"Duh elah!"
Langit cerah pagi ini gak sefrekuensi sama Deva yang lagi grusak-grusuk pasang sepatu di pintu depan rumahnya. Dia ngutuk dirinya sendiri yang bisa-bisanya bangun kesiangan dihari Senin.
"Kak Put lo kok gak bangunin gue sih? Telat upacara ini mah," cowok dengan tinggi badan 173 itu buru-buru meluk singkat kakak perempuannya yang lagi sibuk rapihin bunga-bunga di toko depan rumah.
"Ya gue kira lo lagi gak pengen masuk sekolah hari ini," Putri, wanita 28 tahun itu, ngasih jawaban dengan santainya.
"Mana ada bolos hari Senin gini, sayang banget. Gue berangkat ya," sambil setengah lari Dava nyamber motornya yang keparkir di samping toko.
Ya mana ada seorang Devara Dinadya bolos sekolah? Kalo ada award kategori insan paling rajin seangkatan kelas 12 SMA CitraNusa, udah pasti Deva pemenangnya.
Prinsip cowok itu "kalo ada waktu buat belajar dan jadi produktif, kenapa harus rebahan?"
Then, coba tengok diri kita yang berprinsip sebaliknya. Bhahahah!
Kurang dari 15 menit, Deva udah sampe di depan gerbang sekolahnya. Yang sesuai dugaan, udah ditutup rapat sama satpam. Ya gimana nggak, ini udah jam 8. Upacara benderanya pasti udah mulai dari tadi.
Deva puter otak. Misal dia ijin masuk sekarang juga, udah pasti digiring buat masuk pasukan 'kehormatan' yang posisinya ngadep peserta upacara. Kalo dia nunggu upacara selesai baru ijin masuk, udah pasti kena hukum dulu bersih-bersih taman depan. Kalo masih bersih-bersih, Deva yakin dia bakal kelewatan jam pelajaran matematika wajib.
'Gak bisa, sayang banget kalo kelewatan.' cowok itu bermonolog ria mirip orang bego, masih dalam posisi duduk di motornya.
Entah kerasukan apa, Deva malah bawa motornya muter ke samping kanan sekolah, ngelewatin jalan yang lebarnya cuma satu setengah meter, sampe akhirnya nyampe di bagian belakang sekolah.
Ada tanah lapang yang lumayan luas. Kalo hari Sabtu Minggu biasanya dipake buat pasar unggas, burung sama hewan-hewan peliharaan kecil lainnya.
Deva berhentiin motornya di depan satu-satunya warung yang ada di area belakang sekolahnya itu.
"Bu, ini anak-anak kalo telat biasanya manjat lewat sini?"
"Iya, itu di sebelah warung tangganya. Motornya mah taro aja disini, dikunci ya." Ibu-ibu yang punya warung langsung nunjukin tangga yang bisa langsung ngeraih bagian atas tembok sekolah. Agak heran juga, soalnya wajah Deva bukan bagian dari wajah-wajah langganan bolos yang biasa lewat jalur situ.
Pas lagi markirin motor di samping warung, cowok itu denger suara gaduh dari arah jalan yang tadi dia lewatin. Refleks Deva micingin kedua matanya, nyoba ngenalin siapa cowok-cowok rame yang jalan ke arahnya itu.
Belum juga wajahnya pada keliatan, eh dari dalem warung keluar anak-anak seangkatan Deva, yang cowok itu pada tau nama-namanya. Deva hapal itu geng 'manusia-manusia demen ribut' yang udah terkenal banget di sekolahnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
BOYFRIEND - [ boyslove ]
De TodoRei sama Deva itu temen lama yang punya tabiat berlawanan. Dua orang cowok itu sering menyepakati perjanjian-perjanjian aneh yang menuntun mereka mengenal satu kata istimewa; cinta.