Ciri Fisik Rasulullah

10 3 0
                                    

NABI Muhammad Shallallahu'alaihi wa sallam banyak disimpulkan dibanyak riwayat, salah satunya riwayat Ali bin Abu Thalib, bahwa Rasulullah orang yang berkulit putih, saking putihnya warna pipi nya kemerah-merahan, beliau memiliki alis yang tebal berwarna hitam, berbentuk seperti busur panah yang lebar, serta beliau memiliki mata yang besar, bulu matanya yang lebat, dan warna bola mata bagian putihnya berwarna putih bersih sedangkan warna hitamnya hitam pekat, sampai dikatakan para sahabat bisa bercermin di mata Rasulullah karena kejernihannya.

Nabi Muhammad juga memiliki hidung, bibir, pipi, dan dahi yang sepadan dengan wajahnya yang tidak oval dan juga tidak bulat. Rambut beliau berwarna hitam pekat dan berombak yang terkadang dipotong sampai dibawah telinga atau dibiarkan sampai sebahu. Beliau juga memiliki postur tubuh yang tinggi dan kokoh.

Tidak ada seorangpun yang bertemu dengan Rasulullah dan tidak merindukannya. Bahkan para musuh dari orang-orang kafir pun mengakui ketampanan Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam.

Para ulama mengatakan, jika Nabi Yusuf memiliki sepertiga kegagahan dunia maka Nabi Muhammad memiliki seluruh kegagahan dunia.

Jika digambarkan maka beliau adalah sosok laki-laki paling sempurna. Baik fisik, akhlak, ataupun jalur nasab nya.

Dalam riwayat Bukhari, Ubay bin Ka'ab berkata, "Suatu hari aku pernah jalan-jalan di Madinah, tanpa sengaja aku sudah berada di hadapan rumah Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam. Pada saat itu sedang terjadi bulan purnama, aku pun mengangkat mataku ke arah bulan tersebut.

Bulan purnama itu sangat terang, sangat indah, dan karena keindahannya aku pun tidak ingin mengalihkan pandangan mataku darinya.

Tiba-tiba saja di hadapanku, aku melihat Rasulullah keluar dari pintu rumahnya menggunakan jubah berwarna merah, rambutnya disisir kebelakang dengan rapi seperti sehabis mandi, dan dari rambutnya tersebut meneteskan sedikit air. Maka pada saat aku melihat Rasulullah, aku menemukan Rasulullah lebih indah daripada bulan itu."

------------

Makasih udah baca, jazakumullah khairan.

Muslim Harus TauTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang