Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Menulis Cerita Fiksi
Guys, kalian semua pasti udah gak asing lagi sama yang namanya cerita fiksi.
Dari pengertiannya aja kita udah tau kalo fiksi itu adalah cerita atau latar yang berasal dari imajinasi, dengan kata lain tidak secara ketat berdasarkan sejarah atau fakta.'Apa aja genre yang ada dalam cerita fiksi?'
Genre yang ada dalam cerita fiksi itu meliputi:
• Romance
• Komedi
• Sci-fict atau Science fiction
• Fantasi
• Horor
• Misteri
• PetualanganLangkah-langkah dalam menulis cerita fiksi:
1. Mencari ide
Kita bisa mendapatkan ide dari mana saja seperti dari pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain, dari buku, film, lagu, bacaan novel, dongeng, dll.
2. Karakter Unforgattable
Karakter Unforgattable adalah karakter yang tidak akan terlupakan oleh pembaca.
Cara membuat karakter unforgettable :
- Buatlah biodata karakter secara lengkap dari nama, tanggal lahir, zodiak, golongan darah, bentuk wajah, bentuk tubuh, warna kesukaan, dll.
- Buatlah daftar motivasi atau cita-cita dari masing-masing karakter.
- Buat peta karakter atau deskripsikan karakter semanusiawi mungkin.3. Setting
Setting adalah tempat di mana cerita terjadi. Setting memegang peranan penting dalam sebuah cerita. Setting bisa diambil dari lingkungan sekitar kita, tempat-tempat yang pernah kita kunjungi atau tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi tapi bisa kita dapatkan referensinya secara tepat dan lengkap.
4. Plot
Plot adalah kronologis/urutan adegan atau kejadian yang dialami oleh para tokoh di dalam sebuah karya fiksi, dimulai dari awal, serangkaian konflik dan akhir yang merupakan penyelesaian atas konflik yang dihadapi si tokoh utama
5. Dialog
Gunakan dialog dengan efektif dan cerdas. Hindari penggunaan dialog yang remeh temeh dan bertele-tele, untuk menghindari kejenuhan pembaca.
6. Sinopsis
Sinopsis adalah ringkasan cerita dari awal, pertengahan cerita (konflik) dan akhir cerita.
7. Membuat Outline
Outline atau kerangka karangan adalah ide pokok tiap paragraf atau bab, yang disusun secara urut dari awal hingga akhir. Dari ide-ide pokok tersebut, nantinya penulis tinggal mengembangkan ide pokok ini saja pada tahap penulisan.
Sekian motivasi hari ini, semoga bermanfaat .
Wasalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
KAMU SEDANG MEMBACA
Motivasi dan Inspirasi Kompeni
Non-FictionBerisi motivasi dan inspirasi Kepenulisan dari grup chat KOMPENI.