A

1.3K 53 6
                                    

(amunisi untuk nanadongie)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

(amunisi untuk nanadongie)

Hanya membutuhkan 3 menit untuk melihat video bias, 3 jam untuk bergelud dengan hal hal yang berhubungan dengan bias, mengagumi garis wajahnya, menikmati karya tuhan yang paling indah, dan hanya butuh 3 detik untuk jatuh cinta padanya.

One, two, three

TIDAK ADA SEORANGPUN YANG TAU SEBESAR RASA CINTA ABELONA PADA NA JAEMIN.

Gue bukan perempuan romantis yang ada didunia ini, tapi gue ingin mengakui ketika wajah Jaemin terpampang dilayar handphone maupun PC, Salah satu penghalang kaca yang memisahkan alam semesta kita, yang gue tau rasanya, berat!

Dan gue jatuh tersungkur.

“Bel, jadi lo ga nonton tds bulan depan?”

Gue menggeleng pelan, Kinan menepuk punggung gue. “emang ya restu itu jadi penghalang utama banget, yakan! Gue kemaren ada Day6 gue ga dibolehin nyokap, uring-uringan lah gue di kamar. Mogok.”

“gue pengen nonton mereka Nan, gue—” napas gue tercekat, gue gakuad nerusinnya, rasanya perih bangeeet.

“gue tau rasanya, i know wht u feeling. Sabarin aja.”

Terserah kalian menganggap gue alay atau lebay setelah ini, kalian hanya melihat tidak merasakan bagaimana rasanya menjadi gue. Gue yang pengen pengen banget nonton konser dreamies.

Padahal, kalo gue niat nabung. Pasti ada.

Masalahnya sekarang ada di restu kedua orang tua, jelas-jelas bokap nolak dan mengharamkan anak gadisnya ini nonton konser bias. Papih bukan ga suka lagi, tapi ga sukaa kebangetan sama boyband begituan.

Dulu ketika gue masih menjadi bucin Super Junior, gue nonton di acara televisi Korea yang disiarkan ulang sama salah satu stasiun televisi Indonesia, malem-malem. Diruang tengah, posisi wenak, lampu ruang tengah sengaja dimatiin, LS Suju yang sudah menemani gue ditengah kegelapan, tiba-tiba dari arah ruang tamu—

“ngapain gelap-gelapan, dek?” papih baru pulang dari kantor, menyalakan lampu diruang tengah. Gue ngerengek minta dimatiin lagi lampunya, maklum gue masih esempe’ jadi tingkah gue masih kekanakan.

Paling pedesnya papih bilang, “gausah nonton gini-ginian lagi! Buat apa kamu nonton orang-orang joget joget itu, apa faedahnya!” mata gue udah berkaca-kaca, langsung dong gue sahutin.

“mereka idola Abel, mereka penyemangat Abel. Lagian mereka ganteng-ganteng pih! Papih jangan ngehina idola Abel.”

“cih, ganteng karena operasi plastik buat apaa.” Katanya dan berlalu. Amarah gue memuncak kala itu, besoknya gue musuhan sama papih. Mamih dan bengbeng cuman menggelengkan kepala.

Tapi seiring berjalannya waktu, papih udah mulai baik hati. Ngendorin titahnya dulu, ga seenaknya jidat ngehina oppa oppa didepan gue, bahkan kado ulang tahun 17th dulu, papih beliin album EXO gue ga abis pikir, apa papih ikutan PO gituan ya.

“yaudah gini aja—gimana kalo, waktu member NCTDream nyampe Indo, maksud gue. Kita-kita nungguin member Nct nyampe di Soetta? Kan lumayan tuh, lo bisa liat idola lo dari dekat.” Usul Akil yang tiba-tiba nimbrung.

“kita?” ucap Kinan memastikan, Akil mengangguk.

“iya, gue lo, Abel.”

“dihh gamau ya gue,” Kinan menolak mentah-mentah, “gue takut oleng ke anak-anak dream, kalian sama sekali ga bantuin hati gue ih.” Lanjutnya, “gue udah nahan diri ga oleng ke Jeno, lo malah kek gini, ah ga asik lo ah.”

“jangan oleng ke Jeno doong. Gue juga keknya otw oleng ke tu anak satu,” protes Akil, pemandangan seperti ini udah biasa bagi kami bertiga, dilema kpopers, olengan.

Gue turun dari mobil jemputan bang Omar –sepupu gue yang cuman 2taun lebih tua dari gue, tadi gue ga sengaja ketemu dia sama kak Evelyn di cafe, dan tanpa aling-aling. ‘jangan bilang nyokap kalo gue jalan sama Elyn, Bel. Awas aja kalo lo ember,’

Dengan suap ‘anterin gue balik’ dengan selamat sampe rumah, gue akan menjaga rahasia rumah tangga dini ini, etdah—bukan, lagi-lagi ini masalah restu, tante Naya menolak, melarang, mengharamkan anaknya –bang Omar, untuk ‘pacaran’ sama kak Elyn, gue gatau alasannya. Tapi, Kia –adeknya bang Omar yang setaun lebih muda dari gue, cerita kalo—kak Elyn adalah wanita simpanan om-om, ah gue gatau jelasnya.

Gue malas ngurusin rumah tangga orang, rumah tangga gue sama Jaemin aja belum beres. Kehalang restu.

“pulang bareng siapa dek?” kata mamih, beliau duduk-duduk cantik diruang tengah dengan televisi yang menyala menampilkan music video idol Taiwanya dulu, F4. Ya! Gue mungkin dari gen mamih, gue ikutan ngeidola boyband juga sekarang. “baru aja mamih mau nelfon umang.”
Gue ikut duduk santai disamping mamih, “mih, mamih masih suka mereka ga?” tanya gue, dengan gerakan mata menunjuk kearah televisi. F4 yang sedang menyanyikan lirik lagu Liu Xing Yu. Selama 20tahun gue idup dikeluarga ini, mamih paling suka deh muterin lagu ini.

“F4?” tanyanya memastikan, lalu mamih tanpa aba-aba menepuk pelan paha gue. “ya masihlah, kenapa emang? Tumben tanya.”

Gue mengerucutkan bibir, kalo mamih suka sampe punya anak dua yang udah gede kaya begini, apalagi gue nantinya. Apakabar Abelona umur 50-an?

“kan mamih udah punya papih, kenapa mamih suka sama mereka?”
Mamih tersenyum pelan, “papihmu jelas bedalah sama mereka, mereka, F4 selalu ada dihati mamih. Papih dan F4 ada di hati mamih, dengan porsi berbeda. Tempat yang berbeda,” jawabnya tenang, “kenapa? Ih, adek lagi jatuh cinta sama siapa? Cerita sini ke mamih.”

“iya Abel jatuh cinta,” jawab gue. “sama Jaemin.”

Mamih mengusap rambut gue, “ini yang papih takutin dari anak perempuannya, takut jatuh cinta sama idol sendiri. Gakpapa, mamih juga pernah ngerasain kaya Adek, mamih dulu pernah jatuh cinta sama idol sendiri,” katanya. “tapi, dilain sisi adek harus selalu ingat, kalian berbeda. Mereka idol, bukan untuk dimiliki, dan susah untuk digapai. It’s okay, dengan begini kehidupan masa remaja adek nantinya bewarna kan,”

Hati gue perih woy!

Ah pen mewek jadinya—apalagi, waktu mamih bilang.
Mereka berbeda, bukan untuk dimiliki dan susah untuk digapai.

Telah meninggal hati Abelona. :”))

***

03 March 2020

Jadi?

Apa kalian juga pernah ‘diperingatkan’ kaya gitu? Kalo aku pernah! Sama emak sendiri, parahnya pas ‘diingetkan’ sama emak jauh lebih ngena ke ulu hati, menyadarkanku pada kenyataaan. Bedalah sama maknya Abel, adem. Lah emakku, aku aja nangis pas ‘diingatkan’

Beberapa potongan kisah di cerita ini, terinspirasi dari kisah nyata.

DEAR JAEMINTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang