Utsman Bin Affan

2 3 0
                                    

Meraih Surga Dengan Harta

-----------

PERANG Tabuk adalah perang terakhir yang diikuti oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam sebelum beliau wafat. Perang ini adalah salah satu perang terberat bagi muslimin, selain karena lokasinya yang sangat jauh, pada saat itu juga sedang musim panas dan cuaca saat itu sangatlah terik.

Banyak diantara muslimin yang ingin ikut berjihad namun mereka tidak memiliki hewan tunggangan untuk kendaraan mereka dan mereka juga tidak memiliki harta yang bisa mereka bawa ke medan perang. Oleh karena itu mereka beramai-ramai mendatangi Rasulullah, memohon untuk mencarikan solusi bagi mereka.

Saat itulah Rasulullah memotivasi tiap muslim untuk mensedekahkan hartanya di Perang Tabuk ini. Maka para sahabat mulai berlomba-lomba membawa harta mereka ke hadapan Rasulullah, diantanya ada Abu Bakar, Umar bin Khattab, dan sahabat lainnya.

Karena biaya yang diperlukan masih kurang, Rasulullah pun terus memotivasi para sahabat untuk sedekah. Beliau naik diatas mimbarnya, dan berkata, "Siapa yang membiayai pasukan ini, maka baginya surga."

Utsman bin Affan langsung maju ke hadapan Rasulullah, lalu Utsman mengeluarkan 1000 dinar yang saat itu ada padanya, "Ya Rasulullah, ini 1000 dinar yang saya miliki, saya sedekahkan di jalan Allah." Perlu kita tahu, bahwa 1000 dinar jika dirupiahkan maka jumlahnya mencapai 2,1 Milyar. Dan tanpa ragu sedikitpun Utsman memberikannya kepada Rasulullah.

Rasulullah tersenyum dan berkata, "Sungguh tidak akan ada yang membahayakan Utsman setelah hari ini." Beliau mengucapkannya kalimat tersebut sebanyak dua kali.

Namun itu semua belum cukup untuk keperluan muslimin di Perang Tabuk. Utsman pun kembali ke rumahnya lalu datang dengan membawa 940 ekor kuda yang sudah siap beserta segala keperluan perangnya dan 60 ekor unta.

Rasulullah mengatakan, "Sungguh baik perilakumu Utsman, tapi kita masih membutuhkan banyak."

Setelah itu Utsman datang lagi ke hadapan Rasulullah, ia mengeluarkan 10.000 dinar miliknya. Semuanya dihamparkan di hadapan Rasulullah.

Rasulullah seakan-akan tidak percaya melihat harta sebanyak itu. Beliau berkata, "Semoga Allah mengampuni segala perbuatanmu, wahai Utsman. Dan apapun yang terjadi di hari kiamat, tidak akan ada yang membahayakanmu."

Abdurrahman bin Auf mengatakan, "Setelah Utsman mengeluarkan 10.000 dinarnya, Rasulullah memuji Utsman, dan beliau memberikan kesempatan kepada sahabat yang masih ingin berinfak."

Para sahabat saat itu sudah tidak ada lagi yang mengeluarkan hartanya, hanya tinggal Utsman bin Affan.

Dan ternyata tidak cukup sampai disana, Utsman pulang kerumahnya lalu kembali dengan membawa 700 ukiyah emas.

Maka jika dijumlahkan sedekahnya Utsman bin Affan di Perang Tabuk ini adalah, pertama, 1000 dinar yang setara dengan 2,1 milyar. Kemudian 940 ekor kuda, yang mana satu ekor kuda untuk berperang senilai 1M dikali 940. Lalu 60 ekor unta dikali per ekor 50 juta rupiah. 10.000 dinar setara dengan 21M. Dan terakhir, 700 ukiyah emas sama dengan 5,9M.

Ini adalah kisah Utsman bin Affan radhiallahu'anhu yang tidak pernah bisa dilupakan oleh sejarah tentang sedekahnya yang sama sekali tidak berharap mendapat balasan.

Sumber: Kajian Sirah Sahabat Nabi - Ustadz Khalid Basalamah rahimahullah

------------

Makasih udah baca, jazakumullah khairan.


Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Nov 06, 2020 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Muslim Harus TauTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang