Sebenarnya apa yang dimaksud dengan bullying itu kak? Apa saja bentuk-bentuk bullying? Dimana tempat bullying bisa terjadi? Apa saja dampak-dampaknya???
Baik, Bullying adalah salah satu bentuk dari perilaku agresif dengan kekuatan dominan pada perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan mengganggu anak lain atau korban yang lebih lemah dari si pelaku. Victorian Departement of Education and Early Chilhood Development mendefinisikan bullying terjadi jika seseorang atau sekelompok orang mengganggu atau mengancam keselamatan dan kesehatan seseorang baik secara fisik maupun psokologis.
Bentuk-bentuk bullying ada beberapa yaitu bullying fisik, psikologis, dan verbal berikut contoh nya:
° Bullying fisik: memukul, mendorong, menjegal, meninju, menghancurkan barang orang lain, menjambak, mengancam secara fisik, memelototi, mencuri barang, dll.
° Bullying psikologis: menyebarkan gosip, mengancam, secara sengaja mengisolasi seseorang, mendorong orang lain untuk mengasingkan seseorang secara soial, menghancurkan reputasi seseorang, dll.
° Bullying verbal: menghina, menyindir, meneriaki dengan kasar, memanggil dengan julukan keluarga, menanggil dengan kecacatan fisik, dan ketidakmampuan (Ex: "Eh ada sih buntung lagi lewat").
Bullying bisa terjadi di tempat-tempat seperti berikut ini :
° Saat situasi di mana pengawasan yang kurang dari orang dewasa, seperti di kamar mandi sekolah, jalan masuk kelas, tempat bermain, jalanan sepi, gang, dll.
° Tempat yang biasanya tidak diawasi oleh guru atau orang dewasa, tempat yang juga sulit dideteksi karena sangat jarang dijamah oleh orang
Apa saja dampak bullying secara umum:
° Korban
- Munculnya berbagai masalah mental seperti depresi, gelisah, masalah tidur. Masalah ini mungkin akan terbawa hingga dewasa meski ia sudah memiliki kehidupan lebih baik dia akan merasa terancam.
- Menderita keluhan kesehatan fisik seperti sakit kepala, sakit perut dan ketegangan otot
- Penurunan semangat belajar dan prestasi akademik (rentan mengalami dampak buruk dikemudian hari, dan ingin membalas dendam pada saat dia dibully misalkan melakukan bullying juga)
- Memiliki masalah emosional yang menunjukkan kekerasan (contoh nya menjadi brandalan)
- Merasa memiliki harga diri yang rendah, lebih merasa tertekan, suka menyendiri, cemas, dan tidak aman. (Anti sosial,sulit diajak bicara,sulit beradaptasi,dll)
- Tidak suka terhadap sekolah, membolos, dan berujung drop out dari sekolah. (Enggan untuk sekolah karena bullying yang didapat)
Setelah mengenal dampak dari bullying, sekarang kita harus sadar betapa bahaya nya sebuah bullying.
Apa yang dapat kita lakukan untuk menghentikan pelaku Bullying pada teman atau pada kita sendiri?
1. Jika kamu diintimidasi/di Bully, kamu harus berbicara dengan seseorang yang kamu kenal dan percayai tentang pembully an yang kamu alami, mereka akan memberi kamu dukungan yang sangat dibutuhkan dan sering kali memiliki saran yang mungkin kamu butuh kan.
2. Berbicara secara baik-baik dengan pelaku bullying, jika kamu merasa tidak aman kamu bisa membawa serta teman atau kerabat dekat kamu untuk menemani beebicara dengan si pelaku bullying
3. Jika kamu di bully pada saat di sekolah, ide yang baik untuk mencari bantuan dari teman, untuk berbicara dengan guru atau penasihat agar melihat apakah mereka dapat membantu atau tidak.
4. Jika tindakan berdamai tidak bisa diindah kan lagi, maka kalian bisa menghubungi pihak-pihak tertentu untuk membahas maslah dari bullying yang kalian dapat kan seperti (komnas perlindungan anak, komnas HAM,dll)
STOP BULLYING
Vote,coment,share ya 💖
By: Tips Cantik Real
Cover by: Tips Cantik Real
Repost sertakan sumber
Follow akun kita yang lain yaa
KAMU SEDANG MEMBACA
Tips Cantik Real
Non-FictionShare tentang Kecantikan Fashion Kesehatan Tanya² bisa lewat grup WA, kolom komentar, inbox, message board. Ingin join grup? Bisa coment ya #1 tipskecantikan - 2 agustus 2019 #1 beuatytips - 2 agustus 2019 #1 tipscantik - 2 agustus 2019 #1 skin - 3...