Kisah Masuk Islamnya Seorang Nasrani Yang Melihat Dajjal
------------
TAMIM Ad-dari adalah salah satu pimpinan suku Ad-dari yang tinggal di Selatan Palestina. Sebelum masuk islam ia beragama nasrani.
Suatu waktu, Tamim Ad-dari dan teman-temannya hendak pergi ke suatu wilayah, mereka menaiki kapal yang ada di lautan negri syam.
Ditengah laut, kapal mereka dihantam oleh ombak yang begitu keras dan mereka semua jatuh pingsan. Saat mereka sadar, kapal itu sudah terdampar di sebuah pulau.
Disana mereka menemukan seekor hewan yang berbulu dan hewan tersebut bisa berbicara. Di dalam hadits disebutkan nama hewan itu adalah Al Jassasah.
Lalu hewan itu berbicara, "Datanglah ke tengah pulau ini karena ada seseorang yang ingin menemui kalian."
Maka Tamim bersama teman-temannya pun berjalan ke tengah pulau dan mereka menemukan seseorang yang sedang dibelenggu di dalam gua.
"Siapa disana?" tanya Tamim kepada orang tersebut. Lalu orang tersebut menjawab, "Jawablah dulu pertanyaanku, maka aku akan jelaskan siapa diriku."
"Baiklah, silahkan bertanya," jawab Tamim. "Apakah sungai di Palestina masih ada?"
"Ya, masih ada."
"Sebentar lagi sungai itu akan hilang." ucap orang tersebut. Kemudian orang tersebut bertanya lagi, "Darimana kalian?"
"Kami dari Jazirah Arab." jawab Tamim.
"Apakah kalian sudah mendengar bahwa di kota kalian keluar seorang nabi yang tidak bisa membaca dan menulis?"
"Iya," jawab Tamim. "Apa yang ia lakukan sekarang?" tanya orang tersebut.
"Kami mendengar bahwa ia sudah meninggalkan kotanya, Mekah. Dan menuju ke Madinah." ucap Tamim kepadanya. "Apakah ia sudah melakukannya?"
"Ya." jawab Tamim. "Apakah kalian sudah beriman kepadanya?"
"Belum" jawab Tamim.
Kemudian orang tersebut berkata, "Pulanglah dan berimanlah kepadanya sebelum aku keluar. Karena aku adalah dajjal dan aku akan keluar di akhir zaman nanti."
Setelah mendengar perkataan orang tersebut, Tamim Ad-dari beserta teman-temannya langsung kembali ke kapalnya. Mereka tidak melanjutkan perjalanannya tetapi mereka memutar arah untuk menuju Kota Madinah.
Begitu tiba di mesjid Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam, ternyata Rasulullah baru saja menceritakan tentang sosok dajjal kepada para sahabatnya.
Setelah duduk, Tamim langsung mengatakan kejadian yang ia alami bersama teman-temannya kepada Rasulullah.
Saat ia menceritakan tentang dajjal, Rasulullah berkata kepada salah satu sahabat, "Sebentar, kumpulkan muslimin." Setelah semua orang berkumpul, Rasulullah kembali bicara, "Dengarkanlah apa yang ingin dikatakan oleh orang ini," sambil melihat kearah Tamim. "Untuk membuktikan kebenaran riwayat yang telah aku sampaikan sebelumnya."
Kemudian berceritalah Tamim mengenai kejadian yang ia alami tentang sosok dajjal, ciri-ciri nya, dan akhirnya setelah bercerita Tamim pun masuk islam dan menjadi sahabat Rasulullah yang mulia.
Sumber: Kajian Sirah Nabawiyah - Ustadz Khalid Basalamah rahimahullah
------------
Makasih udah baca, jazakumullah khairan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Muslim Harus Tau
De TodoKumpulan Cerita Sejarah Sahabat/Sahabiyah Rasulullah Sumber: Kajian Sirah Nabawiyah