Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
****
Insecure adalah perasaan tidak aman, tidak tenang, gelisah, dan takut akan sesuatu kondisi. Perasaan ini bisa hadir karena banyak hal, misalnya karena merasa bersalah, malu, merasa banyak memiliki kekurangan dan tidak mampu.
Kata Rintik Sedu; insecure adalah hak semua orang.
Benar, insecure itu hak semua orang. Gak ada larangan, tapi jangan berlebihan. Semua harus sesuai porsi, jangan terlalu lebih dan jangan terlalu kurang. Sewajarnya saja.
Jadi gini, insecure secara berlebihan itu gak baik. Kenapa? Karena kamu akan menganggap diri kamu sendiri tidak berguna, benar?
"Tapi kak dia lebih segala-galanya dari aku."
Kalau dia lebih segala-galanya emang kenapa? Kamu mau menandinginya? Baiklah, baca ini baik-baik; kamu punya kelebihan yang 'mungkin' tidak orang lain miliki. Begitupun aku, dia dan semua manusia di planet ini mempunyai kelebihan yang setiap orangnya tidak sama.
Wajar kok semua manusia itu pernah merasa tidak percaya diri, merasa dirinya tidak berguna, merasa tidak pantas untuk hal apapun, merasa orang paling sedih sedunia, merasa tidak berhak bahagia dan masih banyak judge untuk diri sendiri. Benar kan?
Kalau kamu sedang bersedih silahkan nangis, kalau kamu sedang bahagia silahkan tertawa. Jangan terbalik, kalau sedih malah tertawa dan kalau bahagia malah bersedih. Tempatkan semua hal itu pada posisinya masing-masing, jangan ditukar-tukar.
Kamu pantas bahagia kok, begitupun aku dan semua manusia di bumi ini. Memang tidak semua hari yang kita jalani akan selalu berisi tawa, sesekali Tuhan menyelipkan tangis agar kamu tidak lupa bahwa hidup itu adil.
Menangis saja kalau perlu, entah menangis meraung-raung atau menangis secara diam-diam di tengah malam. Silahkan, aku gak punya hak untuk melarang. Tapi ingat, setelah itu---setelah semua beban yang menumpuk di dalam hati dan kepala kamu itu diluapkan dengan cara menangis, kamu harus janji untuk diri kamu sendiri. Bahwa esok kamu harus menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Okay?
Ingat; Gapapa sedih, tapi jangan lama-lama.
Entah hari ini, esok, lusa atau bahkan entah kapan---kamu akan berguna untuk semesta, untuk orang lain dan untuk diri kamu sendiri.
Banyak-banyak bersyukur ya? Begitupun aku.
Salam hangat dari aku, ingat; kamu penting.
****
Haii, maaf lama gak update. Maaf juga kalo pendek atau ada beberapa kata yang salah atau bahkan menyinggung. Terimakasih banyak telah menyempatkan membaca cerita ini, semoga hal baik selalu ada untuk kita🧡
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.