Beberapa jam yang lalu, aku menemukan sebuah benda dari tumpukan buku yang tidak terpakai lagi. Sekilas tampak berbeda, menarik mataku untuk melihatnya. Lalu apa yang ku dapat? ternyata lipatan karton yang berisikan gambar peta benua Eropa.Lama ku telusuri gambar tersebut, tertera di sana tahun 2014, yang berarti sudah enam tahun silam tersimpan bersama tumpukan buku. Menua bersama, melewati ruang waktu, menunggu sang tuan membukanya kembali.
Betapa senang, aku menemukan karya terbaik bersama teman akrabku. Aku ingat gambar ini dibuat untuk memenuhi tugas pelajaran geografi yang diberikan oleh guruku semasa sekolah menengah pertama. Pikiranku menerawang, ada banyak kisah yang tersimpan dalam proses pembuatannya. Proses yang tidak mudah, berdebat untuk memutuskan untuk membuatnya, dalam dua hari lamanya. Namun diiringi senda gurau diantara kami berdua. Terasa menyenangkan, bila kuingat-ingat kenangan itu. Masih membekas, mewarnai bersama dari satu gambar ke gambar lainnya, menghapus garis-garis yang salah dan menggambarnya kembali. Sungguh nikmat yang luar biasa yang telah allah berikan kepadaku berupa ingatan yang tajam meskipun gambar ini telah usang.
Apakah kalian tahu? Salah satu organ yang dapat membantu mengingat hal tersebut adalah otak. Otak adalah organ terpenting di dalam tubuh manusia yang menjadikan manusia berbeda dengan makhluk lainnya. Dari otak juga sumber pengetahuan yang ada pada manusia dapat tertuang dengan baik. Maka dari itu salah satu agar otak dapat menciptakan hal-hal yang positif yang akan berdampak pada kehidupan nyata kita adalah dengan cara membaca. Bukankah alqur'an sudah jelas Allah terangkan di dalam surah Al-Alaq ayat 1-5 telah diperintahkan untuk "iqra" yang artinya bacalah.
Rabu, 15 Juli 2020
@catatansyukur
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Syukur
EspiritualTanpa tepi dan tanpa henti. Begitulah syukur setiap hari yang mesti kita terapkan dalam menjalani kehidupan dunia yang fana ini. Rasa syukur setiap detik, menit, jam, hari, minggu, bulan bahkan tahun atas nikmat yang telah diberikan allah swt. Nafas...