133.

27 5 1
                                    

اياكم والغيبة . . . !!

وقد روي ان رجلا ماتت له اخت، فدفنها، فسقط عليه كيس في القبر، فرجع الى بيته، فطلب الكيس فلم يجده فعلم أنه في القبر، فرجع الى القبر، فنبشه، فوجد القبر يلتهب نارا، فقال لا حول ولا قوة الا بالله، فرجع الى امه، فقال؛ ما عمل اختي، فقالت له؛ لماذا تسأل عنه؟، قال؛ اني رأيت قبرها يلتهب نارا عليها، فقالت له؛ ان اختك تحب النميمة، تنم على الجيران وتفتن بينهم وتخرج بالليل تستمع كلامهم وما يقولونه وتخبر به على وجه الافساد، هذا دأبها، فقال؛ من هذا عذبت، نسأل الله السلامة.

Waspadalah kalian terhadap ghibah . . . !!

Di riwayatkan bahwasanya ada seorang lelaki yang mempunyai saudara perempuan yang sudah meninggal dunia, setelah saudara perempuan nya di kuburkan, ia pulang ke rumah mencari cari dompet nya sendiri, namun tidak ia dapatkan, akhir nya di ketahui bahwa dompet nya si lelaki tadi jatuh di dalam kuburan saudara perempuan nya, ia pun segera kembali ke kuburan nya, dan di galilah kuburan tersebut, kemudian di dapati kuburan nya menyala api yang begitu besar, si lelaki pun mengucap;

" Laa Haula Wala Quwwata Illaa Billah . . !! "

Setelah itu kembalilah si lelaki tadi kepada ibu nya, ia bertanya kepada ibu nya;

" Wahai ibu, apa sih amal yang di kerjakan oleh saudara perempuan ku semasa hidup nya?? "

Ibu nya kembali bertanya;

" Kenapa kamu menanyakan tentang hal itu?? "

Si lelaki menjawab;

" Aku dapati kuburan nya menyala api "

Si ibu berkata;

" Sesungguh nya saudara perempuan mu itu suka adu domba, ia adu domba tetangga tetangga nya, membuat fitnah di antara mereka, kalau malam ia keluar ia mendengarkan perkataan perkataan tetangga nya dan apa yang di bicarakan oleh mereka, setelah itu ia menceritakan kembali perkataan dan pembicaraan mereka ( kepada tetangga yang lain nya ) dengan tujuan agar merusak di antara mereka, itulah kebiasaan saudara perempuan mu "

" Dari sebab ini ia di siksa, Aku meminta keselamatan kepada Allah ". Kata si lelaki tadi.

📚Referensi kitab;
Tuhfatul Asyraf Bi Jam'i Kalam Sayyidi Al Habib Muhammad Bin Hadi As Seggaf Ra.

📝Karya dan Kumpulan;
Al Habib Al Allamah Ahmad Bin Alwi Bin Seggaf Al Jufri Ra.

📄Jilid 2, Halaman;
( 86 )

الساده با علوي

مجلس احباب الزهراء و البتول
شربفه أمينه العطاس
     ⚘⚘⚘

𝐁𝐚𝐢𝐭 𝐒𝐲𝐚𝐫𝐢𝐟𝐚𝐡 Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang