WABAH LISTERIA

186 12 1
                                    

   Kementerian Pertanian melalui Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, baru-baru ini memusnahkan produk jamur enoki yang beredar di pasaran. Alasannya, karena jamur enoki diyakini menjadi penyebab mewabahnya penyakit listeria atau listeriosis. Pada Maret 2020 lalu, jamur enoki yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes telah menyebabkan 4 orang meninggal dan 30 orang dirawat secara intensif di rumah sakit.

   Listeria atau listeriosis adalah penyakit foodborne yang ditularkan melalui makanan yang telah terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

   Wabah listeria yang terjadi ini diyakini bersumber dari jamur enoki yang diproduksi oleh Sun Hong Foods dari Korea. Setelah terjadi wabah dan menewaskan 4 orang, pihak Sun Hong Foods pun langsung menarik semua jamur enoki yang beredar di pasaran. US Food and Drug Administration pun mengimbau masyarakat yang memiliki jamur enoki dengan merek Sun Hong Foods untuk tidak mengonsumsinya meski kondisinya segar. Jamur yang diimpor dari salah satu perusahaan asal Korea Selatan ini juga disebut dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) yang terjadi di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

Penyakit ini dapat menimbulkan gejala yang mirip seperti flu yaitu
- Demam
- Sakit kepala
-

Sakit punggung
- Menggigil
- Mual
- Muntah
- Diare
- Nyeri otot
- Kebingungan
- Kejang-kejang
- Dan beberapa gejala lain nya tergantung keparahan penyakitnya
Jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi berupa bakteremia dan meningitis.

   Gejala-gejala diatas bisa muncul dalam waktu beberapa jam atau 2-3 hari setelah mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri. Kondisi itu bisa berkembang semakin parah dalam waktu tiga hari hingga tiga bulan.

   Listeria tidak berbahaya bila menginfeksi orang dengan kekebalan tubuh yang baik, tetapi berisiko menimbulkan masalah terhadap:
- Wanita hamil dan bayi yang dikandungnya.
- Seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti:
Individu yang berusia 60 tahun ke atas.
- Penderita AIDS.
- Pasien yang sedang menjalani kemoterapi.
- Penderita diabetes atau penyakit ginjal.
- Individu yang sedang mengonsumsi obat penurun daya tahan tubuh, misalnya kortikosteroid, seperti penderita rheumatoid arthritis atau seseorang pasca menerima donor organ.

   Sebenarnya, tidak hanya jamur enoki yang bisa menyebabkan penyakit listeria. Bakteri penyebab penyakit ini dapat tersembunyi di banyak jenis makanan, seperti buah melon, daging, keju, dan kecambah.

Agar terhindar dari penyakit listeria apa saja yang bisa dilakukan menurut anjuran FDA:
- Hindari konsumsi susu yang belum dipasteurisasi.
- Masaklah jamur, kecambah, dan sayuran apapun dengan baik sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan bakteri.
- Segera simpan melon yang sudah dipotong di lemari es dan konsumsi tidak lebih dari 7 hari.
- Hindari konsumsi daging setelah matang atau mentah. Pastikan untuk memasaknya dengan baik sebelum dikonsumsi.
- Hindari konsumsi ikan asap yang tidak terjamin kebersihannya.
-Bersihkan isi kulkas, talenan, dan peralatan lain yang bisa mengkontaminasi makanan. Caranya bisa bersihkan dengan larutan kaporit pada air hangat. Setelah itu, keringkan dengan kain atau tisu bersih.
- Bersihkan segala macam noda dan kotoran yang ada di dalam kulkas.
- Cuci tangan dengan air hangat dan sabun setidaknya selama 20 detik, sebelum dan sesudah menangani makanan, atau setelah membersihkan peralatan seperti kulkas.
- Pada wanita hamil, orang tua, dan orang dengan imunitas lemah harus menghindari makanan tertentu, seperti susu dan keju yang tidak dipasteurisasi, kecambah mentah, ikan mentah, dan beberapa makanan mentah lainnya yang berisiko tinggi terkontaminasi L. monocytogenes.
- Untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang dari hewan ke manusia, jaga kebersihan alat-alat yang digunakan untuk memberi makan binatang peliharaan.

   Pengobatan listeria tergantung kepada tingkat keparahan gejala. Pada kebanyakan kasus, penderita listeria dengan gejala ringan tidak memerlukan pengobatan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun pada kasus infeksi yang menunjukkan gejala parah, dokter akan meresepkan antibiotik. Pada ibu hamil, pemberian antibiotik bisa mencegah bayi terkena infeksi. Bayi baru lahir yang terinfeksi listeria juga bisa diberikan antibiotik.

Jika kalian baru saja mengkonsumsi jamur enoki atau beberapa makanan yang admin sebutkan dan mengalami gejala sakit cepat kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Vote, coment, share, follow ya cantik 💖
Shareee sebanyak-banyaknya agar semua orang tau 😊

By: Tips Cantik Real
Pict by: Tips Cantik Real
Cover by: Tips Cantik Real
Diambil dari berbagai sumber dan direvisi 😊
Repost sertakan sumber
Follow akun kita yang lain ya 💖

Tips Cantik RealTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang