jujur bikin gw optimis bisa lepas dari Bagas.. Tapi bukan berarti trus gw jadiin Candra sebagai pelarian.. Ga sama sekali.. Gw nyaman deket sama Candra.. Itu yang penting buat gw..

Bagas sendiri belum tau soal hubungan gw sama Candra ini.. Dan harus secepetnya gw ngasi tau dia.. Biar dia ga terus-terusan gangguin gw..
Gw ngajak Bagas ketemuan di suatu tempat.. Dari jauh gw udah bisa ngliat kedatangannya.. Bagas duduk di depan gw dan tanpa babibu......

Bagas: Beb, aku pesen minum yah.. Haus nih..
Zega: Gih..

Begitulah kelakuannya.. Setiap jalan sama gw, Bagas memang ga pernah kluar duit sama sekali.. Gw pun hanya tau diri.. Gw lebih mampu dari Bagas dan ga ada salahnya kan gw yang nanggung pengeluaran.. Tapi ga buat kali ini..

Gw sempet takut buat ngasi tau Bagas soal hubungan gw sama Candra.. Gw takut kalau Bagas marah.. Mending klo cuman marah.. Lhah klo dia sampe manjat tower trus pake acara ngancem pengen bunuh diri gimana? Siapa yang tanggung jawab coba? Ah tapi bodo amat dah, gw tetep harus jujur biar semuanya cepet kelar..

Minuman yang dipesen Bagas udah ada di hadapan kami.. Gw ngliat Bagas langsung ngambil gelas di hadapannya dan menghabisi isinya dalam sekali minum..

Zega: Kamu beneran haus ato turunan onta sih?
Bagas: Haus beb.. Masa turunan onta? Kerenan dikit napa?
Zega: Udah kasian onta nya disamain sama kamu..
Bagas: Sadis ih.. Eh tadi katanya mau ngomong.. Mau bilang kangen yaaa??
Zega: Aku sudah punya pacar baru.. Dan sekarang, aku mau kita bener-bener ga ada hubungan lagi..
Bagas: Kamu selingkuh?!!
Zega: Dari siapa? Kamu? Ngaca donk, siapa yang duluan?
Bagas: Jadi kamu bales dendam?
Zega: Ga tuh.. Kamu lupa ya kalo aku udah mutusin kamu sejak kamu bilang kalo kamu udah punya cewe? Kamu aja yang masih gangguin aku.. Jadi sekarang aku harap, kamu jangan gangguin aku lagi.. Kecuali letaknya udah bener..
Bagas: Letak apanya?
Zega: Letak otakmu.. Udah ah, aku mau pulang.. Apa yang perlu aku sampein, udah aku sampein..
Bagas: Jadi kita putus beneran? Trus minumannya?? Siapa yang bayarin??

Gw udah ninggalin kursi tempat gw duduk saat gw mengatakan kalimat terakir ke Bagas.. Sambil jalan dan tertawa dalam hati, gw bisa denger Bagas kebingungan karena harus bayar minuman dan makanan yang dia pesan.. Ternyata harga dirinya hanya sebates makanan.. Ksian...

Mulai sekarang, gw bisa jalanin kehidupan baru gw sama Candra dengan tenang.. Bisa lepas dari Bagas mungkin bisa dibilang kya dapet duit segepok.. Anugerah terindah yang pernah kumilikki kalo kata So7..

Hari ini gw dateng ke tempat kerja Candra.. Gw cerita semua ke Candra tentang pertemuan terakir gw sama Bagas kemarin.. Air mata gw memaksa keluar.. Bukan karena sedih sudah kehilangan Bagas, tapi karena gw kecewa dengan apa yang udah dilakuin Bagas.. Candra dengan dewasanya coba buat nenangin gw..

Gw memang belum lama kenal Candra.. Tapi gw ngrasa nyaman ada di deket dia.. Kedewasaannya itulah yang bikin gw jatuh cinta sama dia..

Masa liburan yang hampir sebulan itu gw habisin dengan sering pergi sama Candra.. Kali ini, walaupun Candra memilikki keadaan ekonomi yang tidak lebih baik dari gw, tapi dia udah kerja.. Dan ga kya waktu masih jalan sama Bagas, gw ga sepenuhnya ngluarin duit waktu jalan sama Candra.. Ga jarang juga kedua orang tua ge protes karena gw jarang ada di rumah.. Gw cuman ngasi alesan pergi sama temen.. Karena sangat ga mungkin gwu bilang kalau gw pergi sama Candra.. Karena (maaf) orang tua gw masih kolot.. Perbedaan ras antara gw dan Candra udah ga bisa ditoleransi lagi..

Gw kembali ke Bandung setelah liburan yang "berkesan" itu.. Kembali berkutik dengan perkuliahan di semester 3 yang bikin gw bener2 berasa kya pasien berobat jalan..
Banyak yang bilang sih klo jurusan psikologi itu sama aja kya lagi ngobatin diri sendiri..

Gw dan Candra terpaksa LDR.. Mau ga mau.. Kya udah jadi hak paten buat gw harus LDR.. Tapi kadang Candra dateng ke Bandung di sela2 waktu liburnya.. Pagi datang dan malemnya langsung pulang.. Siapa yang ga tersentuh dengan pengorbanan kya gitu?

Anak2 kos gw pun menyukai sosok Candra yang dirasa jauh lebih baik dari Bagas.. Candra pun dekat sama temen2 gw di Bandung.. Bahkan pernah saat Candra dateng ke Bandung buat waktu yang agak lama, dia malah pergi "diculik" sama kakak kos gw yang kebetulan seorang cowo..
Gw pun seneng karena kehadiran Candra juga sering dinantikan sama anak2 kos terutama yang cowo..

Liburan semester 3 sudah di depan mata.. Gw udah ga sabar buat cepet mudik karena udah kangen sama Candra.. Setelah UAS, gw langsung pulang ke kota asal.. Dan bagai ga menghiraukan rasa cape yang masih ada akibat perjalanan lintas propinsi itu, sorenya gw langsung ketemuan sama Candra..

Kira-kira seminggu kemudian pas gw dateng ke tempat kerja nya Candra, dan di saat gw lagi ngobrol sama Candra, dateng seorang cewe dan langsung menghampiri kami.. Cewe itu menjulurkan tangannya ke arah gw dan berkata.......

Indah: Kenalin, aku Indah.. Istrinya Mas Candra

Gw menyambut uluran tangan cewe bernama Indah itu dengan senyum.. Tapi dalam hati dan pikiran gw, seolah ada penegasan di dalamnya..
"Istri? Istri Candra? Candra udah nikah? WHAT???!!!

ada apa dengan kehidupankuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang