Hijrah itu perjuanganmu.
Perjuangan menahan keinginanmu untuk membuka aurat.Hijrah itu pengorbananmu.
Pengorbanan melepaskan dia yang tak halal bagimu.Ketika dirimu memutuskan untuk berhijab lebar, mereka bilang kau nampak lebih tua dan seperti ibu-ibu.
Ketika dirimu memutuskan untuk memakai gamis longgar, mereka bilang kau tampak gemuk dan tak lagi cantik.
Ketika dirimu memutuskan untuk memakai kaos kaki, mereka bilang kau tak modis seakan seperti orang sakit.
Ketika dirimu memakai niqob, mereka berkata lagi seakan kau adalah teroris yang membawa pemahaman radikalisme.
Ketika kau lebih betah dalam rumah, mereka bilang nanti susah dapat jodoh awas jadi perawan tua.
Ketika dirimu menolak berjabat tangan dengan lawan jenis, mereka bilang kau tidak memiliki sopan santun.
Ketika kau menghindari berkenalan dengan lawan jenis di tepi jalan, mereka bilang kau sok jual mahal.
Terus seperti itu ...
Tak ada habisnya mereka berkomentar, kau sedang berusaha taat sementara mereka hanya bisa memberikanmu tatapan sinis seolah kau tak pantas menjadi lebih baik.
Keluarga menentang, lingkungan tidak mendukung, teman-teman tak ada yang menguatkan.
"Ya Allah, kenapa berat sekali ujianmu?"
Pernah mengatakan seperti itukah pada Rabb-mu ukhty? Tak apa, kau pernah, aku pernah, kita semua sama-sama pernah mengeluh.
"Laa yukallifullahu nafsan illawus aha"
"Allah tidak akan membebani seseorang melainkan dengan kesanggupannya."
Allah memberi ujian kepadamu karena Allah tahu kau mampu menghadapinya.
Sabar dan shalat, itulah cara kita mengadu kepada-Nya
Yakinlah, bahwa kau akan istiqomah diatas sunnah walaupun pahit, biarpun itu sakit.
Ya, kau pasti mampu.
Jika ada seseorang mengatakan padamu, "Kau tak pantas untuk lebih baik!" Angkat mahkotamu ukhty jangan sampai jatuh. Cukup jawab dengan senyuman dan katakan padanya, "Kau tak pantas untuk menghakimi hijrahku."
Sri Yuniarti H.D
KAMU SEDANG MEMBACA
Perihal Rasa dalam Kata [SUDAH TERBIT]
PuisiTelah diterbitkan oleh Lintang Semesta Publisher Sebagian part di-unpublish untuk kepentingan penerbitan __________________________________ BLURB: Perihal kata yang disusun menjadi bait puisi, dari berbagai dilema perasaan yang dituangkan dalam wuju...