Kenalin, nama gue raka. Anak tengah dari tiga bersaudara dan baru lulus kuliah pertengahan tahun kemarin.
Tapi karena pandemi, pihak kampus pun gelar acara wisudanan secara daring karena ada kebijakan social distancing.
Jadi selepas sidang skripsi, gue memilih langsung pulang kampung karena selain bayar sewa bulanan kosan gue udah jatoh tempo, kondisi keuangan keluarga gue pun mengalami krisis ekonomi.
Jadi ketimbang buang duit kalo memaksa tetap tinggal di kosan, mending gue balik kampung aja.
Oke langsung ke inti cerita.
Jadi selama masa tunggu pengumuman tanggal wisuda dari pihak kampus, kadang kalo pas lagi senggang, gue bakal bantu jaga toko kelontong milik bini abang gue.
Yah nggak berat sih, cuman melayani pembeli yang hendak belanja semboko di toko embak ipar gue dan kalo pas lagi sepi nih, palingan gue bantu kemas takaran gula pasir maupun beras yang tadinya beli karungan, trus jual balik jadi kiloan.
Tanpa kerasa udah tujuh bulan gue berada di kampung dan besok pagi udah mulai puasa aja.
Seperti biasa gue baru balik sehabis asar, karena jarak rumah bini abang gue nggak gitu jauh dari rumah bokap, jadi gue selalu berangkat maupun pulang jalan kaki.
Itung-itung olahraga biar badan gue nggak pegel karena keseringan rebahan di kamar lagi khusyuk nonton drakor sambil ngemil cemilan milik ponakan bocil gue yang masih aja rajin simpan cemilan di kulkas meski udah sering kecolongan gue.
Fyi aja nih, meski selisih umur gue sama adek cewek gue cuman beda dua tahun, tapi dia duluan yang udah kawin dan kini lagi hamil anak kedua.
Setiba di rumah, gue segera mandi trus bantu emak siapin makan malem setelah magriban bareng bokap di musola deketan rumah.
"Ka, gimana lamaran? Ada panggilan interview ndak?" tanya emak penuh harap saat gue hendak suap nasi ke mulut.
"Belom, mak," jawab gue rada lesu dan tetiba gue jadi nggak napsu makan.
"Udah nggak usah kamu pikirin soal kerjaan. Toh bapak masih bisa kasih kamu makan," sela bokap coba hibur gue.
Emang bener sih, tapi tetap aja bikin gue nggak enak mengingat banyak temen sepantaran gue udah pada kawin dan punya momongan meski ada yang cuman tamatan esdeh. Lha, gue?
Gebetan aja nggak ada, apalagi calon tunangan? Duh, emang nasib.
"Jadi bisa bantu bapak merumput di sawah biar badan kamu sesekali kena sinar matahari," sambung bokap sambil mengamati perawakan gue dengan seksama. "Nggak pucet gitu macem boneka manekin di etalase toko baju."
"Lis, emang di tempat lakik kamu ndak ada lowongan apa?" tanya emak beralih ke adek cewek gue. Lilis.
"Lagi kosong, mak. Apalagi di masa pandemi gini? Malah lebih banyakan perusahaan memilih phk massal karyawan mereka demi bisa menekan anggaran biar nggak gulung tikar," sahut lilis sambil tatap gue iba.
Obrolan kami pun berenti begitu suara azan isya mengumandang dari toa musola deket rumah bokap.
Setelah bantu emak beresin meja makan, gue pun masuk kamar dan segera ganti baju pake koko sama kain sarung.
Kami sekeluarga pun berangkat ke musola dengan jalan kaki bareng tetangga sekitar.
Maklum hari pertama tarawih di bulan ramadan tahun ini, bikin jemaat musola tetiba rame sama warga kampung gue.
Padahal kalo hari biasa mah, mana sempet mereka solat berjamaah. Biasanya sih lima shaf udah paling banyak.
Tapi malem ini, jamaat wanita sampe meleber keluar karena kapasitas musola nggak bisa menampung semua warga kampung gue.
Untung emak bawa tikar sendiri dari rumah, jadi masih bisa solat meski nggak kebagian di dalam musola.
Sementara gue, bokap sama ponakan bocil gue ambil posisi di shaf paling belakang bareng warga lain yang baru datang belakangan.
Saat itulah untuk kali pertama gue liat sosok dia, lelaki desa yang sukses mencuri hati gue cuman dengan sekali pandang.
Tampak gagah dalam setelan kemeja flanel kotak-kotak lengan pendek sama sarung warna merah pudar dengan garis vertikal putih, berdiri di deretan kelima di barisan depan sebelah kiri gue.
Meski dari posisi gue cuman keliatan bagian samping muka dia dengan bekas cukuran cambang di sepanjang garis rahang kokoh serta sebidang bahu tegap dengan punggung lebar.
Selama solat isya yang bersambung dengan solat tarawih, mata gue nggak bisa berenti mengangumi ciptaan tuhan paling seksi di depan gue itu.
Duh, mulai malem ini gue pasti bakal rajin solat berjamaah ke musola biar bisa lebih sering ketemu sama lelaki itu.
To be continue >>>