"Mayor sudah meninggal."
kata-kata yang dia bisikkan dalam sekejap itu sangat kejam.
Jarum jam antara Cattleya dan Violet berhenti sebentar. Itu tidak terjadi pada kenyataannya, tetapi mereka berdua tidak membuat satu gerakan pun, seolah-olah waktu telah benar-benar terhenti. Kedipan dan napas mereka terpotong oleh sumbu waktu dunia selama sedetik.
Saat waktu akhirnya mulai mengalir lagi, Cattleya hanya bisa memberikan jawaban yang terhuyung-huyung,
"E-Eh?" Suaranya mencicit.
"Dia sudah meninggal. Aku tidak bisa ... melindunginya ... jadi Mayor ... meninggal. Meskipun aku adalah alat, perisai, dan pedangnya. "
Keringat dingin perlahan mengalir di punggung Cattleya.
--Hatinya telah dicuri ... bukan oleh seseorang yang tidak ada di dekatnya, tapi yang sudah mati?
"Itu lelucon, kan?" Cattleya bertanya, tapi tidak mendapat tanggapan dari Violet. Dia gagal memaksakan senyum, yang keluar sebagai setengah tertawa. Wajahnya berkedut. Pada kelambanan dari hal-hal yang telah dia katakan sampai saat itu, napasnya tercekat di tenggorokannya dan dia tidak bisa menelan ludahnya dengan benar. "Violet, apakah orang ini ... mati dalam Perang Besar?"
"Iya."
"Benarkah?"
"Saya diberitahu begitu. Bros ini... tetap bersamaku sebagai peninggalan."
Sejak Cattleya pertama kali bertemu dengannya, benda itu berkelap-kelip di dadanya. Dia telah menyaksikan Violet menyentuhnya sesekali dengan ujung jari buatannya berkali-kali. Dia selalu bertanya-tanya apakah itu semacam jimat perlindungan.
Masih banyak lagi yang ingin dia katakan secara berurutan, namun tanpa disadari sikapnya berhati-hati. Sesuatu berdengung di dalam dirinya.
"Tapi, kamu... tidak ... percaya itu... kan?"
Sensasi yang mirip dengan firasat tidak menyenangkan merayapi seluruh tubuh Cattleya. Bagi Violet, jawaban atas pertanyaan itu bisa jadi dianggap tabu.
"Hei, jawablah dengan serius."
Saat dia tetap diam, profilnya, yang biasanya dilihat Cattleya sebagai tidak memihak, sekarang tercermin di mata Cattleya sebagai sesuatu yang menyendiri.
"Saya..."
Gangguan yang tidak menyenangkan merayapi seluruh keberadaan Cattleya, dan dia sangat ingin meludahkannya sehingga dia tidak tahan. "Kamu... tidak percaya, kan? Kamu mengatakan ... bahwa kamu sedang menunggunya. "
Dia ingin tahu jawabannya.
"Tapi, Presiden Hodgins telah-"
"Tidak apa-apa; katakan padaku apa yang kamu pikirkan."
"Ya ..." seperti penjahat yang menerima hukuman, Violet mengakui dosanya, "Saya percaya ... Mayor itu ... masih hidup."
Sudah berapa lama dia terus memikirkan itu? Mungkin dia telah dalam keadaan seperti itu sejak diberitahu tentang kematiannya. Bahkan saat dia meratapi kesedihan, bahkan ketika dia berusaha untuk menghancurkan harapan yang membuatnya tetap terikat pada kenyataan, dia mungkin masih menyangkal semuanya, mengatakan pada dirinya sendiri bahwa dia masih hidup.
"Kamu... Kamu..."
"Apa sih yang kamu lakukan?" adalah kalimat yang ingin diteriakkan Cattleya.
Merindukan seseorang yang jauh di sana dan mencintai seseorang yang telah meninggal secara membabi buta adalah dua hal yang berbeda. Seperti halnya Violet dan Cattleya, jarak fisik dapat diatasi dengan usaha. Namun, orang mati tidak akan pernah bisa kembali.