3. Motivasi Menulis

40 4 0
                                    

Sebelum nya, assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat malam semuanya!
Salam sejahtera buat kita semua ya.
Semoga semuanya sehat sehat disana

Aamiin

Bismilahirrahmanirrahim🤗

Singkat nya, motivasi itu sebuah bentuk proses dari dorongan baik dalam diri maupun luar diri seorang insan untuk mencapau tujuan tertentu.

Motivasi dibagi menjadi 2 yaitu internal dan eksternal.

-) Internal udah pasti dari dalam diri dong ya. Faktor pendukung motivasi internal adalah, tujuan, keinginan, harapan, dan citacita setiap insan dalam meraih atau mewujudkan sesuatu.

-) Sementara faktor pendukung motivasi eksternal adalah, faktor yang memicu diri setiap insan yang asal nya dari orang sekeliling nya, lingkungan nya, atau mungkin sesuatu yang baru diliat nya/dialaminya.

Jadi intinya adalah, kalo internal itu diri kita sendiri yang tentuin. Kenapa sih saya harus kayak gini? Kenapa sih saya harus kaya gitu? Kenapa sih saya jadi kayak gini?

Nah kalo eksternal itu biasa nya dari kritikan orang, atau dari sesuatu yang kita liat. Misal, ada orang yang bisa sukses ngeraih impiannya, pasti muncul dorongan ke kita kayak, saya harus bisa! Dia bisa, masa saya engga? Dia sanggup masa saya nyerah?

Apa aja sih bentuk motivasi yang kalian tau? Atau yang kalian pernah dapetin selama bergabung di dunia kepenulisan?

Pertama, jadilah diri kalian sendiri.
Maksudnya apa? Maksudnya adalah, kalian harus bangga sama karya kalian. Walaupun orang bilang, jelek, berantakan ,gak pantes dibaca. It's okay. Kalian gak perlu down. Ingat tujuan kalian menulis itu untuk apa? Untuk orang lain kah? Atau untuk diri kalian sendiri? Cintai diri kalian sendiri kalau kalian ingin dicintai orang lain. Itu prinsipnya.

Kedua, bertanggung jawab.
Tapi kan aku gak hamilin anak orang kak!
Aku gak bikin rumah orang kebakaran!
Hey! Tanggung jawab disini adalah, gimana cara kalian mempertahankan karya yang udah kalian mulai. Inget, berani memulai, berani menerima resiko, dan berani mengakhiri.

Jangan baru bikin satu karya, baru sampe dipertengahan, eh udahan. Bikin baru yang lama diapus atau dilupain. Jangan ya. Jangan ikutin aku yang suka begitu.

Ketiga, tanpa nanti.
Lah, maksudnya apaan?
Maksudnya adalah, saat kalian mendapatkan ide untuk menulis. Saat kalian menemukan sebuah kalimat untuk karya kalian, langsung tuangin itu karya nya gapake nanti nanti. Kalian bisa langsung ketik di note/laptop/tulis tangan di buku catatan.

Ingat, sesuatu yang di engke-engke, lama kelamaan bakalan jadi bangke.

Keempat, bergabung lah dengan suatu komunitas. Entah itu komunitas dalam bentuk kontak fisik atau komunitas online. Kayak disini ini contohnya. Kenapa kita ubah gc jadi komunitas? Karna kita pengen lebih deket. Lebih banyak manfaatnya. Jadi kuota nya gak siasia cuma buat ngirim sticker/gambar yang gak bermutu.

Inget, kebersamaan itu lebih baik daripada kesendirian. Karna kalo sendiri itu sepi, dan bersama itu ramai.

Kelima, WAJIB BANGET PROMOSI!
Tu ada wa, ada fb, ada ig, dll. Kenapa kagak dimanfaatin? Jangan cuma promosi quotes galau, promosi bias yang gak pernah bisa dimilikin, apalagi promosi doi lagi bucin bucin nya sama kalian. Jangan ya, jangan.

Inget, sesuatu yang kita promosikan itu bakalan lebih cepet laku daripada yang cuma kita pendem buat diri sendiri.

Keenam, nulisnya dari hati ya gais.
Jangan cuma hati nya dipake buat naro doi. Buat disakitin orang. Buat julid sama orang. Dengki sama orang. Jangan ya.
Kalo kalian mau cerita kalian bagus alurnya, cantik diliat nya, enak dibaca nya. Pake perasaan nya ya! Jangan cuma sama doi kalian baper. Jangan cuma sama temen kalian baper. Jangan cuma sama cibiran orang kalian baper. Jangan ya.

Inget, sesuatu yang asal nya dari hati, pasti jauh lebih baik daripada sesuatu yang hanya mengutamakan logika.

Ketujuh, tentuin topik dan konflik.
Sebelum tentuin judul, kalian wajib banget yang namanya tentuin topik dan konflik. Biar apa? Biar ceritanya gak monoton! Biar cerita nya gak ngebosenin. Kayak idup aja. Pasti ada masalah nya. Gak ada yang nama nya idup muluusss kaya body nya miyabi. Jalan tol aja ada kerikil nya.

Kedelapan, perbanyak referensi.
Kalian bisa ambil referensi nya dari karya orang lain, musik, atau bisa juga dari sebuah film. Tapi inget, JANGAN PLAGIAT! Terinspirasi dengan menyalin itu beda jauh ya. Jauh banget!

Kesembilan, create a deadline.

Tau kan deadline? Itu loh, batasan waktu. Kalian harus punya deadline dalam setiap pembuatan karya. Biar apa? Biar terjadwal! Biar kalian punya target kapan cerita itu harus publish, kapan cerita itu harus complete, kapan cerita itu harus direvisi dan kapan cerita itu harus tembus dunia penerbitan.

Kesepuluh, ini yang terakhir dan paling penting banget nih!

Istirahat dan refreshing!
Kenapa kalian harus istirahat dari menulis? Karna kesehatan kalian juga perlu dijaga. Galucu kan kalo kalian terlalu semangat nulis, terus udah tinggal satu part lagi, eh amitamit kalian masuk rumah sakit karna kesehatan kalian drop. Kan kasian pembaca setia kalian yang menanti nanti ending nya.

Kenapa harus refreshing?
Selain istirahat, kalian juga harus yang namanya refreshing. Biar apa? Biar kalian dapetin pencerahan gitu. Apalagi kalo liat yang ijo ijo, liat yang biru biru. Kan seger gitu diliat mata. Iya gak?

Jadi, intinya. Jangan pernah nyerah sama apa yang kalian mulai.

Berani memulai, berani menerima resiko, dan berani mengakhiri.

Semangat terus buat kalian para penulis! Jangan pernah nyerah buat raih impian kalian dari karya tulis!

Karna kata Imam Al-Ghazali, kalo kalian bukan anak Raja, bukan anak Ulama, maka jadilah seorang penulis.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Motivasi dan Inspirasi KompeniTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang