#2 (2:2)

2.1K 197 4
                                    

(Note: tulisan miring berarti flashback)
.
.
.
.
Dulu, saat Taehyung masih kecil. Taehyung dititipkan di panti asuhan bukan tanpa sebab. Nyonya Kim tidak berniat menelantarkan anaknya, ia hanya berusaha melindungi anaknya. Itu saja.

Nyonya Kim ——eomma Taehyung—— merupakan seorang ilmuwan yang pintar dan terkenal. Sudah banyak penemuan yang dia temukan. Sekitar 18 tahun yang lalu saat Taehyung masih kecil, nyonya Kim mencoba menciptakan humanoid———android.

Sekedar penjelasan singkat, robot humanoid sudah ada sejak 250 SM. Robot humanoid adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia. Sehingga  mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan  yang dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki  tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki, tapi wujudnya tidak sama persis seperti manusia pada umumnya. Ada  juga beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian  dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas.

Beberapa robot  humanoid juga memiliki 'wajah', lengkap dengan 'mata' dan 'mulut'.  Dan Android merupakan robot humanoid yang dibangun untuk  secara estetika menyerupai manusia. Humanoid sendiri adalah sebuah istilah yang dibentuk dari  Bahasa Latin Humanus yang berarti manusia dan Bahasa Yunani -oeides yang berarti kesamaan ekspresi. Istilah ini disebutkan pada  tahun 1918 untuk menunjuk kepada fosil yang dianggap dekat  dengan spesies manusia tetapi sebenarnya bukan manusia, termasuk  spesies yang di klasifikasikan sebagai Homo seperti Neanderthal.  

Awalnya, robot humanoid diciptakan untuk membantu penelitian di lembaga-lembaga riset. Para priset perlu mengetahui  struktur dan perilaku tubuh manusia (biomekanik) agar dapat  membangun dan mempelajari robot humanoid.

Kognisi manusia  adalah bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia  belajar melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi dan motorik. Pengetahuan ini digunakan  untuk mengembangkan model komputasi dari perilaku manusia dan  hal ini telah berkembang terus sepanjang waktu. Selanjutnya, robot humanoid mulai banyak dipakai untuk membantu pekerjaan manusia sehari-hari.

Tapi, semakin kesini.. sudah banyak robot humanoid yang diciptakan dengan tujuan penghibur di cafe, asisten pribadi, atlet olahraga, dll.

Nyonya Kim mencoba mengembangkan humanoid. Jika sebelumnya robot humanoid hanya beberapa bagian tubuhnya saja yang benar benar terlihat mirip seperti manusia, nyonya Kim mencoba menciptakan robot humanoid yang keseluruhan tubuhnya nampak seperti manusia. Bahkan nyonya Kim berencana membuat robot humanoid ciptaannya bisa merasakan emosi layaknya manusia pada umumnya.

Suatu hari, nyonya Kim mengikuti pameran robot. Ada banyak robot ciptaan para ilmuwan dan mahasiswa dari universitas terkemuka di pamerkan disana. Masing masing robot ciptaan mereka memiliki kemampuan dan fungsi yang beragam. Ada beberapa agen pemerintah yang ikut hadir melihat pameran disana.

Setelah beberapa robot humanoid tampil menunjukkan kemampuan nya, akhirnya tiba saatnya nyonya Kim memamerkan robot humanoid ciptaannya. Robot humanoid nya bernama Android SF-l1. Android SF-l1 memiliki kemampuan berbicara seperti humanoid yang lainnya, meskipun cara berbicara nya masih terbata bata karna belum sempurna. Android SF-l1 mempunyai kemampuan beladiri yang luar biasa, selain itu Android SF-l1 juga mampu menguasai berbagai jenis senjata. Android SF-l1 juga dapat melakukan kegiatan seperti manusia pada umumnya. Android SF-l1 memiliki bentuk tubuh yang sama persis seperti manusia, mengenakan pakaian ketat serba hitam, jubah hitam yang menutupi tubuhnya dan dua buah senjata yang terpapang jelas di sisi kanan kiri kaki bagian pahanya. Pakaiannya terlihat hampir mirip dengan seorang sniper yang siap beraksi. Android SF-l1 mengenakan sepatu kets hitam dengan garis putih.

My android [Kookv/Ggukv]Where stories live. Discover now