The Musangmen

35 10 11
                                    

Jauh sebelum Pak Wantod duduk di kursi guru juhep yang lama terus gedubrak, kelas juhep baru aja nemuin kalo ternyata Pak Wantod melihara musang di rumahnya. 

Nah, waktu Pak Wantod masuk ke kelas dan basa-basi sebentar sebelum mulai pelajaran, Rendi mantan ketkel yang caper (ehhek) ngangkat tangan terus langsung nanya, "Pak gimana kabar musangnya Pak?"

Hah? Gua ngelongong. Pak Wantod diem sebentar, terus ngerespon. "Alhamdulillah, sehat-sehat aja. Tau aja kamu..,"

Gw pikir Pak Wantod langsung ngalihin ke mata pelajaran, nyata-nyatanya Pak Wantod malah ngomong terus soal perawatan musangnya, kandangnya, makanannya, kebiasaannya. Sementara itu si Rendi terus-terusan mancing Pak Wantod supaya storytelling tentang musang piaraannya. Kata Pak Wantod, musangnya itu udah dibawa kemana-mana, diajak jalan-jalan naik sepeda, naik motor, naik mobil naik helikopter.

"Musangnya jenis apa Pak?" tanya Rendi lagi. 

"Woo, banyak ada macem-macem," jawab Pak Wantod. "Musang saya itu galak sama orang gak dikenal, tapi kalo sama saya manut."

Pertama-tama gua jengkel karena Rendi nanya-nanya terus soal musang, tapi lama-lama gua paham. Rendi sengaja ngalihin perhatian Pak Wantod ke musang peliharaannya, jadi pelajaran emtekanya ketunda. Terus terang gua agak seneng juga, soalnya gua lagi rada males belajar. Apalagi belajar emteka, hhhh

Sekelas mulai kasak-kusuk pas Rendi kehabisan pertanyaan soal musang. 

"Musangnya bawa ke sekolah dong Pak!" Yang lain berusaha nambah-nambahin.

"Ya, dulu saya pernah bawa seekor ke sekolah. Tapi ada murid yang gak seneng, jadinya saya gak pernah bawa lagi ke sekolah," jawab Pak Wantod.

Tiba-tiba Herman nyeletuk, "Pak, belajar emtekanya gimana Pak?"

Woalah bangke, gua ngegigit bibir sambil melotot ke arah Herman. Dia mah enteng, udah pernah olimpiade matematika. Lah gua masih ketuker teri sama toge. Untungnya Pak Wantod rada kelelep dalam "pembicaraan musang", jadi setelah beberapa bumbu-bumbu Pak Wantod berhasil dialihkan lagi.

Gak gua sangka jam pelajaran emteka yang sesi pertama bener-bener abis dipake buat ngobrolin musang. Pas jam istirahat, Pak Wantod keluar dengan santuynya. Anak-anak juhep langsung berunding.

"Woy, bikin daftar pertanyaan lagi woi."

"Bikin yang rada berbobot supaya jawabannya panjang lebar."

"Tulisin ini woe satu-satu daftar pertanyaannya."

Sesobek kertas diambil, dioperin satu sama lain, terus ditulisin pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan sama musang. Rencananya nanti Jotaro yang ngajuin semua pertanyaan di kertas itu. Kalo kuis musang udah selesai dan jampel emteka masih ada sisa, udah jadi kayak semacam komando gak tertulis supaya yang lain ikut nambahin pertanyaan sebanyak mungkin.

Istirahat selesai, murid-murid kembali lagi ke kelas. Anak-anak juhep duduk di bangku masing-masing sambil ngasih instruksi satu sama lain, "nanti lu begini, kalo udah abis pertanyaannya lu nanya begitu, abis itu begini, abis itu begitu"

Pak Wantod masuk kelas, terus nanya "udah siap belajarnya anak-anak?"

"Pak!" Langsung Jotaro ngangkat tangan. "Iya, kenapa?" jawab Pak Wantod.

"Musangnya Bapak, namanya siapa Pak?" Jotaro ngerapal pertanyaan pembuka.

"Ada yang Bapak kasih nama Pedro." Tanpa sungkan tanpa segan, Pak Wantod ngambil sebatang spidol terus nulisin setiap huruf abjad yang nyusun kata "PEDRO". 

"Kok namanya Pedro Pak?" Yang lain bercuit-cuit. "Biar gampang aja nyebutnya, P-E-D-R-O. Kan kalo orang lain ngasih nama peliharaannya susah-susah, ALEXANDRO atau apalah. Nah ini biar kedengeran elegan tapi simpel Bapak sebut aja Pedro."

Pertanyaan selanjutnya, "musangnya Bapak warnanya apa Pak?"

"Tergantung jenisnya," kata Pak Wantod sambil ngacung-ngacungin spidol ke udara. "Ada yang cokelat, ada juga yang krem." Pak Wantod meneruskan ke penjelasan tentang ciri-ciri fisik musang piaraannya.

Gua lupa pertanyaan apa lagi yang diajuin, pokoknya random banget tapi intinya masih berkisar soal musang. Gada angin gada hujan, Bagus atau siapalah nyeletuk. "Pak jangan lupa belajar emteka Pak."

Haish.. gada akhlak kali Einstein-Einstein ini, gw ngerutuk dalem hati. Yang lain juga pada ngelirik tajam, sambil ngancem pake isyarat tinju samar. Syukur-syukur Pak Wantod masih kepengen ngobrolin tentang musangnya, ya Lord. Kalo sampek Pak Wantod ngalihin ke emteka, mana jam pelajarannya masih lama, udah gw sabet pake mukena, mereka yang mancing-mancing supaya belajar emteka.

Akhirnya jam pelajaran emteka udah kesisa beberapa menit, Pak Wantod baru fokus ke tugas yang sebenernya. Pak Wantod cuma sempet ngasih teori singkat tentang angka-angka dan sejenisnya, habis itu pamit keluar ruangan. 


SAMPAH JUHEPTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang