day twelve
give them the biggest
bear hug just becausesiang ini, changbin lagi nemenin naya belajar. mereka duduk di ruang keluarga lantai dua rumah naya yang tepat belakangin balkon.
ada mungkin sekitar tiga jam-an changbin gonta ganti saluran tv sambil sesekali ngeliatin naya yang belajarnya sampe banting-banting buku saking nggak pahamnya sama materi yang harus dia pelajarin buat pts besok pagi sampai berbelas-belas hari ke depan.
ngelihat naya yang kayaknya udah desperate banget, lama-lama changbin jadi nggak tega juga. gimanapun dia pernah ada di masa-masa itu. bahkan sampe sekarangpun masih. udah hafal bangetlah hectic-nya ujian walaupun cuma setingkat pts. apalagi ujian sekarang itu daring dan naya ada di tingkat akhir sma dimana cewek itu bahkan sama sekali belum sentuh ruang kelasnya sendiri sejak tahun ajaran baru. dahlah, tambah kasian changbin sama ceweknya.
"udahan dulu belajarnya, bab," pinta changbin sambil ngulurin susu kotak rasa cokelat yang udah gak dingin ke cewek itu.
naya noleh. terima pemberian changbin, terus gumamin makasih pelan banget sambil naik ke sofa setelah sebelumnya cuma lesehan di lantai ngadep meja yang penuh buku dan laptop.
"capek?" tanya changbin sambil ngelepas cepolan rambut naya yang udah nggak rapi terus dikucirin lagi biar lebih enak dilihat.
"hm, banget," jawab naya di sela nyedot susu kotaknya.
satu tangan changbin nepuk-nepuk tempat kosong di sebelahnya, ngode biar naya duduk di sana. "sini, bab."
naya dengan senang hati nurut. naikin kaki ke atas sofa, putar badan sembilan puluh derajat jadi hadap lurus ke changbin. terus geser badannya sampe mepet dan nyenderin pipinya di bahu yang lebih tua.
changbin buka tangannya. ngasih sebuah big bear hug buat naya yang lebih kerasa kayak big pig hug karena yang meluk changbin.
"kalo belajar tuh makanya jangan lo hajar langsung semua materi di satu hari gitu. nggak bakal masuk ke otak. yang ada lo malah pusing sendiri," nasehat changbin.
naya nggak ngangguk. cuma nggumam nggak jelas karena mukanya disembunyiin di dada changbin.
"lagian tumben banget sih belajar, biasanya ujian nggak ujian juga bodo amat."
"ish, gini-gini gue juga masih tau diri kali. kalo nggak belajar sekarang gimana gue mau lulus sma? belum ntar belajar buat sbm. kalo mau ikut snm kayaknya udah nggak ada harapan soalnya," sahut naya.
changbin sentil pelan dahi naya saking gemesnya denger ucapan cewek itu. "jangan hopeless dulu lah. kan belom dicoba, masa udah bilang nggak ada harapan."
"bukan hopeless gue tuh."
"terus apa?"
"realistis."
changbin decak sebel walau nggak lepasin pelukannya sama sekali. susah emang ngobrol sama orang yang udah hopeless sama hidupnya sendiri. dibilangin bukannya nurut, malah negatif thinking-nya dimajuin duluan.
"lo tau nggak sebesar apa kekuatan pikiran kita?" tanya changbin.
naya geleng-geleng. pertama, karena dia beneran nggak tau. kedua, karena dia males mikir.
"misal lo mikir lo hari ini bakal jatuh. lo seharian bakal mikirim itu terus dan ending-nya lo malah jatuh beneran. tau kenapa? karena pikiran lo cuma fokus ke jatuh terus, nay."
"coba sekali-kali kalo mikir, kalo ngomong itu yang baik-baik. yang positif. ya emang, nggak semuanya bakal terkabul sesuai keinginan kita. tapi seenggaknya kalopun kita harus kecewa, sebelum kita kecewa kita masih bisa tenang karena selalu berharap yang baik-baik."
"coba kalo dari awal kita udah mikir yang jelek-jelek. belum kejadian aja kita udah nggak tenang. pas hal jeleknya kejadian beneran, kita tetep kecewa juga. ruginya dobel, nay. nggak enak."
naya cemberut. "tapi kan gue panik gitu loh. ngerti nggak sih? kayak yang, gimana kalo gue nggak lulus? gimana kalo ternyata gue adalah orang paling bodoh di dunia? gimana kalo orang tua gue kecewa punya anak bodoh kayak gue? gimana kalo--"
"mikir lo kejauhan, nay," potong changbin bikin naya kicep.
"semua orang di dunia, gue, chan, orang tua kita, itu juga ngelewatin masa-masa kayak gini. tapi liat coba, mereka masih hidup. gue masih pacaran sama lo. jadi apa yang perlu ditakutin? nggak ada, naya."
"gue takut gagal," aku naya pelan. kepalanya nunduk dalam enggan balas tatapan changbin yang terarah ke dia.
"emang kenapa kalo lo gagal?"
"gue takut ngecewain orang-orang yang udah berharap banyak ke gue."
changbin hela nafas. terus ngelusin pucuk rambut naya. "gagal itu manusiawi. gue ngomong ini bukan buat nyemangatin lo, tapi emang gitu kenyataannya. gagal itu bagian dari kehidupan manusia. nggak bisa dihindarin."
"mungkin lo takut gagal karena lo belum pernah ngerasain itu. tapi nanti kalo lo udah ngerasain rasanya 'gagal' lo bakal tahu kalo gagal nggak semengerikan kelihatannya. apalagi kalo lo berhasil bangkit. lo akan semakin bangga sama diri lo sendiri."
"lagipula, banyak gagal itu bagus. lo jadi punya banyak pengalaman buat bangkit setelah jatuh. iya kan?"
"dan masalah kecewa itu. gue yakin sekecewa-kecewanya mama sama papa ke lo, mereka nggak bakal nyoret nama lo dari kk cuma karena lo gagal sekali."
naya tadinya udah mau senyum. cuma nggak jadi karena dia ngerasa ada yang janggal dari ucapan changbin barusan.
"maksut lo kalo gue gagal dua kali, nama gue bakal dicoret dari kk, gitu?"
changbin nyengir. "bisa jadi."
naya udah siap-siap angkat tangan buat mukul changbin tapi kalah cepet sama cowok itu yang langsung merangkap naya di pelukannya sampe naya bengek hampir nggak bisa nafas.
"don't worry about anything, babe. you're doing great today," bisik changbin tepat di telinga naya bikin cewek itu urung mau berontak lepasin diri dan malah senyum malu-malu sambil nyembunyiin pipinya yang tiba-tiba memanas.
karena sekesel-keselnya naya ke changbin, naya tetep bucin nomor satu cowok itu. jadi ya ... tetep aja lemah kalo digituin.
note ;
sebagai pelajar tingkat akhir yang bahkan belum pernah ngerasain rasanya duduk di ruang kelas 12, aku cuma bisa pasrah dan berpegang teguh sama pesan ayah, "usaha aja semampunya. hasil serahin ke Allah. kalo rejeki nggak bakal kemana. tetep khusnudzon sama apa yang kamu dapet, karena itu pasti yang terbaik buat kamu."
semangat ya kawan-kawan seperjuanganku!! juga buat yang masih sekolah dan kuliah!! mari jadi generasi pelajar daring yang berkualitas (meski tetap males-malesan).
KAMU SEDANG MEMBACA
sweet chaos. ✔
Fanficft seo changbin (on hold) naya sama changbin main 30 day relationship challenge = bencana. AU ; lowercase 2020, seobarbie.