"ebusettㅡkomuk lo kusut bener sih, rin."
arina menoleh sejenak pada giselㅡlalu kembali menekuni laptopnya yang dari tadi dibiarkan menyala. tepatnya sudah hampir sehari semalaman bekerja rodi. kalau laptopnya punya mulut udah ngomel minta pensiun tuh kayaknya.
"sel, coba deh lo liatㅡ"
"apaan ?"
"gue baru selese bikin sampleㅡ" ucap arina sambil mengarahkan laptop ke gisel yang duduk di sebelahnya. "ㅡmenurut lo yang mana yang paling oke ?"
gisel yang memang baru bangun mengucek kedua mata sipitnya sekilasㅡsebelum menggunakan kaca matanya. arina di sebelahnya menatap ekspresi gisel sambil menggigiti bibir bawahnya.
"ini semuanya sample ?" tanya gisel. arina mengangguk, "dari semua footage gue belum dapet yang sreg untuk masuk screentime. pusing gue."
gisel terdiam sejenak, membuat arina menjadi agak khawatir kalau 3 versi intro buatannya itu nggak ada satupun yang setidaknya layak untuk nantinya diperlihatkan ke nino. padahal janjinya, hari ini dia harus presentasi hasil.
"sel, jelek ya ?" tanya arina dengan nada insecure yang dengan jelas dapat ditengkap gisel. membuat gisel cepat-cepat menggeleng.
"ha ? jelek mananya ?" ucap gisel. "jadi ini yang bikin elo begadang semaleman ?"
arina mengangguk. "vlognya mulai tayang minggu depan. jadi kalo salah satu dari ini acc hari ini, besok bisa mulai bikin teaser sama intro. jadi gue cuma punya empat hari buat kumpulin footage, abis itu editingㅡ"
gisel menggaruk kepalanya, "ribet juga ya kerjaan lo."
arina sontak merengek. sejak awal dia memangtahu pekerjaannya memang banyak, manalagi dia sendirian yang jadi kameramen dan bagian edit. tapi dia nggak nyangka kalau kerjaannya ini bakal seribet dan bener-bener nguras otak. ini semua karena idenya yang terlalu muluk-muluk pengen bikin konsep vlog nino jadi vlog yang nggak kayak vlog artis biasanya. eh, giliran pas dieksekusi idenyaㅡmalah nggak semulus rencananya.
"etapikan worth it sama bayarannya, rin..." ucap gisel berniat menghibur. walau adanya arina malah pingin merengek lebih kenceng. mungkin efek kurang tidur juga sih arina jadi makin sensitif.
"udah bagus serius....menurut gue sih, tiga-tiganya malah bisa kepake.." komentar gisel. "nih yang intro yang ini nih....yang item putih ini menurut gue cocok banget buat ngasih image kalo di vlognya tuh ntar bakal memperlihatkan sudut pandang berbeda dari nino yang biasanya dilihat publik...."
arina mengangguk cepat, mengiyakan ucapan gisel. "nah itu tuh maksud gueㅡ"
"kalo yang colorful ini ada stiker-stikernya ini kayak menceritakan nino yang suka art gitu gak sih maksudnya ? trus yang terakhir itu....yang kameranya close up dari depan...itu maksudnya seakan yang nonton kayak lagi ngobrol sama nino gitu kan ?"
arina mengangguk sekali lagi, "sel, lo nggak pingin partner-an sama gue gitu ? ntar kita bagi hasilㅡ"
gisel yang awalnya masih nonton replay sample buatan arina langsung melotot, "O GAH."
arina mendengus. sebenarnya salah satu kekhawatirannya buat mempresentasikan sample buatannya itu karena dia nggak pandai menjelaskan. terakhir kali jelasin ke nino aja belibet banget. arina masih inget gimana komuk nino yang bingung waktu itu. jangankan nino, arina sendiri juga sebenernya nggak yakin sama penjelasannya waktu itu.
makanya, pas gisel tadi bisa nebak konsep yang dimaksud arina itu bikin semangatnya naik lagi. walau ujung-ujungnya gisel gamau diajak partner-an.
"kepala gue cuma satu ya. udah dipakai buat skripsian bye." ucap gisel. "lagian ini udah oke. lo tinggal lanjut ke apa tadi lo bilang ? bikin teaser ? udah kayak mv kpop aja dah perasaan pake teaser segalaㅡ"
arina mendengus kecil, "gue tuh.......bingung jelasinnya."
"lah napa bingung ? kan elo sendiri yang bikin ?" ucapan gisel bikin arina cukup tersindir. memang seharusnya arina nggak perlu bingung, toh konsep yang nyusun dia. yang eksekusi juga dia. nino tuh istilahnya cuma terima beres. seperti apa kata bang simon dan manajemen. tapi entah kenapa arina ngerasa ada yang aneh dengan pemikiran itu.
"udah gausah dibawa mikir yang gimana-gimana. nih kata dospem gue aja, kalo draft bimbingan dicoret-coret yaudah direvisi. besok balik lagi. kalo kurang ya ditambah, kalo salah ya diperbaiki." ucap gisel. membuat arina tiba-tiba pengen ketawa.
"oh gitu ya, sel. jadi revisian udah sampe mana ?" ucap arina dengan nada setengah menyindir.
kini giliran gisel yang mendengus sebal, "lah anjir, jadi inget kan besok gue harus bimbingan."
—-
nino yang baru aja selesai siaran, meneguk sebotol mineral sambil setengah rebahan di sofa ruang staff internal. sebenernya selama siaran dia nggak terlalu banyak ngomong sihㅡkarena kebetulan hari ini guest starnya udah cukup cerewet. jadi nino nggak perlu terlalu memforsir suaranya. tapi dari semalem emang tenggorokannya udah agak serak, kayaknya mau flu. gimana nggak drop coba badannya, kalau tiap hari pulang jam 2 malem. jam lima harus udah berangkat buat siaran pagi.
"no, kang nanang nanya elo kapan bisa meeting buat camp to the west ? biar disesuaikan jadwalnya panji sama oman." ucap simon. "elo sih minggu ini free besok siang sampe sore.....sama lusa.." ucap simon. "tapi lusa, sore ada acaranya ulang tahunnya hansen. bunda lo minta lo dateng."
nino mengernyit yang mana sudah diduga simon.
"hansen ponakan lo dari sepupu adiknya ayah lo.." jelas simon. tapi yang ada justru bikin nino makin nggak inget. karena memang sebegitu banyaknya saudara sepupu. dari keluarga kedua orang tuanya. jauh berbeda dengan dirinya yang merupakan anak tunggal. selain juga karena nino nggak bener-bener hafal siapa aja nama sepupunya, karena palingan juga ketemu kalau lebaran itupun dateng kayak formalitas aja.
"yaudah lusa aja meetingnya." ucap nino. simon hanya mengangguk. nggak ada gunanya juga sebenernya ngasih tahu kalau lusa ada acara keluarga. toh nino pasti memilih untuk sebisa mungkin menghindar.
"oh iya, elo udah cek sample vlog ?" tanya simon. "manajemen udah oke sih."
nino mengernyit. "sample apa ?"
"udah gue forward kan tadi pagi video dari arina ?"
nino terdiam sejenak. dia memang belum cek whatsapp dari simon karena dia pikir itu video perform acara jamming kemarin malam. tapi sebenarnya bukan itu yang bikin nino agak gimana gitu. kalau itu dari arina kenapa nggak langsung kiri, ke dia ? bukannya katanya ini vlognya nino ? dan bukannya katanya itu cewek mau nerima apapun kritik nino ?
kenapa malah dikirim ke simon duluan ? cih, bahkan manajemenㅡ
"manajemen minta minggu depan udah mulai tayang, jadi beberapa hari ke depan kayaknya mulaiㅡ"
"arina mana ?" tanya nino tiba-tiba. simon mengerjapkan mata sejenak, agaknya nggak menyangka pertanyaan itu yang keluar dari nino. soalnya kan mereka bahas vlog bukan arina-nya.
"ya...di rumahnya..." jawab simon santai. di luar dugaan raut wajah nino malah berubah nggak enak. cepat-cepat simon menjelaskan, "sengaja pagi ini nggak gue suruh ikut, soalnya semaleman dia masih ngerjain sample. atau mau gue minta dia dateng siang iniㅡ"
"gausah. jadwal gue udah selesai kan hari ini ?"
simon mengangguk sejenak sampe dia teringat malam ini nino diundang launching koleksi terbaru brand parfume lab_gem. memang bukan masuk kerjaan karena mengingat pemiliknya adalah salah satu teman dekat nino sendiri.
"ntar malem ada acaranya si abin, lab_gem launchingㅡ"
"gausah. acara malem dia nggak ikut kan ?"
dua kali bilang gausah, bikin simon akhirnya nggak nawarin lagi. daripada makin badmood mendingan simon diem aja.
19 mei 2021
terakhir up hampir setahun yang lalu ternyata.