Cerita 1 - Ali bin Abi Thalib

10 1 0
                                    

Ketika Rasulullah Membalas Keisengan Ali bin Abi Thalib

------------

DALAM menjalani kehidupan sehari-hari, Rasulullah tidak selalu berurusan dengan hal-hal serius. Banyak pula kejadian lucu yang dialami oleh Rasulullah.

Para sahabat Rasulullah punya sifat yang berbeda-beda. Ada Abu Bakar As Shiddiq yang terkenal tenang namun tegas, Umar bin Khattan yang sangat garang namun mudah tersentuh, dan ada juga Ali bin Abi Thalib yang cerdas namun suka iseng.

Rasulullah sendiri pernah menjadi korban kejahilan Ali. Tetapi, Rasulullah akhirnya berhasil membalas keisengan sahabat yang juga menantunya itu.

Suatu hari, Rasulullah berkumpul bersama para sahabat sambil memakan buah kurma. Saat itu, Ali duduk di samping Rasulullah. Sehingga, Ali sangat mengetahui bagaimana cara Rasulullah memakan kurma.

Setiap kali makan kurma, Rasulullah selalu menyisihkan bijinya. Biji kurma itu pun terkumpul di satu tempat. Ali tanpa sadar memakan banyak kurma. Saat sisi jahilnya muncul, Ali diam-diam meletakkan biji-biji kurma yang dimakannya menjadi satu dengan milik Rasulullah.

Ketika semua biji kurma selesai dipindahkan, Ali pun menggoda Rasulullah. "Wahai Nabi, tampaknya engkau begitu lapar sehingga makan kurma begitu banyak. Lihat biji kurma di tempatmu, menumpuk begitu banyak," kata Ali.

Rasulullah tidak kehilangan akal. Dengan santai, Rasulullah membalikkan ucapan Ali. "Ali, tampaknya kamulah yang sangat lapar. Sampai kamu makan berikut biji kurmanya. Lihatlah, tidak ada biji yang tersisa di depanmu," kata Rasulullah. Seketika jawaban Rasulullah tersebut membuat para sahabat tertawa.

Sumber: Kajian Sirah Nabawiyah - Ustadz Khalid Basalamah rahimahullah

------------

Makasih udah baca, jazakumullah khairan.

Muslim Harus TauTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang