Inget vote dulu yaaa🌈
Gak henti-hentinya aku mau ngingetin jangan lupa senyum😊✨🦀🦀🦀🦀
Crab Mentality yaitu perasaan tidak suka atau iri saat ada orang lain memiliki pencapaian lebih baik.
Sebelumnya kalian pernah liat kepiting dalam sebuah ember? Ketika kepiting ditaruh di dalam sebuah ember, mereka tidak akan membiarkan temannya keluar. Setiap ada yang berusaha kabur, bakal ditarik ke dalam ember lagi.
Walaupun embernya tidak dalam, usaha kepiting bakal digagalkan oleh teman-temannya sendiri.'kalau aku gak punya, kamu juga gak boleh punya!'
Crab Mentality atau mental kepiting ini berasal dari merasa terlalu percaya diri atau merasa dirinya paling baik. Memiliki rasa percaya diri itu baik, yang jadi masalah nya kamu terlalu percaya diri dan terlalu merasa diri paling baik dan orang lain tidak sebaik dirimu.
Mental kepiting juga bisa berasal dari rasa insecure, kadang ketika melihat orang lain lebih baik dari kita, munculah rasa iri terhadap orang tersebut yang akhirnya mengakibatkan kita jadi nyinyir dan kesal.
Biasanya orang yang memiliki mental kepiting cenderung enggan melakukan kerjasama. Ketika berada dalam sebuah kelompok, mereka ingin bekerja sendiri dan tidak ingin memberikan bagian kepada orang lain.
Sebenernya mental kepiting ini merugikan diri kita sendiri, jika kita berusaha untuk terus menarik orang lain untuk menjadi selevel dengan kita, kita akan lelah sendiri. Karena pada dasarnya akan selalu ada orang lain yang lebih baik dari kita.
Kamu tidak perlu iri atau bahkan khawatir ketika orang lain berada pada titik sukses. Kamu pun bisa menjadi sukses, ketika kamu yakin. Mungkin waktu dan cara sukses nya aja yang berbeda.
Fokus saja dengan diri sendiri, kembangkan kemampuan yang ada dalam diri kamu.Ketika kamu memiliki sesuatu yang bisa kamu banggakan, kamu tidak akan lagi memiliki sifat insecure pada kesuksesan orang lain. Kamu harus sadar satu hal, kamu itu unik dan kamu itu berharga.
Saat kamu dikomentarin, ambil saja sisi positifnya. Dan ketika kamu terus menerus di nyinyirin itu bukan masalah kamu tapi masalah mereka.Satu hal yang perlu aku ingatkan, kenali diri kamu sendiri, cintai diri kamu sendiri. Perbanyak bersyukur bukan insecure!
Aku harap kalian banyak belajar dari kepiting yaa, jika kalian terus menerus iri terhadap orang lain itu gak bakal ada habisnya, yang ada malah nyiksa diri sendiri.
Be yourself 🌈