Keesokan harinya, Jihan dan oma Leli terlibat pertengkaran hebat. Pasalnya keluarga Rayyan datang untuk membicarakan pernikahan,ayah Rayyan tidak sengaja menanyakan perihal meninggalnya papa Nayyara, dan disitulah Jihan berterus terang pada mereka jika papa Nayyara meninggal karena bunuh diri.
“ Jihan kenapa kamu jujur pada mereka yang sebenarnya? Haa? Bagaimana nanti tanggapan mereka? “ Bentak oma Leli.
“ Aku hanya tidak ingin menjalin hubungan dengan kebohongan bu, mereka berhak tau karena nanti mereka juga akan menjadi bagian keluarga ini “ Sahut Jihan dengan santai.
“ Mama, oma sudah jangan bertengkar “ Ujar Syifa yang hendak melerai perkelahian antara ibu dan oma nya.
“ Hei anak pungut, jangan menyentuhku “ Bentak oma Leli, syifa yang refleks menyentuh lengan oma Leli pun segera melepasnya. Dia sangat takut saat melihat sorot mata oma Leli yang selalu menampakkan kebencian padanya.
“ Cukup bu, dia itu cucumu. “ Ujar Jihan.
“ Cucu? Tidak ada darah ku yang mengalir ditubuhnya. Dia tetap anak pungut. Dia beban di keluarga ini “ Bentak oma Leli. Syifa yang mendengar hal itu pun menangis tersedu.
Azka yang tak sengaja mendengar pembicaraan oma Leli dan Jihan pun menerobos masuk. Beberapa hari yang lalu, Azka menemukan surat yang tertuju untuk Jihan dibawah pintu. Bukan berarti tak sopan, dirinya membuka surat itu dan membacanya secara rinci. Sebuah rahasia pun diketahui oleh Azka, jika Syifa sebenarnya bukanlah anak pungut, dia adalah cucu oma Leli, hasil dari perselingkuhan papanya Nayyara dengan wanita lain. Jihan tau jika Azka sudah mengetahui rahasianya, dan Jihan meminta agar Azka bisa menjaga rahasia dengan baik. Tapi Azka berpikir, semua ini harus diselesaikan. Azka tak ingin melihat air mata dari seorang ibu jatuh, Azka tak tega melihat Jihan yang selalu disalahkan.
“ Oma Leli, apa oma Leli rau siapa Syifa sebenarnya? “ tanya Azka saat tiba diruang tamu.
“ Kamu siapa? Kamu tidak berhak mencampuri urusan keluarga ku “ Ujar oma Leli.
“ Aku memang bukan siapa-siapa oma, tapi oma harus tau rahasia yang sebenarnya. “ Sahut Azka. Jihan terus saja meminta agar Azka tidak melanjutkan perkataannya.
“ Memangnya siapa Syifa itu? Harus kamu tau Syifa itu anak pungut “
“ Syifa itu bukan anak pungut, tapi dia adalah cucu oma. Cucu hasil perselingkuhan anak oma dengan orang lain yang dirawat dengan baik oleh tante Jihan “ Perkataan Azka jelas membuat oma Leli diam membisu. Dalam pikirannya menerka-nerka apakah yang dikatakannya itu benar?
“ Tante Jihan membesarkan Syifa dengan penuh kasih sayang, padahal setiap waktu melihat wajahnya Syifa tante Jihan pasti teringat wajah orang yang telah menghancurkan rumah tangganya. Tapi tante Jihan tidak peduli hal itu, dia mengesampingkan egonya demi merawat seorang anak yang tidak berdosa “ Hati oma Leli begitu mencelos mendengar perkataan Azka. Berarti selama ini dirinya telah salah.
Azka lalu berjalan dan memberikan surat yang berisi tentang permohonan maaf selingkuhan papanya Nayyara.
“ Mama, Nayyara pulang “ Seru Nayyara. Dia mendadak tertegun saat melihat keadaan rumah yang sedang bersitegang. Nayyara memandang satu persatu orang yang ada diruang tamu. Dalam hatinya ia bertanya sebenarnya ada apa ini?
“ Ada apa ini? Kenapa semuanya menangis? “ tanya Nayyara yang bingung.
“ Kamu baca ini Nayyara “ Ucap oma Leli sembari menyodorkan sepucuk surat yang telah usang.
Nayyara membaca satu persatu bait isi surat tersebut, bulir air matanya perlahan menetes begitu saja. Dia akhirnya tau jika Syifa adalah adik kandungnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Cinta dan Takdir ( Completed )
General FictionAzka hadir dalam hidup Nayyara, memperkenalkan dirinya akan optimisme, kebahagiaan, dan juga senyuman. Hingga seiring berjalannya waktu, tumbuhlah rasa cinta dihati keduanya. Apa takdir akan mempersatukan mereka berdua? Atau takdir malah memisahkan...