Sehabis bersantap buka puasa bareng keluarga, gue segera masuk kamar begitu dengar kumandang azan isya.
"Wah ... rajin betul anak emak. Baru azan aja udah berangkat ke musola," ledek emak sambil decak kagum saat liat gue keluar kamar dalam balutan busana muslim berupa baju koko, kain sarung sama peci kupluk.
"Padahal biasanya lima menit jelang iqomah abang baru mau jalan dari rumah," sambung lilis ikutan meledek gue.
"Mumpung lagi bulan puasa nih, pahala ibadah kita jadi berlipat ganda. Rugi berat kalo sampe nggak solat."
Yah, meski niat gue lebih dominan cuman pengin ketemu bang rasyid doang, sih.
Padahal belom ada sejaman kita pisah, tapi udah bikin gue kangen berat aja.
Anggap aja gue lagi menyelam sambil minum air. Lebih penak, tho?
"Ya udah, raka duluan ke musola. Samlikum."
Setelah pamitan, gue langsung cabut trus nongkrong bentar di pos ronda sambil tunggu bang rasyid jalan ke musola.
"Lho, raka?" ucap riska begitu liat sosok gue tetiba muncul dari dalam pos ronda yang rada gelap karena lampu pijar di pos ronda itu mati.
"Abis ngapain kamu di situ?" tanya bang rasyid ketika gue jalan di sebelah kiri riska, sementara dia berada di sisi kanan sambil emban kaira.
"Uhm ... cuman lagi duduk santai aja sekalian cari angin segar. Gerah di rumah."
Bang rasyid keliatan kurang percaya sama bualan basi gue, tapi dia nggak coba mengorek informasi lebih dalam.
"Oya, mas rasyid udah bilang ke kamu belom?" sela riska bikin perhatian bang rasyid segera beralih ke dia.
"Soal reunian?"
"Datang, ya? Plis," pinta riska sambil pasang muka mengiba dengan kedua telapak tangan saling menempel depan dada.
"Emang siapa aja yang kamu undang?"
"Teman sekelas esema aku dulu, tapi cuman baru beberapa aja yang respon. Lebih banyakan belom pada bales pesan undangan dari aku."
"Oke, gu--eh? Aku pasti datang, kok. Kebetulan sabtu lusa agenda aku kosong."
Padahal mah emang lagi gabut aja. Lagian cowok jomblo mau janjian sama siapa coba?
Gebetan nggak ada. Temen?
Yaelah, udah pada merit semua dan lagi sibuk urus kehidupan rumah tangga mereka.
Sekadar ngabuburit aja belom tentu pada mau kumpul bareng kayak dulu waktu mereka masih bujangan.
Riska sontak peluk gue sambil bersorak girang. "Beneran, lho? Kali aja kamu bakalan ketemu jodoh di sana. Hahaha."
Dehaman bang rasyid bikin riska spontan lepas badan gue dari pelukan dia.
"Bisa ketinggalan solat isya nanti kalo kalian jalan macem keong gitu," tegur bang rasyid sambil tatap gue dengan sorot tajam.
"Jangan cemburuan gitu dong, pa. Lagian mama sama raka cuman temenan aja, kok."
"Sekarang emang cuman sebatas temen lama, tapi besok? Bisa jadi temen tidur di ranjang."
"Oke, jadi mau papa gimana?"
"Mama bisa lebih jaga jarak dan jangan asal main peluk cowok sembarangan. Tolong hargai perasaan papa, ma."
"Maaf, mama betulan nggak sengaja peluk raka tadi."
"Papa percaya, kok. Ayo kita lanjut jalan ke musola. Tujuh menit lagi bakal segera iqomah."
Yah, emang betul sih firasat bang rasyid.
Tapi bukan riska yang jadi inceran gue, melainkan kontol suami dia.
To be continue >>>