Pelajaran untuk berubah.
~
Mr.GMr.G POV
"Ok sekarang mister tanya kerajaan tertua di Indonesia itu kerajaan apa?" Tanyaku.
Aldo mengangkat tangannya.
"Ok Aldo, apa?"
"Kerajaan Sunda empire!"
"HAHAHAHAHA...." Tawa satu kelas pecah karena celetukan Aldo.
"Bukan hallo tapi hallu" tambah Eli.
"Hallu-hallu Bandung hahaha" tambah Olla.
"Udah!" Ucapku.
Kelas kembali hening.
"Zee kerajaan apa?"
"Kerajaan Kutai mister" jawab zee.
"Zee benar, kerajaan yang tertua di Indonesia adalah kerajaan Kutai"
"Ooh Kutai, jangan di pisah dong ya" ucap Eli.
"Eli!" Ucapku penuh penekanan.
"Heheh maaf mister"
"Sekarang mister akan tulis point-point penting dari kerajaan Kutai, kalian juga tulis, jika salah satu dari kalian tidak menulis maka mister anggap kalian pintar berarti mister akan tanya secara lisan"
"Mending nulis dah gua" ucap Lulu.
Aku menulis semua point-point tentang kerajaan Kutai, dan mereka menulis mau tak mau.
Walaupun mereka tidak minat untuk belajar tetapi jika mereka menulis seperti ini, minimal mereka akan sedikit nya ingat dengan apa yang mereka tulis, ada sedikit gambaran, tetapi jika mereka tidak menulis sama sekali maka mereka tidak tau apa-apa dan tidak terbersit sedikit pun tentang kerajaan ini.
Itulah mengapa menurut ku menulis sama pentingnya dengan menyimak penjelasan dari guru.
Apalagi jika mereka berani bolos belajar, maka mereka menambah catatan kriminal, walau mereka sudah cukup dewasa untuk mengerti jika bolos tidak akan memberikan manfaat bagi mereka malah justru memberi efek negakit bagi mereka.
Selama ini mereka hanya di larang untuk bolos belajar tanpa faham mengapa bolos belajar itu di larang.
Tapi balik lagi walau mereka cukup dewasa untuk mengerti kenapa tak boleh bolos belajar, tapi mereka ini seperti anak kecil yang harus di beri faham.
Balik lagi pada pelajaran.
Semua selesai mencatat.
"Baiklah itu semua point-point tentang kerajaan Kutai, tapi Mister mau tanya karena Minggu kemarin mister belum sempat tanya, jadi mister mau tanya sama kalian semua, menurut kalian apa itu sejarah?"
"Sejarah itu masa lalu kan ya" ucap Eli tak yakin.
"Iya sesuatu yang udah terjadi di masa lampau" tambah oniel.
"Lampau atau lampu?, Seperti mati lampu ya sayang seperti mati lampu" timpal Eli yang malah nyanyi dan joged ala oppa kearifan lokal itu yang sedang hits itu.
KAMU SEDANG MEMBACA
GOKS TEACHER!? (Sudah Terbit)
Novela JuvenilBagaimana jadinya jika satu kelas yang berisi anak-anak pembuat onar bertemu dengan guru yang tidak pernah mereka duga sebelumnya?. Akankah kali ini mereka dapat menang dari guru itu atau justru untuk pertama kalinya mereka kalah dari guru itu, yang...