5. Cerita Biar Nggak Ngebosenin

18 4 0
                                    

1. Telling Story

Yup, kamu harus mempunyai kemampuan merangkai kalimat agar cerita menarik dan nggak ngebosenin. Kemampuan ini tiap pribadi berbeda-beda. So, pasti ada yang tanya, "Gimana sih caranya menuangkan kata-kata? Padahal di kepala sudah ada bayangan bakal begini habis itu begini, tapi kok susah ya?"

Jawabannya adalah kamu kurang baca! "Tapi kak, aku udah baca tapi masih aja nggak bisa ngerangkai kata-kata. Gimana nih?"

Gini, kamu sudah baca tapi masih nggak bisa ngerangkai kata-kata? Masalahnya kamu baca aja tanpa ada pengamatan dan nggak sesuai sama yang kamu tulis. Misal nih, kamu sekarang nulis fiksi remaja, nah kamu juga harus banyak baca cerita yang bergenre sama. Dan jangan lupakan pas kamu baca itu amati kata-katanya. Pasti deh kamu ditengah jalan nemu. "Wah ini nih yang mau aku tulis." Nah pasti kamu nggak akan kesulitan lagi.

2. Alur

Pastikan alur kamu nggak itu-itu aja. Maksudnya kak? Misal nih kamu punya dua tokoh utama. Di cerita kamu usahakan jangan ngebahas dua tokoh ini aja pasti pembaca bakal bosen. Masukkan lah cerita sampingan, biar nggak itu-itu aja.

Contoh nih tokoh utama cerita kamu cewek cowok nih, buat aja si cewek punya sahabat tapi sahabatnya suka sama si cowok tokoh utama gitu.

3. Kasih Unsur Komedi

Walaupun susah usahkan kasih sedikit komedi biar nggak garing. Misal, bisa kamu buat adegan sekumpulan sahabat yang lagi bercanda ria dan jangan lupa kasih unsur lelucon. Pasti kalian pernah kan bercanda bareng teman-teman, nah ini bisa kamu masukin ke ceritamu.

4. Quotes

Quotes ini bisa membuat cerita kamu nggak datar-datar amat. Bisa juga buat promosi loh, bisa jadi kan quotes kamu diambil orang nah otomatis ada kan nama Wattpadmu dan bisa saja orang lain kecantol sama ceritamu setelah lihat quite yang kamu buat. Tapi nih tapi, masukkanlah quotes pada tempatnya. Misal pas tokoh yang kamu bikin sedih terus si sahabat kasih saran berupa quotes.

5. Putusin BAB Pas Lagi Greget

Ini nih yang nggak boleh ketinggalan. Putusin BAB pas lagi greget-gregetnya. Otomotis Pembaca kamu bakal penasaran dan nggak bakal kabur.

Motivasi dan Inspirasi KompeniTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang